contoh job description resepsionis hotel

Contoh Job Description Resepsionis Hotel Agar Lebih Paham

Contoh job description resepsionis hotel belakangan ini banyak dicari, khususnya bagi orang-orang yang ingin melamar pekerjaan. Kami meyakini bahwa tidak ada pekerjaan mudah, semuanya memiliki tingkat kesulitan serta resikonya masing-masing.

Bahkan, jika Anda bekerja di dunia perkantoran sekalipun. Akan selalu ada tantangan dan resiko yang harus diambil. Namun, dalam mencari sebuah pekerjaan tentunya harus dibekali dengan kemampuan yang mumpuni.

Pasalnya, saat diterima untuk bekerja nantinya Anda akan diberikan tanggung jawab sendiri. Baik di bidang apapun juga, bahkan yang bekerja kantoran maupun di lapangan. Agar menjadi karyawan berkualitas dan disukai, Anda perlu mengasah skill terus menerus.

Apa Itu Resepsionis dan Keahlian Apa yang Harus Dimiliki?

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh job description resepsionis hotel, ada baiknya terlebih dahulu Anda memahami pengertiannya. Sederhananya, resepsionis merupakan karyawan di suatu perusahaan dan memiliki tugas untuk menyambut serta menerima tamu.

Berperan sebagai penerima tamu, maka posisi ini juga sering kali disebut sebagai wajah kantor. Pasalnya, penerima tamu ini merupakan wajah paling pertama yang langsung bertemu dan berinteraksi dengan seorang klien.

Seorang yang ingin menjadi penerima tamu harus mampu memberikan pelayanan terbaik dan ramah. Tujuannya agar dapat memberikan nilai dan pengalaman berharga bagi konsumen. Maka dari itu, semakin ramah Anda maka akan semakin cocok dengan posisi tersebut.

Baca juga: Percakapan Resepsionis Hotel dengan Tamu dalam Bahasa Inggris 

Keahlian yang Perlu Dimiliki Seorang Resepsionis Hotel

Sebelum membahas tentang contoh job description resepsionis hotel, sebaiknya ketahui juga apa saja keahlian untuk melamar di posisi tersebut. Hal ini akan membantu Anda yang mungkin memiliki minat pada posisi penerima tamu tersebut.

1. Memiliki Keahlian dalam Berkomunikasi

Setiap hari seorang resepsionis akan menjalin kontak sosial melalui komunikasi langsung maupun tidak langsung, komunikasi verbal dan non verbal. Maka dari itu, keahlian berkomunikasi sangat penting untuk pekerjaan penerima tamu tersebut.

2. Tidak Boleh Gagap Teknologi

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak perusahaan menerapkan protokol bagi seluruh karyawannya. Protokol tersebut mencakup teknologi atau sistem baru perangkat lunak komputer atau aplikasi.

Tujuannya tentu saja untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efisien serta meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Maka dari itu, untuk menunjang pekerjaan seorang penerima tamu, maka harus up to date dengan teknologi dan dapat mengoperasikannya.

3. Interpersonal

Membangun hubungan pribadi yang baik disebut dengan interpersonal, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara pribadi dengan orang lain. Seorang resepsionis harus memiliki interpersonal yang baik. 

Pasalnya, orang-orang di posisi itu harus melakukan kontak dengan bagian internal maupun eksternal perusahaan. Sehingga harus memiliki hubungan interpersonal yang baik, agar mampu membangun hubungan baik dengan semua orang.

4. Diutamakan Fasih dalam Berbahasa Inggris

Tidak menutup kemungkinan bahwa menjadi resepsionis berarti akan menerima tamu manca negara. Hal ini berarti Anda harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Tidak harus sangat terampil, setidaknya pahami dan pahami percakapan yang umum digunakan. 

5. Memiliki Pribadi Unggul

Pribadi unggul maksudnya adalah soft skill yang dimiliki. Sebagaimana penerima tamu tersebut adalah wajah dari sebuah perusahaan, maka setidaknya harus ramah dan baik hati, sopan dan bijaksana,loyal dan bertanggung jawab, serta aktif dalam memberikan pelayanan.

Baca juga: Cara Menjadi Resepsionis Hotel yang Sukses

Mencari Tahu Contoh Job Description Resepsionis Hotel

Umumnya saat ingin melamar suatu pekerjaan, maka akan tercantum sebuah job description di dalamnya. Hal tersebut bertujuan agar pelamar kerja tahu apakah cocok dengan pekerjaan tersebut atau tidak. Berikut ini beberapa contoh job description resepsionis hotel:

  1. Paling utama tentu saja memberikan melayani untuk reservasi tamu serta menentukan kamar hotelnya.
  2. Memberikan informasi secara lengkap tentang hotel dan fasilitas untuk tamu jika ingin menginap.
  3. Contoh job description resepsionis hotel selanjutnya adalah melakukan rekap daftar pengunjung dalam hal persyaratan check-in dan check-out.
  4. Selalu memantau dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan.
  5. Harus sigap menjawab telepon dari tamu yang menelepon melalui kamar hotelnya.

Zaman semakin canggih membuat layanan dalam pekerjaan juga harus semakin maju. Semua pekerjaan pasti memiliki standar untuk setiap pegawainya, hal tersebut agar pemberi kerja tahu akan menempatkannya di pekerjaan apa.

Baca juga: Ketahui Contoh Job Description Crew Outlet Berikut

Mencari pekerjaan tentu saja tidak semudah yang dipikirkan kebanyakan orang. Seperti diketahui, setiap pekerjaan memiliki tingkat kesulitan dan tugasnya masing-masing. Salah satunya adalah contoh job description resepsionis hotel.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!