contoh slip gaji

Contoh Slip Gaji yang Perlu Anda Ketahui, Simak Penjelasannya!

Contoh slip gaji adalah pembahasan yang wajib dijelaskan, apalagi Anda merupakan seorang karyawan di suatu perusahaan. Tentunya, membutuhkan informasi dari kami. Simak terus artikel ini hingga akhir kata.

Karyawan tentunya ingin mengetahui informasi mengenai pembayaran atas kerjanya. Hal tersebut harus disediakan sebuah surat resmi dari perusahaan itu sendiri. Biasanya surat itu dinamakan slip gaji.

Setiap pihak perusahaan selalu memperhatikan proses kerja para karyawannya, mulai dari absensi hingga lembur. Sehingga gaji akan disesuaikan dengan apa yang diusahakan oleh para karyawannya.

Namun, perlu diketahui juga, perusahaan sejahtera biasanya menetapkan gaji sesuai dengan peraturan daerah atau UMK. Pastinya Anda akan mendapatkan gaji pokok terlebih dahulu sebelum diberikan pemberian lainnya, seperti tunjangan.

Contoh slip gaji juga harus ketahui oleh bersama, apalagi Anda merupakan karyawan baru yang bekerja pada hari pertama. Tentunya, membutuhkan informasi tersebut.

Gaji tidak akan sepenuhnya utuh, lantaran terdapat beberapa potongan lainnya. Diantaranya adalah asuransi, transportasi, pajak dan sebagainya. Tetapi, potongannya tidak terlalu besar. Sehingga Anda akan mendapatkan gaji bersihnya.

Teknologi semakin canggih pada setiap waktunya, membuat berbagai informasi mudah untuk diketahui, terutama pada pengguna internet. Apabila Anda ingin mengetahui tentang dunia perusahaan, silahkan kunjungi website kami. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Sedikit Penjelasan Mengenai Slip Gaji

Sebelum masuk pada pembahasan contoh slip gaji, sebaiknya Anda perlu mengetahui definisinya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperluas wawasan pengetahuan mengenai dunia perusahaan.

Slip gaji adalah bukti resmi dari penghasilan yang diperoleh selama sebulan penuh oleh perusahaan tempat karyawan bekerja. Pada bagian slip tersebut tentunya terdapat beberapa rincian penghasilan hingga potongan lainnya.

Hal tersebut memang sudah diatur pada peraturan pemerintahan republik Indonesia. Berdasarkan peraturan pemerintah ( PP ) No. 78 Tahun 2015, slip gaji adalah bukti pembayaran dari perusahaan kepada pegawainya yang sah.

Dalam contoh slip gaji ini terdapat beberapa informasi mengenai keuangan yang didapatkan oleh karyawan dari perusahaan. Apabila, Anda masuk perusahaan melalui yayasan, ada kemungkinan potongan juga dilibatkan untuk membayar yayasan tersebut.

Perlu diketahui juga, pada saat ini banyak pihak penyalur yang bekerja sama dengan perusahaan untuk membantu dalam hal penerimaan karyawan. Biasanya pihak mereka akan meminta persenan dan nantinya gaji karyawan dari yayasan tersebut akan dipotong.

Tetapi, tidak semua yayasan seperti itu, melainkan hanya ada beberapa saja. Maka dari itu, kami sarankan untuk melamar pekerjaan melalui informasi resmi perusahaan saja. Tujuannya untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan.

Contoh slip gaji bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui apa saja yang Anda dapatkan dan potongan lainnya. Sehingga, dapat merencanakan masa depan agar semangat bekerja, seperti melakukan lembur secara rutin.

Tidak hanya contoh, kami juga akan menjelaskan tentang format apa saja yang ada pada contoh slip upah atau gaji karyawan tersebut. Simak terus penjelasannya dari artikel kami ini.

Baca juga: Fungsi dan Cara Buat Slip Gaji, Wajib Diketahui

Inilah Format Contoh Slip Gaji yang Benar!

Anda wajib mengetahui format slip gaji yang benar. Supaya bisa membedakan mana slip gaji resmi dan tidaknya. Maka dari itu, sebaiknya pelajari dari apa yang kami berikan informasi mengenai dunia perusahaan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Data Umum Karyawan dan Perusahaan

Format pertama dalam contoh slip gaji adalah detail data umum karyawan dan perusahaan. Biasanya menjelaskan tentang peran, visi, misi atau sebagainya.

2. Gaji Pokok

Format berikutnya, terdapat gaji pokok yang tertera pada kolom pertama. Anda harus mengetahui gaji pokok pada setiap bulannya. Apabila terjadi pengurangan, maka bisa bertanya langsung kepada atasan.

3. Tunjangan

Tunjungan juga harus ada pada format contoh slip gaji, karena biasanya perusahaan memberikan uang lainnya, seperti jemputan dan sebagainya.

4. Potongan

Seperti yang ketahui, bahwa potongan gaji ini memang selalu ada pada setiap perusahaan yang mana itu semua akan diberikan kembali pada karyawan. Diantaranya adalah asuransi kesehatan.

Tetapi, ada juga potongan yang tidak memberikan timbal balik secara penuh kepada karyawan, seperti pembayaran pajak pada setiap bulannya. Tidak besar, tetapi setiap bulannya akan terus dilakukan.

5. Bonus

Bonus biasanya diadakan pada waktu tertentu, misalnya satu tahun tiga kali mendapatkan bonus. Jadi, tidak setiap bulan Anda mendapatkan rincian slip gaji mengenai bonus tahunan.

6. Lembur

Ingat! Lembur juga dihitung bekerja sebagai penambah gaji yang didapatkan selain dari gaji pokok. Maka dari itu, Anda harus selalu memperhatikan slip gaji pada setiap bulannya.

Ternyata gaji ini memang harus selalu diperhatikan, lantaran untuk menghindari dari kesalahan karyawan atau perusahaan dalam hal pemberian upah. Sehingga artikel ini kami buatkan untuk Anda mengenai contoh slip gaji.

Bagikan Artikel: