10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

document, agreement, documents-428334.jpg

Contoh Panggilan Kerja via Email Asli yang Baik dan Benar!

Maraknya penipuan melalui penawaran lowongan kerja membuat banyak pencari kerja menjadi berpikir dua kali saat mendapatkan surat panggilan kerja, baik via email ataupun via platform komunikasi lainnya.

Lantas, panggilan kerja atau surat penerimaan kerja seperti apa yang baik dan benar? Inilah aspek-aspek utama yang harus diperhatikan saat menulis panggilan kerja. Ini dia contoh panggilan kerja via email asli!

1. Kop & info perusahaan tercantum jelas

Saat mengirimkan panggilan kerja via email kepada calon karyawan, pastikan informasi perusahaan tercantum dengan jelas. Ada baiknya juga untuk melampirkan surat resmi beserta kop perusahaan pada email tersebut.

Hindari mengirim surat panggilan kerja menggunakan email pribadi (kecuali pemilik UMKM atau bisnis menengah yang belum memiliki domain email bisnis).

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Lolos Interview User Sebelum Pengumuman

2. Info calon kandidat lengkap

Banyak penawaran panggilan kerja yang palsu mencantumkan beberapa nama kandidat dalam 1 surat/email. Panggilan kerja yang asli hanya mencantumkan nama kandidat karyawan beserta dengan informasi identitasnya. Biasanya dicantumkan nama lengkap dengan alamat tempat tinggal calon karyawan.

3. Tertera informasi tanggal dan waktu mulai bekerja

Selain adanya info perusahaan serta identitas calon karyawan, tentu surat panggilan kerja harus memiliki informasi lengkap untuk tanggal dan waktu mulai bekerja. Biasanya calon karyawan akan diminta konfirmasi ulang tentang ketersediaan dan persetujuan mengenai waktu mulai kerja tersebut. Jangan lupa untuk menginfokan apabila calon karyawan perlu menandatangani kontrak kerja dengan pihak HRD.

4. Cek ulang dokumen untuk kesalahan penulisan

Panggilan kerja palsu seringkali memiliki banyak kesalahan penulisan dan tidak menggunakan bahasa formal. Maka dari itu, pastikan untuk kembali mengecek ulang  dokumen/email sebelum dikirimkan ke calon karyawan Anda.

Baca juga: Ini Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Tepat

Contoh email panggilan kerja

Subject: Panggilan Kerja Store Supervisor: PT Amarta Setia Karya

Yth. Belinda Naharini

Berdasarkan hasil wawancara dan tes kualifikasi untuk jabatan Store Supervisor, PT Amarta Setia Karya bermaksud untuk memberikan surat panggilan kerja kepada:

Nama: Belinda Naharini

Jenis kelamin: Perempuan

Alamat: Jl. Kubis II no.13, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Dimohon kedatangannya pada

Tanggal: 21 Oktober 

Jam: 08.30 WIB 

Alamat: PT Amarta Setia Karya HQ, Mega Kuningan Kav.48

untuk penandatanganan kontrak kerja dan diharapkan mulai aktif bekerja sebagai karyawan tetap terhitung pada 24 Oktober 2022.

Demikian surat panggilan kerja ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Best regards,

HRD Manager

Bagikan Artikel: