contoh panggilan interview lewat WhatsApp

Contoh Panggilan Interview Lewat WhatsApp Terbaru

Dalam mengikuti proses rekrutmen Anda harus mengetahui banyak informasi. Hal ini salah satunya yaitu contoh panggilan interview lewat whatsapp agar Anda dapat mengetahui dan dapat mempersiapkan diri. Berikut ini contoh panggilan interview lewat whatsapp, yuk simak!!!

Apa itu Panggilan Interview? 

Panggilan interview adalah tahap dalam proses rekrutmen di mana seorang calon karyawan diundang untuk datang dan berbicara secara langsung dengan pihak perusahaan

Menurut Asbury University, panggilan interview merupakan komunikasi untuk memberikan informasi kepada calon karyawan bahwa akan dilakukan interview kerja. Panggilan interview adalah langkah penting dalam menilai apakah seorang calon karyawan cocok atau tidak untuk posisi yang tersedia.

Baca juga: Cara Membuat Lowongan Pekerjaan, Berikut 5 Tips Jitunya!

Aturan yang Terdapat dalam Panggilan Interview Lewat WhatsApp

1. Bahasa yang sopan dan baku

Pastikan pesan yang dikirim dalam bahasa yang sopan, baku dan profesional. Hindari penggunaan bahasa slang atau kata-kata kasar.

2. Menulis nama perusahaan dan lowongan yang dilamar

Pada pesan panggilan interview, cantumkan nama perusahaan dengan jelas agar calon karyawan tahu dengan siapa mereka berurusan. Selain itu, sebutkan juga lowongan pekerjaan yang dilamar agar tidak terjadi kebingungan.

3. Nama tujuan calon pekerja yang hendak diwawancarai dengan jelas

Sertakan nama calon pekerja yang hendak diwawancarai dengan jelas dalam pesan panggilan interview. Ini akan memastikan bahwa pesan ditujukan kepada calon yang tepat.

4. Cantumkan isi pesan secara jelas dengan surat panggilan yang dibuat

Pesan panggilan interview harus berisi informasi yang cukup jelas, seperti tanggal, waktu, dan lokasi interview. Jelaskan juga format atau platform yang akan digunakan untuk interview. Pastikan calon pekerja tahu persis apa yang diharapkan dari mereka dalam interview.

Cara Membedakan Panggilan Interview Lewat WhatsApp Asli dan Palsu

1. Periksa Sumber Pesan

Pastikan bahwa pesan panggilan interview berasal dari nomor WhatsApp yang resmi atau dari kontak yang benar-benar terkait dengan perusahaan. Jangan pernah merespons pesan yang datang dari nomor yang tidak dikenali atau mencurigakan.

2. Verifikasi Identitas Pihak yang Mengirim Pesan

Jika Anda menerima pesan panggilan interview, mintalah informasi lebih lanjut tentang pihak yang mengirimnya. Anda dapat mencari nama dan kontak perusahaan secara independen (misalnya, melalui situs web resmi perusahaan) dan membandingkannya dengan informasi yang diberikan dalam pesan WhatsApp.

3. Cek Alamat Email

Beberapa perusahaan juga akan menghubungi calon karyawan melalui email resmi mereka, bukan hanya WhatsApp. Pastikan bahwa alamat email yang digunakan adalah alamat email resmi perusahaan yang dapat diverifikasi.

4. Waspadai Tanda-Tanda Penipuan

 Waspadai tanda-tanda umum penipuan, seperti tata bahasa yang buruk dalam pesan, tautan yang mencurigakan, atau permintaan uang atau informasi pribadi yang tidak lazim. Perusahaan yang sah tidak akan meminta uang untuk interview.

5. Hubungi Perusahaan secara Langsung

Jika Anda merasa ada yang mencurigakan dalam pesan panggilan interview, hubungi perusahaan secara langsung melalui saluran resmi mereka, seperti nomor telepon yang tercantum di situs web perusahaan, untuk memverifikasi apakah panggilan tersebut benar-benar dari mereka.

Contoh Panggilan Kerja Lewat WA 

1. Contoh Panggilan Kerja Lewat WA

Halo [Nama Calon Pekerja],

Kami dari [Nama Perusahaan] ingin mengundang Anda untuk menghadiri sesi wawancara kami untuk posisi [Nama Posisi] yang Anda lamar. Berikut detailnya:

Tanggal Wawancara: [Tanggal]
Waktu Wawancara: [Jam]
Lokasi: [Alamat Kantor Perusahaan]

Harap konfirmasikan kehadiran Anda dengan balasan pesan ini. Selain itu, kami juga akan mengirimkan Anda detail lebih lanjut terkait proses wawancara ini.

Terima kasih atas minat Anda pada [Nama Perusahaan] dan kami berharap untuk bertemu dengan Anda dalam waktu dekat.

Salam,
[Tanda Tangan Virtual Anda]

2. Contoh Surat Panggilan Kerja Via WhatsApp

Selamat siang [Nama Calon Pekerja],

Kami dari tim HR di [Nama Perusahaan] ingin memberitahu Anda bahwa Anda telah dipilih untuk menghadiri wawancara untuk posisi [Nama Posisi].

Waktu dan Tanggal Wawancara: [Tanggal] pukul [Jam]
Lokasi: [Alamat Kantor Perusahaan]

Mohon konfirmasi kehadiran Anda sebelum tanggal wawancara. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui pesan ini atau nomor kontak yang terlampir.

Terima kasih dan kami sangat berharap untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara.

Salam.

3. Contoh Surat Panggilan Kerja Via WhatsApp

Halo [Nama Calon Pekerja],

Kami ingin menginformasikan bahwa Anda telah berhasil melewati tahap seleksi awal dan kami ingin mengundang Anda untuk interview lanjutan untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan].

Tanggal dan Waktu Interview: [Tanggal] pukul [Jam]
Lokasi: [Alamat Kantor Perusahaan]

Mohon konfirmasikan kehadiran Anda melalui pesan ini. Kami akan mengirimkan lebih banyak detail terkait interview ini dalam waktu dekat.

Terima kasih atas minat Anda pada [Nama Perusahaan] dan selamat atas langkah Anda ke tahap selanjutnya.

Salam.

4. Contoh Surat Panggilan Kerja via WA

Selamat pagi [Nama Calon Pekerja],

Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Anda telah dipilih untuk mengikuti interview untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Berikut informasi lebih lanjut:

Tanggal dan Waktu Interview: [Tanggal] pukul [Jam]
Tempat: [Alamat Kantor Perusahaan]

Silakan konfirmasikan kehadiran Anda dengan balasan pesan ini. Kami akan mengirimkan informasi lebih lanjut segera.

Terima kasih dan selamat atas pencapaian Anda.

Salam.

Baca juga: Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

Cara Menjawab Panggilan Kerja via WA

1. Berikan Salam Pembuka

Mulailah pesan Anda dengan salam yang sopan, seperti “Selamat pagi,” “Selamat siang,” atau “Selamat malam,” diikuti dengan nama pribadi atau jabatan Anda jika perlu.

2. Ucapkan Terima Kasih

Ucapkan terima kasih kepada pengirim pesan atas panggilan kerja atau undangan wawancara yang mereka berikan. Ini menunjukkan sikap penghargaan Anda terhadap kesempatan tersebut.

3. Beri Kalimat Semangat

Sampaikan kalimat semangat atau antusiasme Anda terkait dengan panggilan kerja. Misalnya, “Saya sangat senang mendengar tentang kesempatan ini dan siap untuk wawancara.”

4. Konfirmasi Jadwal dan Waktu

Konfirmasikan jadwal dan waktu wawancara yang telah diatur. Pastikan Anda memiliki detail yang benar dan pastikan Anda mengingat waktu dan tanggalnya.

5. Ajukan Pertanyaan

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang wawancara, ini adalah saat yang tepat untuk mengajukannya. Anda bisa bertanya tentang lokasi wawancara, orang yang akan melakukan wawancara, atau proses seleksi secara umum.

6. Sampaikan dengan Sopan Jika Berhalangan Hadir

Jika Anda mengalami kendala atau tidak dapat hadir pada waktu yang ditentukan, sampaikan hal ini dengan sopan. Misalnya, “Saya sangat menghargai undangan ini, namun saya memiliki komitmen yang sudah terjadwal pada tanggal tersebut. Bisakah kita mencoba untuk menjadwalkan ulang?”

Baca juga: Contoh Summary di LinkedIn yang Efektif dan Memikat Rekruter

Contoh Jawaban Panggilan Interview Kerja Lewat WhatsApp

Selamat siang [Nama Pengirim Pesan],

Terima kasih banyak atas undangan wawancara yang telah diberikan. Saya sangat bersemangat untuk menghadiri wawancara ini dan berkesempatan untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan].

Saya ingin mengonfirmasi jadwal dan waktu wawancara pada [Tanggal] pukul [Jam]. Semuanya terlihat baik, dan saya siap untuk menghadirinya.

Saya memiliki satu pertanyaan tambahan. Apakah Anda bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang lokasi wawancara dan siapa yang akan melakukan wawancara?

Terima kasih lagi atas kesempatan ini, dan saya berharap untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara.

Salam,

[Nama Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!