contoh job description personal assistant

Contoh Job Description Personal Assistant, Ini yang Harus Dilakukan!

Bagi kamu yang ingin memahami contoh job description personal assistant secara lebih lanjut. Nantinya dapat mempermudah saat sudah mulai bekerja pada posisi yang diinginkan, serta tidak ada kendala dialami lagi.

Menjadi seorang PA maka nantinya akan membuat Anda harus mengurusi semua hal yang bersifat personal. Hal ini, dilakukan bagi atasan tempat Anda bekerja, dalam melakukan pengelolaan terhadap jadwal harian.

Sehingga, nantinya dapat menyesuaikan terhadap apa yang harus dilakukan oleh sang atasan. Untuk personal assistant biasanya juga mengurus hal bersifat personal bagi seorang menjadi atasan.

Ini merupakan contoh job description personal assistant harus dikuasai ketika seseorang mempekerjakan Anda pada posisi PA. Nantinya ada beberapa tugas pengelolaan lainnya juga harus dikerjakan jabatan tersebut.

Adapun untuk tugas lainnya seperti melakukan pengaturan serta pengelolaan terhadap jadwal harian. Melakukan penjadwalan terkait dengan meeting harus dilakukan atasan dan menjadi notulen pada rapat diikuti.

Biasanya contoh job description personal assistant lainnya dengan mengikuti dari deadline kerja. Sehingga sudah ada batasan waktu tersendiri dimiliki ketika sedang melakukan sebuah pekerjaan agar selesai tepat waktu.

Biasanya PA akan menjadi perantara untuk komunikasi dilakukan atasan terhadap pihak lain. Selain itu, masih ada beberapa tanggung jawab lain dimiliki oleh jabatan harus bisa Anda pelajari lebih mendalam.

Apa lagi, ketika nantinya sedang melamar atau akan mulai bekerja pada jabatan ini. Sehingga sudah tidak merasa kebingungan, maupun mengalami kendala di saat sedang menjalankan tugas diemban dalam perusahaan.

Pengertian dan Contoh Job Description Personal Assistant Harus Anda Pahami!

Untuk PA secara lebih spesifik, merupakan posisi yang membantu tugas sehari – hari seorang individu maupun eksekutif. Biasanya dalam ruang lingkungan bisnis maupun organisasi jabatan tersebut sangat dibutuhkan.

Tugas serta tanggung jawab dimiliki oleh personal assistant sendiri sering kali akan bervariasi. Hal juga tergantung dengan kebutuhan maupun preferensi dari sang atasan di tempat Anda bekerja.

Gambar 180.1

  1. Dalam contoh job description personal assistant mulai dari melakukan pengaturan dan pengelolaan jadwal atasan. Keseluruhan jadwal mereka mulai dari harian, mingguan hingga bulanan harus tersusun secara baik.

Pengaturan ini, termasuk juga dengan jadwal meeting atau rapat bersama klien dan pekerja. Mengatur makan malam, memesankan jadwal perjalanan maupun keberangkatan, akomodasi serta acara penting lainnya.

  1. Sering kali contoh job description personal assistant sebagai jembatan komunikasi atasan dengan orang lain. Tugas ini termasuk dengan menjawab panggilan telepon serta pengelolaan dan membalas email.

PA juga sering kali ditugaskan dalam menyusun surat resmi serta penyusunan naskah wawancara mewakili atasan. Sehingga pesan ingin disampaikan oleh atasan dapat diterima secara tepat bagi sasaran.

Baca juga: Contoh job description product manager

  1. Seorang personal assistant harus memiliki wawasan yang luas agar mampu menerima serta memberi pesan. Pengelolaan terhadap semua informasi masuk maupun keluar, serta menyiapkan informasi dibutuhkan atasan.

Tanggung jawab contoh job description personal assistant pengelolaan dokumen, serta menyiapkan dan mencari informasi dibutuhkan. Sehingga memudahkan atasan di dalam mempelajari dokumen diterima.

Tugas Lain Harus Dikerjakan Seorang Personal Assistant

Selain melakukan tugas penyusunan jadwal, akomodasi, pertemuan dan lainnya bagi atasan. Pengelolaan terhadap keuangan atasan mulai dari pembayaran, laporan keuangan serta pengaturan anggaran juga harus dilakukan.

Ini, menjadi salah satu contoh job description personal assistant harus bisa dipahami dengan baik. Tugas administratif seperti pengelolaan inventaris kantor dengan mengatur meralatan serta perlengkapan dan surat menyurat.

Biasanya PA juga dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas pribadi dimiliki oleh atasannya. Sehingga nantinya memiliki kewajiban untuk membantu mengatur jadwal harian keluarga, perjalanan liburan, booking tiket serta lainnya.

Biasanya untuk contoh job description personal assistant tersebut juga bisa disesuaikan terhadap kesepakatan. Sehingga penting untuk melakukan kesepakatan secara jelas di awal melakukan tanda tangan kontrak.

Karena untuk tugas dimiliki oleh PA tersebut cukup bervariasi, maka harus dipahami kembali nantinya. Agar tidak ada kesalahan maupun kebingungan di saat sedang menjalankan pekerjaan, maka harus dikerjakan sebaik mungkin.

Anda juga diharuskan untuk bisa melakukan pekerjaan secara multitasking, dapat berpikir kritis dan kemampuan interpersonal. Sehingga mampu menjalankan contoh job description personal assistant telah dijabarkan sebelumnya.

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!