10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja di job fair

5 Cara Melamar Kerja Di Job Fair Paling Ampuh 

Bagi Anda para pencari kerja pastinya sudah tidak asing lagi dengan kegiatan job fair dan mencari cara melamar kerja di job fair. Kegiatan yang selalu dibuka tiap tahun ini biasanya akan menghadirkan banyak perusahaan, baik perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Biasanya kegiatan ini juga akan dihadiri oleh banyak sekali pelamar dari berbagai wilayah yang ingin mencoba peruntungannya agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Sayangnya, dari banyaknya peserta yang hadir pastinya tidak semuanya kebagian kursi pada tiap posisi yang ditawarkan masing-masing perusahaan. Oleh karenanya kegiatan satu ini menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pelamar untuk menunjukkan performa terbaiknya. Karena adanya persaingan yang begitu ketat inilah, Anda perlu melakukan beberapa hal ini agar bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan impianmu.

Berikut 5 tips ikut job fair agar Anda bisa diterima kerja di perusahaan impian.

1. Cari tahu dan pelajari perusahaan apa saja yang akan hadir

Langkah pertama adalah cari tahu kapan dan dimana lokasi job fair akan diadakan, jangan sampai Anda salah hari atau terlambat mengikutinya. Kemudian pelajari tiap perusahaan yang akan menghadiri acara tersebut. Kemudian tentukan perusahaan mana yang akan Anda jadikan target melamar.

2. Buat CV dan resume sesuai posisi yang Anda lamar

Buat dan perbarui cv beserta resume yang Anda punya agar dapat meningkatkan kesan profesional dari dirimu Jangan lupa untuk membuat cv dengan berbagai format berbeda yang Anda sesuaikan dengan bidang dan perusahaan yang Anda lamar. 

3. Berlatih wawancara

Latihlah kemampuan berkomunikasi dan jangan lupa untuk berlatih wawancara sederhana. Persiapkan jawaban-jawaban yang mungkin nantinya akan ditanyakan oleh perekrut. Pastikan untuk menjawab secara tegas dan tunjukkan kesan semangat dan antusias.

4. Siapkan berkas-berkas pendukung

Siapkan berkas-berkas pendukung yang biasanya dibutuhkan dalam melamar kerja seperti Fotokopi ijzah terakhir, fotokopi transkip nilai, fotokopi KTP, fotokopi sertifikat atau surat-surat pendukung keahlian, dan portofolio jika Anda melamar pada posisi seperti desain grafis atau posisi-posisi yang membutuhkan kreativitas.

5. Jaga kesehatan dan teruslah berdoa

Jaga kesehatanmu menjelang wawancara dan jangan lupa untuk melangitkan doa pada Tuhan agar apa yang Anda kerjakan bernilai berkah dan dimudahkan dalam setiap prosesnya. 

Lakukakan lima hal di atas agar Anda bisa sukses mengikuti job fair dan mendapatkan posisi pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatmu!

Bagikan Artikel: