10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

person in white long sleeve shirt holding a clipboard with resume

Tips Melamar Kerja Bagi Pemula Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

Saat melamar sebuah pekerjaan banyak orang berpikir yang penting masuk dulu, alasan ini dikarenakan banyak orang tidak tahu mengenai tips melamar kerja bagi pemula yang baik.

Ditambah lagi masa pendemi yang membuat lowongan pekerjaan menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Tetapi pemikiran saat melamar pekerjaan tanpa pilih-pilih dulu adalah hal yang salah sering dilakukan oleh pemula.

Tips untuk melamar kerja bagi pemula adalah jangan lakukan kesalahan tersebut, hindari untuk melamar pekerjaan asal-asalan. Jika nanti diterima Anda bisa saja tidak menikmati lingkungan dan pekerjaan yang dijalani.

Tips Melamar Kerja bagi Pemula Pasti Diterima

Bagi pemula baik mahasiswa atau fresh graduate saat melamar pekerjaan biasanya belum memiliki pengalaman apapun sehingga masih cenderung awam.

Untuk bantu Anda berikut ini tips melamar kerja bagi para pemula yang pasti membuat dokumen Anda diterima.

  1. Perjelas keinginan

Tips melamar kerja bagi pemula yang pertama adalah memperjelas keinginan akan mengenai pekerjaan yang diinginkan. Dengan mengetahui jenis pekerjaan apa yang ingin dicari dan beberapa faktor lainnya seperti gaji, lokasi pekerjaan dan faktor lainnya.

Dengan memperjelas keinginan Anda bisa memilah-milah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan. Lebih baik untuk tidak asal-asalan ada saat melamar pekerjaan untuk menghindari penyesalan saat nanti mulai bekerja di bidang tersebut.

  1. Melakukan riset mengenai perusahaan yang akan dituju

Melakukan riset untuk mengetahui informasi dasar mengenai perusahaan yang Anda tuju adalah hal penting lainnya yang harus dilakukan. Tips melamar kerja bagi pemula ini berguna untuk lebih mengenali lingkungan pekerjaan dan suasana kantornya.

  1. Menyesuaikan resume dengan perusahaan yang diincar

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, setelah Anda mencari informasi mengenai perusahaan yang diincar. Anda juga bisa mengetahui informasi apa saja yang diperlukan oleh setiap lowongan pekerjaan.

Buatlah resume sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. seperti mencantumkan sesuatu yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Penyiapan resume sangat penting karena ini bisa menjadi salah satu penentu.

  1. Lakukan simulasi wawancara

Agar tidak kaget pada saat dokumen Anda diterima dan boleh masuk ke tahap selanjutnya. Tips melamar kerja bagi pemula ini akan membantu Anda lebih mengelola emosi saat melakukan wawancara.

Hindari Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melamar Kerja

Sebagai pemula sudah tidak aneh jika Anda melakukan beberapa kesalahan saat melamar. Untuk menghindari hal tersebut ketahui berikut ini adalah kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula.

  1. Jangan sampai salah tulis perusahaan

Menulis perusahaan paling terpenting adalah tidak salah menyebutkan perusahaan yang dituju. Terutama bagi Anda yang akan mengirimkan berkas lamarannya melalui pos.

Jadi untuk menghindari hal semacam ini terjadi lagi lebih baik untuk mengeceknya secara berulang dan pastikan semuanya sudah tercetak dengan benar.

  1. Harus mengerti dengan job desk

Saat melamar pekerjaan, pemula biasanya akan asal memasukkan ijazahnya melalui platform online. Setelah berhasil memasuki tahap interview atau wawancara Anda akan merasa kesulitan untuk memahami job desk pada pekerjaan yang Anda lamar.

Banyak orang yang akhirnya gagal pada tahap interview karena tidak mengenali pekerjaan dan job desk apa saja yang dilakukan pamitan. Walaupun Anda memiliki potensi yang baik, sangat percuma jika lowongan pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan Anda sendiri.

  1. Jangan buat CV terlalu panjang

CV adalah informasi dasar tentang Anda yang akan meninggalkan kesan pertama bagi para pelamar pekerjaan. jangan mencantumkan beberapa informasi yang sudah tidak relevan seperti mencantumkan organisasi secara lengkap.

Yang perlu dituliskan hanya pengalaman dan kemampuan yang pantas dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  1. Tidak datang telat

Saat Anda dipanggil untuk melakukan wawancara salah satu kunci untuk mendapatkan kesan baik adalah tidak telat. Tapi jika memang Anda harus datang telat karena alasan yang tidak dapat dihindari bisa langsung mengirim pesan terhadap perusahaan tersebut.

Jika alasannya masuk akal dan dapat diterima, Anda bisa mendapatkan kesempatan dan perusahaan akan mengatur ulang jadwal wawancara waktu. Pemberian pesan pada perusahaan ini juga menghindari anggapan Anda mangkir dari tahap interview ini.

Yang terpenting saat melamar pekerjaan adalah Anda sudah menyiapkan mental dan kepercayaan diri yang baik. Tips melamar kerja bagi pemula diatas hanya beberapa hal yang perlu diperhatikan agar buat perusahaan percaya dan akhirnya diterima.

Bagikan Artikel: