Cara Mengirim Lamaran Lewat LinkedIn

Cara Mengirim Lamaran Lewat LinkedIn dengan Benar

Selain menggunakan email, cara mengirim lamaran lewat LinkedIn sebagai salah satu platform media sosial profesional adalah opsi yang bisa dicoba. Pasalnya, LinkedIn sudah dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan proses rekrutmen kerja para job hunter.

Selain lebih mudah dan praktis, saat ini juga semakin banyak HR yang lebih memilih untuk menggunakan LinkedIn sebagai platform mencari kandidat pegawai. Pasalnya, platform ini menyediakan layanan untuk menghubungkan serta memperkuat hubungan profesional.

Dengan antarmuka yang sederhana namun mendetail, segala aktivitas profesional dalam hal karir bisa dilakukan dengan mudah. Apabila ingin melamar pekerjaan, web/aplikasi LinkedIn bisa menjadi alternatif platform pencari kerja sekaligus media untuk mengirim lamaran.

Baca juga: 9 Berkas Lampiran Surat Lamaran Kerja, Apa Saja? Berikut Daftarnya!

Panduan Mengirim Lamaran Lewat LinkedIn dengan Baik dan Benar

Dalam platform ini, pelamar dapat membuat profil yang menunjukkan pengalaman kerja, keahlian, dan pendidikan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk melamar pekerjaan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Lengkapi Profil

Cara mengirim lamaran lewat LinkedIn yang pertama adalah pastikan profil Anda sudah lengkap dan up to date. Profil lengkap dan up to date akan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat serius dalam mencari pekerjaan.

Selain itu, pastikan bahwa tampilan profil Anda sudah diset sebagai “Open to Work” alias “Terbuka untuk Bekerja” agar perusahaan dapat menemukan pelamar dengan mudah. Sehingga ketika ada peluang, profil Anda bisa dimunculkan sebagai salah satu kandidat.

2. Cari Lowongan

Cara mengirim lamaran lewat LinkedIn selanjutnya, cari lowongan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda. LinkedIn memiliki fitur pencarian pekerjaan yang sangat baik, sehingga pelamar dapat menemukan lowongan pekerjaan dengan sangat sistematis.

Cukup ketikkan kata kunci, maka berbagai rekrutmen akan muncul di hasil pencarian. Bahkan, pelamar juga bisa memasang filter pencarian, misalnya apakah kerjaan remote atau non remote, lokasi atau wilayah pekerjaan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara mengirim cv lewat email

3. Kirim Lamaran

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai, Anda dapat mengirim lamaran kerja. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Lamar” di halaman lowongan pekerjaan tersebut. Kemudian, Anda akan diminta mengirimkan berkas dan surat lamaran Anda melalui LinkedIn.

Pastikan juga bahwa CV dan surat lamaran Anda sudah sesuai dengan posisi tersebut. CV dan surat lamaran yang sesuai dengan posisi yang dilamar akan membuat perusahaan lebih tertarik untuk mengundang Anda ke tahap selanjutnya yaitu interview (wawancara kerja).



4. Gunakan Fitur Melamar Mudah

Selain fitur lamaran biasa, terdapat juga fitur “Melamar Mudah”. Dengan cara mengirim lamaran lewat LinkedIn via fitur melamar mudah, Anda dapat langsung melamar menggunakan data pada profil LinkedIn yang sudah tersimpan.

Sehingga, pelamar tidak perlu lagi menambahkan berkas serta mengisi data lamaran secara manual. Sebaliknya, akan muncul pop up untuk menanyakan beberapa data pengalaman pelamar, jika sudah lengkap maka bisa langsung diklik pada bagian “Kirim Lamaran”.

5. Langsung Hubungi HRD

Selain menggunakan fitur melamar kerja, saat ini semakin banyak HRD memilih untuk membuka rekrutmen secara terbuka via postingan. Untuk tipe rekrutmen satu ini, Anda dapat langsung mengirimkan berkas lamarannya sesua persyaratan via kotak pesan.

Jika tertarik menggunakan cara ini, Anda harus rajin mencari profil HRD pada bidang pekerjaan yang ingin dilamar. Untuk mempermudah, bisa menggunakan fitur kolom pencarian, lalu ketikkan kata kunci terkait, contohnya “Rekrutmen Tenaga Ahli Sipil”.

Baca juga: Cara mengirim lamaran lewat pos

6. Berkomunikasi dengan Perusahaan

Salah satu keunggulan dari cara mengirim lamaran lewat LinkedIn yaitu, Anda bisa berkomunikasi dengan perusahaan. Setelah mengirim lamaran kerja, pelamar dapat berkomunikasi dengan perusahaan melalui fitur-fitur yang tersedia.

Ini akan membuat perusahaan lebih mengenal Anda dan lebih yakin bahwa Anda adalah kandidat yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk memberi kesan pertama (first impression) yang baik agar perekrut tertarik.

Kunci terpenting agar lamaran Anda dilirik oleh HRD adalah profil. Perbaiki serta perbarui profil selengkap mungkin supaya perekrut tertarik. Bila perlu, lampirkan beberapa bukti kompetensi seperti sertifikat keahlian kerja atau sertifikat keahlian berbahasa.

Cara Mengirim Lamaran Lewat LinkedIn

Berdasarkan laman LinkedIn, ada beberapa cara mengirim lamaran kerja lewat LinkedIn, diantaranya dengan desktop, iOS, dan android. Di bawah ini kami berikan cara yang mudah untuk mengirimkan lamaran kerja melalui LinkedIn, yuk simak.

Cara Mengirim Lamaran Lewat LinkedIn dengan Desktop

1. Klik judul lowongan untuk melihat detailnya

cara melamar kerja di lnkedin dengan desktop

2. Klik tombol Melamar Mudah di bagian bawah

cara melamar kerja di lnkedin dengan hp

3. Masukkan informasi yang dibutuhkan di layar pop-up

cara melamar kerja di lnkedin dengan android

4. Klik Tinjau untuk meninjau lamaran

cara melamar kerja di lnkedin dengan ios

5. Klik Kirimkan lamaran

cara melamar kerja di lnkedin dengan handphone

Tidak jauh berbeda dengan di desktop, melamar kerja lewat LinkedIn dengan Android dan iOS pun sama mudahnya. Untuk langkah-langkahnya pun Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada dan mengisi semua data yang diperlukan, lalu kirim.

Dengan begitu, lamaran Anda akan masuk ke sistem rekruter pada perusahaan Anda melamar. Lalu Anda hanya perlu menunggu lamaran tersebut direview, dan Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!