10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

woman with face mask looking at a laptop

5 Tips Melamar Kerja Via Email Agar Direspon Oleh HRD

Tips melamar kerja via email merupakan salah satu tips yang banyak dicari oleh para pelamar kerja. Hal ini tentu saja berkaitan dengan melamar pekerjaan yang menggunakan email.

Pada sekarang ini, penggunaan email sudah menjadi salah satu media komunikasi yang banyak digunakan. Tidak hanya digunakan untuk mengirim sebuah dokumen, tetapi juga digunakan untuk melamar pekerjaan. 

Seiring dengan berkembangnya sosial media, penggunaan email juga semakin berkurang. Biasanya surat elektronik tersebut memiliki sifat formal. Sehingga, sering digunakan untuk bisnis serta kepentingan formal lainnya. 

Tips Melamar Kerja Via Email yang Perlu Dipersiapkan

Pada dasarnya, melamar kerja lewat email hampir sama dengan melamar kerja tanpa menggunakan surat elektronik. Hanya saja, dalam penyerahan dokumen yang dibutuhkan tidak lagi dalam bentuk fisiknya, melainkan dalam bentuk digital.

Anda tidak perlu repot lagi harus mempersiapkan kertas untuk diprint serta harus mengirimnya ke alamat perusahan. Sehingga, akan lebih mudah. 

Biasanya perusahaan yang menerbitkan lowongan pekerjaan, akan memberikan alamat surat elektronik agar pelamar bisa mengirimkan semua persyaratan serta dokumen. Dengan begini, semua dokumen bisa cepat dikirim. 

1. Perisiapan Semua Dokumen Data Diri

Langkah pertama tips melamar kerja via email adalah, mempersiapkan semua dokumen data diri secara lengkap. Biasanya dokumen tersebut terdiri dari, pas foto, scan KTP, scan SIM, serta dokumen lainnya. 

Dengan mempersiapkan semua dokumen tersebut, akan lebih mudah serta cepat ketika dokumen-dokumen ini dibutuhkan. Sehingga, Anda tidak perlu repot lagi harus mempersiapkannya. 

2. Membuat Curriculum Vitae (CV)

Tips melamar kerja via email kedua adalah, membuat CV. Setiap perusahaan yang ingin merekrut karyawan, tentunya membutuhkan sebuah CV dari pelamar. CV dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan, serta penilaian dari pelamar. 

Selain itu dengan adanya CV, para pelamar bisa memberitahukan kepada perusahaan mengenai kemampuannya. Biasanya isi dari CV seputar riwayat hidup serta riwayat pendidikan. 

Pada saat melamar pekerjaan lewat email, pelamar harus memastikan sudah menyertakan CV. Sehingga, bisa diterima bekerja di perusahaan yang diimpikan. 

3. Menggunakan Bahasa Formal

Penggunaan bahasa formal dan baku, juga menjadi salah satu tips melamar kerja via email. Meski menggunakan media surat elektronik, para pelamar juga harus menuliskan isi email dengan bahasa baku serta formal. 

Hal ini tentu saja berkaitan dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika Anda melamar kerja lewat media satu ini dengan bahasa asing, maka Anda juga perlu memperhatikan kaidah penulisannya. 

Tidak hanya penulisannya saja, tetapi penggunaan serta penempatan tanda baca juga perlu diperhatikan. Sehingga, pelamar mendapatkan nilai tambah dan juga lamaran kerjanya bisa diproses lebih lanjut. 

4. Menulis Subject Email dengan Benar

Tips melamar kerja via email berikutnya adalah, menulis subject email dengan jelas dan benar. Biasanya perusahaan yang menerbitkan lowongan pekerjaan akan memberikan subject email yang digunakan untuk melamar pekerjaan. 

Subject email tersebut, tentunya berkaitan dengan posisi yang ingin dilamar. Jika pelamar salah dalam menuliskan subject email, maka tidak akan diproses lebih lanjut. Terlepas memiliki kemampuan yang lebih pada bidang yang dilamar. 

HRD yang menerima surat elektronik, biasanya akan melihat subject email tersebut sudah sesuai dengan posisi yang dilamar atau tidak. Sehingga, pelamar kerja harus lebih memperhatikan hal-hal tersebut. 

5. Waktu Pengiriman Email

Setiap perusahaan memiliki waktu kerja yang sudah ditentukan. Untuk mengirimkan lamaran kerja lewat surat elektronik, sebaiknya dilakukan pada hari serta jam kerja. 

Tidak disarankan untuk mengirimkan lamaran pekerjaan diluar waktu kerja. Hal ini bisa membuat lamaran Anda tidak akan terbaca. Sehingga, tindaklanjutnya juga tidak akan ada. 

Maka dari itu, tips melamar kerja via email ini sangat perlu diperhatikan. Agar lamaran yang dikirimkan bisa terbaca serta langsung mendapat respon dari perusahaan. 

Surat elektronik yang memiliki sifat formal ini, tentunya menjadi media yang baik dalam hal melamar sebuah pekerjaan. Selain itu, menggunakan media tersebut juga sangat memudahkan bagi pelamar kerja serta perusahaan yang menerbitkan lowongan kerja. Dengan semua informasi tersebut, tentunya bisa membantu pelamar kerja untuk mengirim lamaran kerja melalaui email. Informasi mengenai tips melamar kerja via email, menjadi salah satu cara yang banyak dicari oleh pelamar kerja.

Bagikan Artikel: