contoh summary di linkedin

Contoh Summary di LinkedIn yang Efektif dan Memikat Rekruter

Tidak dapat dipungkiri, kini LinkedIn telah menjadi jaringan profesional terkemuka yang membantu individu dan bisnis untuk terhubung, berkolaborasi, dan membangun karir.

Salah satu komponen penting dalam profil LinkedIn yang sering diabaikan adalah summary. Ringkasan diri atau summary ini tidak hanya sekedar pengantar tentang diri Anda, lho.

Melainkan, kesempatan untuk berbicara langsung kepada target audiens Anda demi menonjolkan keahlian, pengalaman, dan hal-hal yang membuat Anda unik.

Jadi, sebelum mengirim lamaran pekerjaan melalui LinkedIn, ada baiknya Anda cek kembali profil Anda, apakah sudah memiliki summary dan motto yang menarik atau belum.

Nah, berikut ini akan kami bahas bagaimana menulis summary LinkedIn yang efektif, disertai dengan contoh-contoh inspiratif. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Mengapa Harus Membuat Summary di Profil LinkedIn?

Ringkasan LinkedIn yang baik dapat membantu Anda mencapai tujuan karir profesional, baik itu dalam mendapatkan pekerjaan baru atau meningkatkan karier Anda.

Menurut Coursera, setidaknya ada 3 alasan mengapa Anda harus memperhatikan summary pada profil LinkedIn Anda.

Pertama, summary LinkedIn dapat memberikan kesan pertama yang luar biasa. Summary akan menjadi yang pertama dilihat pembaca di profil LinkedIn.

Hal ini merupakan tahap perkenalan mereka dengan Anda, maka tuliskanlah hal-hal yang menarik dan ajaib tentang diri Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Kedua, summary dapat memperkuat kemampuan pada pencarian nama Anda, sebab Google akan secara teratur mengindeks LinkedIn.

Maka, jika menginginkan visibilitas pencarian yang lebih baik, Anda harus memanfaatkan summary LinkedIn yang membantu orang menemukan Anda ketika mereka mencari istilah industri yang relevan.

Terakhir, summary dapat menggambarkan kepribadian Anda. Mungkin profil LinkedIn telah cukup menjelaskan dengan detail riwayat pekerjaan, pendidikan, keterampilan, dan organisasi Anda. 

Namun dengan summary, Anda memiliki kesempatan untuk menanamkan kepribadian serta menceritakan kisah inovatif dan kreatif dalam perjalanan profesional Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menolak Tawaran Kerja? Ini Langkah-Langkahnya Yang Tepat Bagi Anda

Langkah-langkah Menulis Summary LinkedIn yang Efektif

Allaya Cooks-Campbell dalam tulisannya yang berjudul “How to write a LinkedIn summary that impresses recruiters” menjelaskan cara menulis summary LinkedIn yang efektif dan mengesankan rekruiter.

Berikut langkah-langkah penulisan summary LinkedIn ala Allaya yang dapat Anda ikuti, di antaranya sebagai berikut.

1. Pikat dengan perkenalan

Jangan sia-siakan kalimat pertama. Memulai ringkasan dengan “Nama saya…” membuat profil Anda menyatu dengan yang lain. 

Mulailah dengan pernyataan yang menarik perhatian tentang diri Anda, pengalaman Anda, atau nilai-nilai profesional Anda. 

2. Bicarakan tentang diri Anda sendiri

Anda berada di LinkedIn untuk mengesankan kontak bisnis. Summary Anda harus mencerminkan kebanggaan yang Anda miliki atas pencapaian Anda dan menyoroti pekerjaan dan keterampilan terbaik Anda . 

Jelaskan apa arti kesuksesan bagi Anda dan bagaimana Anda telah memukau para pemberi kerja di masa lalu.



3. Gunakan kata atau diksi yang relevan

Sertakan diksi yang relevan di bio demi menyesuaikan dengan apa yang dicari oleh perusahaan di bidang Anda. 

Gunakan kata dan frasa khusus industri dan peran, seperti “pengeditan” atau “copywriter”, sehingga profil Anda lebih sering muncul di hasil pencarian LinkedIn dibandingkan pesaing.

4. Tunjukkan kepribadian

Summary yang hambar sangat mudah dilupakan. Maka pastikan keunikan profesional Anda terpancar dalam summary profil LInkedIn.

Cantumkan fakta unik tentang kehidupan atau karier Anda dan biarkan suara Anda didengar melalui tulisan.

Baca juga: Apakah KK Dan KTP Untuk Melamar Kerja? Ini Jawabannya!

Contoh Summary di LinkedIn

Jika Anda membutuhkan inspirasi untuk menulis summary LinkedIn, berikut kami berikan beberapa referensi summary yang kami ambil dari beberapa expert di bidangnya.

1. Contoh summary untuk bidang Digital Marketing

sumber: linkedin.com/in/jevinsky-vicirio

2. Contoh summary untuk Graphic Designer

sumber: linkedin.com/in/nauraathiyadevi


3. Contoh summary untuk SEO Specialist

sumber: linkedin.com/in/danymauriz

4. Contoh summary untuk bidang Administrasi

sumber: linkedin.com/in/fauziah-juliyanti

5. Contoh summary untuk Copywriter

sumber: linkedin.com/in/rwanda

Referensi:

  •  Coursera Staff. Diakses pada 2024. How to Write a LinkedIn Summary That Helps You Stand Out.
  •  Allaya Cooks-Campbell. Diakses pada 2024. How to write a LinkedIn summary that impresses recruiters.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.