cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Menurun, Ini Tipsnya 

Seorang karyawan tidak selalu menunjukkan performa maksimal. Tidak heran Cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun banyak dicari demi kepentingan perusahaan. Sehingga staf juga lebih efektif dan produktif menyelesaikan tujuan.

Sebenarnya terdapat beberapa langkah efektif untuk mengatasi permasalahan perusahaan ini. Pertama yang terpenting adalah ketahui penyebabnya dahulu. Apabila faktor penyebabnya adalah internal perusahaan, maka bisa permasalahan dapat segera diminimalisir.

Sedangkan ketika faktor internal, maka dapat membantunya dengan motivasi. Lebih detail, berikut beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah penurunan performa. Termasuk dengan memberi apresiasi, konsultasi, hingga meningkatkan fasilitas.

7 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Menurun Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya Dahulu

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu kunci dalam suksesnya perusahaan. Ketika seorang karyawan yang semula punya performa baik tiba-tiba menurun, maka perlu dipertanyakan dan mencari langkah efektif untuk mengatasinya.

  1. Cari Penyebabnya, Karena Faktor Internal atau Eksternal

Sudah pasti ada penyebab ketika kinerja seseorang menurun dengan tiba-tiba. Baik faktor internal maupun eksternal perusahaan, sebaiknya Anda memulai dari penyebabnya dahulu. Produktivitas karyawan juga tidak semakin menurun.

Faktor internal yang mungkin terjadi ada beberapa, paling umum adalah pertengkaran antar karyawan. Faktor internal lainnya bisa karena kurangnya pendapatan, fasilitas kurang memadai, hingga kurang apresiasi dari perusahaan.

Cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun berikutnya adalah cari kemungkinan faktor eksternal. Tidak perlu menggali terlalu dalam, mungkin penyebabnya adalah permasalahan keluarga hingga minimnya motivasi bekerja.

  1. Beri Motivasi dan Pujian yang Sesuai

Faktor internal maupun eksternal, memberikan motivasi cukup efektif untuk mengatasi permasalahan kinerja. Berikan semangat yang dapat menambah kepercayaan diri dan lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun juga dapat dengan memberikan pujian dengan tepat. Tidak perlu berlebihan, pujian dapat membuat seseorang merasa senang dan puas, sehingga mampu meningkatkan kinerjanya.

Baca juga: Cara mengatasi karyawan yang sulit diatur?

  1. Beri Apresiasi

Permasalahan materi juga menjadi banyak faktor penyebab turunnya performa staff. Belum lagi rutinitas menerus, tanpa peluang memperoleh kenaikan gaji, memunculkan kebosanan maupun turun motivasi menyelesaikan pekerjaan.

Apresiasi ini dapat berupa bonus maupun kenaikan gaji dengan persyaratan tertentu. Misal dengan mencapai target atau menyelesaikan proyek dengan baik, maka bonus sebagai bentuk apresiasi akan diberikan.

  1. Lakukan Konsultasi

Penurunan motivasi merupakan hal biasa dalam diri seseorang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penurunan motivasi dapat diakibatkan masalah internal maupun eksternal perusahaan. Perusahaan dapat memfasilitasi pekerjanya dengan konsultasi.

Fasilitas ini dapat dilakukan antar bawahan dan atasan, maupun lebih lanjut dengan psikolog profesional. Cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun dengan konsultasi ini penting juga untuk meminimalisir banyaknya karyawan resign.

Baca juga: Cara menangani karyawan yang bermasalah?

  1. Adakan Gathering

Mengadakan program yang dapat meningkatkan komunikasi maupun kekompakkan antar karyawan penting dilakukan. Begitu juga untuk menumbuhkan hubungan baik antara atasan dan bawahan dalam satu perusahaan.

Salah satu program tersebut adalah gathering dengan berbagai kegiatan mengasyikkan di dalamnya. Selain membangun hubungan baik, program tersebut juga menjadi hiburan bagi karyawan yang jenuh dengan rutinitas bekerja harian.

Cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun ini bisa dijadwalkan dengan rutin. Tidak hanya gathering, acara lain seperti panggung hiburan, travelling, bahkan yang sederhana seperti makan bersama juga bisa dilakukan.

  1. Tingkatkan Fasilitas

Komputer kerap bermasalah, jaringan internet lama, printer jauh dan harus antre, bisa memengaruhi produktivitas pekerja. Menjadikan pekerjaan lama diselesaikan, berpengaruh ke lamanya pencapaian target maupun tugas lain.

Bukan hanya berpengaruh ke waktu penyelesaian, bahkan bisa memperburuk suasana hati karyawan apabila fasilitas tidak memadai. Maka mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki atau meningkatkan fasilitas.

Tidak hanya berhubungan dengan printer, bahkan meja kerja, ruangan, atau hal sederhana seperti toilet patut dipertimbangkan. Memperbaiki berbagai fasilitas tentunya merupakan cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun secara efektif.

Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah penurunan kinerja masalah dapat dilakukan dengan mengetahui penyebabnya dahulu. Yaitu dengan melakukan konsultasi atau berbicara empat mata dengan yang bersangkutan.

Setelah mengetahui penyebabnya, baik masalah internal maupun eksternal perusahaan, baru dicari solusinya. Apabila masalah eksternal, maka Anda dapat memberikan konsultasi lanjutan serta memberikan motivasi membangun.

Apabila internal, langkah seperti memberi bonus, apresiasi, meningkatkan fasilitas dapat dilakukan. Selain itu mengadakan gathering untuk meningkatkan hubungan antar karyawan maupun atasan adalah cara meningkatkan kinerja karyawan yang menurun lainnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!