contoh job description copywriter

Contoh Job Description Copywriter dan Hal Perlu Dikuasai

Contoh job description copywriter saat ini telah menjadi sangat penting dalam dunia pemasaran kontemporer. Sebagai seorang copywriter ahli, Anda harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks persuasif serta menarik sehingga dapat memengaruhi perilaku atau keputusan dari pembaca.

Contoh Job Description Copywriter yang Umum Dilakukan

Sebagai seorang copywriter, tugas utama Anda adalah membuat teks atau tulisan menarik dan persuasif untuk mempromosikan sebuah produk, layanan atau brand tertentu. Job deskripsi dapat bervariasi tergantung pada perusahaan atau industri tempat Anda bekerja. Namun pada umumnya terdiri dari beberapa tugas utama seperti berikut ini.

1. Menulis Teks Iklan

Sebagai copywriter, Anda harus dapat menulis teks iklan menarik serta persuasif untuk berbagai media seperti surat kabar, majalah, radio, televisi atau online. Anda harus mampu mengenali audiens target dan menulis pesan yang memotivasi mereka untuk membeli atau mencoba produk atau layanan tertentu.

2. Membuat Konten Pemasaran

Contoh job description copywriter berikutnya selain teks iklan adalah membuat konten pemasaran seperti brosur, pamflet, presentasi atau materi promosi lainnya. Anda harus dapat menghasilkan teks yang menggambarkan produk atau layanan dengan jelas serta memikat.

3. Menulis Konten Web

Kemampuan menulis konten web dalam dunia bisnis kontemporer termasuk hal penting untuk copywriter di era digital saat ini. Anda harus dapat menulis teks menarik, mudah dibaca serta dapat dioptimalkan mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

4. Menyunting dan Mereivisi Teks  

Seorang Copywriter juga memiliki job deskripsi yaitu dapat menyunting serta merevisi teks yang sudah ada untuk memastikan kesesuaian dengan tujuan promosi, gaya perusahaan dan bahasa yang digunakan. Hal ini untuk memastikan bahwa iklan atau teks dapat menarik minat calon pelanggan menggunakan produk atau layanan. 

5. Melakukan Riset

Hal penting perlu diperhatikan sebelum menulis adalah copywriter harus sering melakukan riset. Riset dilakukan untuk mengetahui mengenai detail produk, layanan atau pasar target. Hal ini untuk memastikan pesan sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan.

6. Mampu Berkolaborasi dengan Tim Kreatif

Contoh job description copywriter selanjutnya adalah sering kali bekerja dalam tim kreatif yang terdiri dari desainer, editor dan pemasar lainnya. Untuk itu perlu ada kemampuan berkolaborasi dengan baik bersama anggota tim lain dan keterampilan ini sangat dihargai dalam industri ini.

7. Mengikuti Tren

Copywriter juga harus dapat mengikuti tren terbaru dalam industri atau pasar saat ini. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pesan dibuat sesuai dengan tren atau kebutuhan calon pelanggan saat ini.

Baca juga: Template Contoh Job Description Content Writer yang Benar

Hal yang Perlu Dikuasai untuk Menjalankan Contoh Job Description Copywriter

Profesi copywriter telah menjadi sangat penting dalam dunia pemasaran saat ini. Seorang copywriter ahli memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks persuasif dan menarik sehingga bisa memengaruhi perilaku dan keputusan dari pembaca

1. Memahami Target Audiens

Beberapa contoh job description copywriter di atas harus memiliki pemahaman baik tentang target audiens. Anda harus mengetahui target untuk diajak bicara, apa kebutuhan dan keinginan calon pelanggan serta bagaimana cara berbicara dengan calon pelanggan. 

Dengan memahami audiens akan membantu seorang copywriter dalam menciptakan teks yang lebih relevan serta menarik bagi pembaca. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap daya jual dari suatu produk atau layanan.

2. Mampu Menyesuaikan Gaya Penulisan

Setiap merek tentu memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Seorang copywriter harus mampu menyesuaikan gaya penulisannya dengan merek yang diwakilinya. 

Beberapa merek biasa menggunakan gaya penulisan lebih santai dan ramah, sementara merek lain lebih serius dan formal. Anda harus dapat menentukan gaya penulisan tepat untuk setiap merek agar pesan yang disampaikan tepat sasaran.

3. Mampu Menjaring Pelanggan dengan Kata-kata

Contoh job description copywriter adalah mampu menjaring pelanggan dengan kata-kata persuasif, untuk itu Anda harus memiliki kosakata luas dan mampu memilih kata-kata tepat untuk setiap teks. Pilihan kata-kata tepat dapat membuat teks lebih menarik dan persuasif. 

Copywriter juga harus dapat menggunakan kata-kata kunci yang relevan. Hal ini untuk membantu meningkatkan SEO dan memperbaiki peringkat di mesin pencari.

4. Membuat Teks Singkat dan Mudah Dipahami

Teks yang singkat dan jelas lebih mudah dipahami oleh target audiens atau pembaca. Teks harus mengemukakan ide atau pesan dalam beberapa kalimat yang mudah dipahami. Teks terlalu panjang dan rumit bisa membuat pembaca bosan dan kehilangan minat.

5. Mempromosikan Produk

Contoh job description copywriter harus mampu mempromosikan produk atau layanan secara jelas dan persuasif. Anda harus menekankan manfaat dan keuntungan dari produk atau layanan tersebut serta memastikan bahwa pesan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

6. Memahami Tata Letak dan Format yang Tepat

Copywriter juga harus memiliki pemahaman baik tentang tata letak dan format yang tepat untuk teks pemasaran. Hal ini mencakup penempatan gambar, penggunaan sub judul serta penggunaan gaya teks. Tata letak baik dapat membuat teks lebih mudah dibaca dan memperkuat pesan yang disampaikan.

Baca juga: Contoh CV Content Writer yang dapat Menarik Perhatian HRD

Seorang copywriter sukses harus terus memperbarui keterampilan dan selalu memperhatikan tren terbaru. Dengan menguasai keterampilan tersebut, Anda dapat membantu merek meningkatkan penjualan dan mencapai kesuksesan di pasar sesuai dengan contoh job description copywriter di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!