cara mengirim lamaran lewat pos

Cara Mengirim Lamaran Lewat Pos ke Perusahaan

Cara mengirim lamaran lewat pos ke perusahaan untuk melamar kerja adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Meskipun cara ini cenderung lebih lama dan kurang efisien dibanding email, namun terkadang perusahaan masih menerima lamaran kerja melalui pos.

Berbeda dengan pengiriman via email, melamar kerja via pos tidak sepraktis itu sebab Anda memerlukan layanan pengiriman oleh kantor pos. Apalagi saat ini, sudah semakin jarang orang yang menggunakan layanan pos.

Sehingga, kebanyakan orang sudah tidak tahu bagaimana cara mengirimkan berkasnya secara manual. Sebenarnya, metode pengirimannya sama seperti penggunaan layanan ekspedisi lain seperti JNE, Tiki, J&T, SICEPAT, dan sejenisnya.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Pos yang Baik dan Benar untuk Perusahaan

Langkah-langkah mengirim lamaran kerja secara manual via ekspedisi sebenarnya sangat mudah. Jika perusahaan tempat Anda melamar meminta untuk mengirim lamarannya via kantor pos.

Berikut panduan cara mengirim lamaran lewat pos yang dapat Anda ikuti.

1. Persiapkan berkas lamaran

Pertama-tama, persiapkan berkas lamaran kerja yang akan dikirimkan melalui pos. Berkas lamaran kerja biasanya terdiri dari CV, surat lamaran, dan fotokopi ijazah dan transkrip nilai. Pastikan bahwa berkas tersebut dalam kondisi rapi dan tidak rusak.

2. Pilih jenis surat yang sesuai

Cara mengirim lamaran lewat pos selanjutnya, pilih jenis surat yang sesuai. Surat yang digunakan harus sesuai dengan ukuran berkas dan jumlah berkas yang akan dikirimkan. Jika berkasnya tidak terlalu banyak, Anda dapat menggunakan amplop ukuran A4.

Namun, jika berkas lamarannya cukup banyak, Anda dapat menggunakan amplop ukuran folio yang lebih besar. Jangan lupa juga untuk mengemas berkas sebaik mungkin, misalnya dikemas menggunakan map kertas atau map plastik agar lebih aman saat dalam proses pengiriman.

Baca juga: Cara mengirim cv lewat email

3. Tuliskan alamat pengirim dan penerima

Berikutnya, tulislah alamat pengirim dan penerima dengan jelas dan benar. Alamat pengirim adalah alamat Anda sendiri, sedangkan alamat penerima adalah alamat perusahaan tujuan yang akan Anda lamar. Pastikan alamat penerima sudah benar dan tidak terdapat kesalahan.

Untuk mencegah kondisi tertentu, jangan lupa juga menuliskan kontak untuk dihubungi pihak ekspedisi dari pos. Dengan demikian, jika terdapat masalah saat melakukan cara mengirim lamaran lewat pos, petugas bisa segera menghubungi Anda sebagai langkah antisipasi.



4. Kunjungi kantor pos terdekat

Selanjutnya, kunjungi kantor pos terdekat sesuai dengan kode pos alamat domisili Anda. Jika belum paham terkait mekanismenya, jangan sungkan untuk bertanya pada petugas terkait. Selain itu, sebaiknya kunjungi kantor sedini mungkin untuk menghindari antrean lama.

5. Pilih jenis pos yang sesuai

Pilih jenis pos yang sesuai dengan jarak dan waktu pengiriman yang diinginkan. Jika jarak pengiriman tidak terlalu jauh dan Anda memerlukan waktu pengiriman yang cepat, Anda dapat menggunakan jenis pos kilat.

Namun sebaliknya, jika jarak pengiriman cukup jauh dan Anda tidak terlalu memerlukan waktu pengiriman yang cepat, Anda dapat menggunakan jenis pos reguler. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa biaya pos kilat biasanya lebih mahal dibanding pos reguler.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Bayar biaya dan cek resi

Setelah menentukan tipe pengiriman, cara mengirim lamaran lewat pos selanjutnya adalah membayar biaya sesuai jenis pengiriman. Sebaiknya, siapkan uang pas supaya tidak merepotkan petugas dalam menyiapkan kembalian.

Setelah dibayar, Anda akan memperoleh nomor resi berupa kode unik yang berfungsi melacak dan mengecek keberadaan paket kiriman. Masukkan kode tersebut di situs resmi Kantor Pos Indonesia, dan Anda akan segera mendapatkan info lokasi, tangga, serta status pengiriman.

Tetapi khusus tipe pengiriman menggunakan PO Box, Anda tidak bisa mengeceknya via nomor resi. Melainkan, Anda harus menunggu perusahaan membukanya terlebih dahulu supaya bisa tahu apakah lamarannya sudah sampai atau belum.

Baca juga: Contoh perkenalan diri bahasa inggris

7. Tunggu hasil atau balasan

Setelah memastikan surat lamaran serta berkas lainnya sampai dengan selamat, tahap terakhir adalah menunggu hasil atau balasan dari perusahaan. Biasanya, perusahaan akan mengumumkan siapa saja pelamar yang lolos ke tahap berikut dalam jangka waktu tertentu.

Karena waktu pengumuman biasanya cukup lama, sambil menunggu Anda juga bisa mengirimkan lamaran ke lowongan pekerjaan lainnya secara sekaligus. Jangan lupa ikuti cara mengirim lamaran lewat pos di atas agar lamarannya sampai dengan selamat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!