10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Kelengkapan Berkas Lampiran Surat Lamaran Kerja, Apa Saja?

Lampiran surat lamaran kerja menjadi bagian yang paling penting dalam melamar sebuah pekerjaan. Setiap orang yang akan bekerja diwajibkan melamar menggunakan surat lamaran kerja dengan menyiapkan lampiran secara lengkap.

Akan tetapi banyak calon pekerja yang kurang memahami kelengkapan berkas lamaran kerja berakibat tidak diterimanya di suatu perusahaan. Mengingat perusahaan mempunyai HRD dengan tugas utama menerima calon karyawan baru.

HRD akan mengecek profil singkat para calon pegawai perusahaan melalui surat lamaran kerja. Bukan hanya surat lamaran, namun Anda harus memperhatikan beberapa kebutuhan berkas maupun dokumen yang dibutuhkan pihak perusahaan.

Jangan sampai ketika mengirim lampiran surat lamaran kerja melalui email malah lupa belum melengkapi berkas dan dokumen penting sesuai kebutuhan. Di sini kami akan membantu Anda menjelaskan kelengkapan dokumen kerja.

Demi memperbesar peluang Anda untuk diterima di posisi perusahaan sesuai keinginan, pastikan membuat surat lamaran kerja secara benar. Inilah kelengkapan berkas dalam melamar pekerjaan pada sebagian besar perusahaan.

Berkas-Berkas Lampiran Surat Lamaran Kerja yang Harus Disiapkan

Melengkapi berkas untuk melamar pekerjaan adalah hal wajib bagi calon karyawan di perusahaan manapun. Agar lebih mudah dalam melamar pekerjaan, inilah berkas-berkas kelengkapan yang harus Anda siapkan sebelum mengirimkan email.

1. Surat Lamaran Kerja

Hal paling penting pada lampiran pertama adalah surat lamaran kerja, Anda dapat menuliskan di body email. Adanya surat lamaran kerja bertujuan dalam memudahkan pihak HRD untuk melihat profil singkat Anda.

Tidak sekadar melihat profil singkat, melalui surat lamaran kerja HRD bisa menilai diri Anda. Oleh karena itu pembuatan surat lamaran kerja harus dicermati agar memenuhi ketentuan yang baik dan benar.

2. CV

Lengkapi lampiran surat lamaran kerja dengan CV yang berisi informasi singkat mengenai diri Anda. Mulai dari pengalaman kerja, riwayat pendidikan, identitas pribadi, serta menjelaskan keahlian dan kelebihan yang dimiliki.

3. Portfolio

Jika akan melamar kerja di perusahaan yang membutuhkan portfolio, jangan sampai Anda melupakannya. Siapkan portfolio terbaik dan menarik hasil kinerja pribadi untuk membuat HRD tertarik melihat kemampuan Anda.

Kualitas dari portfolio sangat mempengaruhi untuk diterima di dalam perusahaan yang Anda tuju. Sebaiknya buat portfolio secara maksimal supaya HRD tertarik merekrut Anda dengan segudang kemampuan serta kelebihan unik.

4. Fotokopi Ijazah Terakhir 

Selanjutnya, lengkapi fotokopi ijazah terakhir dalam lampiran surat lamaran kerja. Kirimkan ijazah riwayat pendidikan terakhir di dalam bentuk file JPG atau PDF supaya dapat dicek HRD secara jelas.

Tidak lupa, berikan lampiran berupa transkrip nilai yang menunjukkan kemampuan Anda saat mengenyam dunia pendidikan terakhir. Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir dibutuhkan oleh perusahaan guna mengukur kualitas calon karyawan.

5. Fotokopi Identitas Pribadi

Identitas pribadi tidak hanya diberikan dalam bentuk CV, namun Anda bisa melampirkan fotokopi sebagai pemenuhan syarat melamar kerja. Fotokopi identitas pribadi Anda karena menjadi berkas paling penting yang dibutuhkan perusahaan.

Adapun kelengkapan lampiran surat lamaran kerja sebagian perusahaan membutuhkan fotokopi Kartu Keluarga. Hal ini dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui bahwa Anda menjadi calon karyawan yang aman dari segala hal negatif.

6. Pas Foto 

Dalam melamar kerja dibutuhkan berkas lain yaitu pas foto terbaru sesuai ketentuan yang berlaku di perusahaan. Mulai dari pas foto berukuran 3×4 atau 4×6 tergantung dari ketentuan perusahaan.

Pastikan pas foto terbaru memenuhi syarat seperti ketentuan background, posisi badan, hingga kostum yang sesuai. Anda dapat mencetak pas foto dan melampirkan dalam bentuk JPG dengan kualitas HD.

7. Surat Keterangan Sehat

Pada lampiran surat lamaran kerja, dibutuhkan surat keterangan sehat untuk memastikan Anda tidak sakit. Anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat dengan mendatangi rumah sakit atau klinik kesehatan terpercaya.

8. Sertifikat Pendukung

Sebagian perusahaan juga membutuhkan berkas calon karyawan berupa sertifikat pendukung. Seperti halnya sertifikasi TOEFL yang biasa diberlakukan sebagai syarat utama masuk sebagai karyawan perusahaan terkemuka di Indonesia.

9. SKCK dan Form Perusahaan

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya lengkapi lampiran SKCK dari kepolisian sebagai bukti bahwa Anda tidak pernah melanggar hukum. Jika ada form dari perusahaan bisa diisi, namun tidak semua perusahaan menyediakan hal ini.Lengkapi setiap lampiran dalam melamar pekerjaan di perusahaan manapun secara tepat dan lengkap. Apabila mampu melengkapi seluruh berkas dan dokumen lampiran surat lamaran kerja otomatis akan memperbesar peluang diterima perusahaan.

Bagikan Artikel: