cara buat slip gaji

Fungsi dan Cara Buat Slip Gaji, Wajib Diketahui

Cara buat slip gaji sendiri dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi microsoft seperti excel atau word. Menerima upah usai bekerja sudah menjadi hak pekerja dan biasanya akan menemukan kertas yang diberikan perusahaan.

Kertas ini merupakan dokumen berisi daftar terperinci mengenai komponen pendapatan Anda beserta detail spesifik dari pekerjaan yang dilakukan. Ini dikeluarkan setiap bulan oleh perusahaan bersama dengan upah.

Bagi karyawan sendiri, dokumen ini bukan hanya sebagai slip resmi upah yang diterima namun juga digunakan untuk berbagai keperluan yang memang membutuhkan lampiran terkait penghasilan.

Seperti untuk pengajuan KPR, pengajuan pinjaman atau saat ingin membuat visa. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini cara buat slip gaji tidak lagi berbentuk kertas, namun dalam bentuk format excel dan word atau bahkan online.

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Fungsi Slip Gaji

Fungsi dari slip upah tidak hanya sebagai dokumen penerimaan gaji dan bentuk transparansi dari perusahaan saja, namun dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan lain. Berikut ini beberapa manfaat dari slip gaji.

1. Memberitahu Informasi Mengenai Rincian Gaji

Salah satu fungsi utama dari dokumen ini adalah sumber informasi komponen gaji yang diterima oleh pekerja setiap bulannya. Komponen gaji yang terlampir seperti gaji pokok dan potongan-potongan seperti pajak dan BPJS.

Selain itu terdapat komponen tunjangan serta gaji bersih yang diterima karyawan. Selain gaji pokok, jika pada bulan tertentu karyawan mendapat bonus, komponen tersebut juga dimasukkan ke dalamnya.

2. Mengajukan Kredit Perumahan Rakyat

Salah satu cara untuk dapat memiliki rumah idaman adalah menggunakan KPR atau Kredit Perumahan Rakyat. Karyawan dapat mengajukannya di beberapa dan biasanya pihak bank akan meminta untuk melengkapi beberapa persyaratan salah satunya dengan melampirkan slip upah.

3. Mengajukan Kredit Tanpa Angunan

Manfaat lain yang bisa diperoleh karyawan dengan mengetahui cara buat slip gaji adalah untuk pengajuan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pengajuan kredit ini bisa digunakan untuk keperluan seperti biaya pernikahan, pendidikan dan kebutuhan lainnya.

Salah satu syarat untuk pengajuan KTA yang diminta oleh pihak bank adalah dokumen rincian upah. Hal tersebut dilakukan karena bank perlu memastikan bahwa orang tersebut secara finansial mampu membayar cicilan sebelum melewati batas waktu.

4. Membuat Visa

Untuk karyawan yang ingin berlibur ke luar negeri, tentu akan membutuhkan pengajuan visa sebagai salah satu syarat untuk memasuki negara lain. Salah satu syarat yang diminta oleh beberapa negara dalam pembuatan visa adalah slip upah.

Hal ini dilakukan untuk mencegah seseorang tidak dapat memenuhi hidupnya selama berada di luar negeri. Sehingga negara ingin memastikan bahwa orang tersebut secara finansial dapat mencukupi kebutuhan saat mengunjungi suatu negara.

5. Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor dan Peralatan Elektronik

Sama seperti pengajuan KTA atau KPR, untuk pekerja yang ingin membeli kendaraan atau peralatan elektronik dengan cara cicilan, pihak pemberi pinjaman akan meminta rincian berkas pendapatan.

Alasannya juga sama, yaitu untuk memastikan bahwa karyawan tersebut benar-benar bekerja di suatu perusahaan serta memastikan bahwa gaji yang diterima mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Cara Buat Slip Gaji Menggunakan Excel

Setelah mengetahui manfaat yang akan didapatkan jika memiliki slip gaji, Anda perlu juga perlu mengetahui cara membuatnya. Ada beberapa cara mudah untuk membuat rincian upah seperti menggunakan Microsoft Excel atau Google sheets.

Cara buat slip gaji menggunakan Excel dan Google Sheets sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda karena kedua platform tersebut sama-sama aplikasi spreadsheets. Berikut cara membuat slip upah pekerja melalui Microsoft Excel.

1. Buka Aplikasi Microsoft Excel

Pertama buka aplikasi Microsoft Excel melalui laptop atau komputer dan siapkan sejumlah kolom tabel sesuai dengan format slip pendapatan yang Anda inginkan. Pastikan bahwa Anda sudah mengetahui dan memahami cara untuk mengoperasikan Excel. 

2. Membuat Format Rincian Gaji

Setelah membuat format slip gaji, isi tabel dengan rincian seperti nama dan logo perusahaan. Selain itu tambahkan tulisan “Slip Gaji”, data karyawan, periode pembayaran serta rincian lengkap upah karyawan.

3. Memasukkan Rumus Slip Gaji

Cara buat slip gaji adalah dengan menggunakan rumus pada tabel rincian “Slip Gaji”. Anda dapat menggunakan rumus VLOOKUP untuk memudahkan dalam menghitung rincian pendapatan yang diterima.

4. Memasukkan Rumus PPh

Pada bagian pemotongan pajak penghasilan atau PPh, Anda tidak dapat menggunakan rumus VLOOKUP seperti sebelumnya. Namun gunakan rumus SUM untuk menghitung potongan pajak dari upah yang Anda terima.

5. Cetak Menggunakan HVS atau Kirim Melalui Email

Setelah semua rincian data dan komponen gaji terisi, cetak menggunakan kertas HVS. Namun jika Anda tidak ingin mencetaknya, dapat membuat menjadi slip gaji elektronik dan mengirimkannya melalui email.

Membuat slip upah memang dapat dikatakan cukup rumit dan tidak mudah dilakukan, karena hal ini berkaitan dengan angka dan gaji seseorang. Cara buat slip gaji yang perlu diperhatikan dengan baik adalah detail informasi yang akan dicantumkan.

Bagikan Artikel: