cara melamar kerja tanpa pengalaman

Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Pasti Berhasil!

Bagi fresh graduate cara melamar kerja tanpa pengalaman menjadi sebuah hal penting diperhatikan. Pastinya mendapatkan pekerjaan terbaik serta sesuai terhadap keinginan merupakan pilihan terbaik ingin didapatkan.

Maka dari itu, memastikan jika Anda berhasil ketika mencari kerja menjadi sangat penting diperhatikan. Apa lagi, dengan melihat persaingan di dunia kerja saat ini menjadi semakin ketat dengan banyak job seeker.

Ketika ingin mendapatkan pekerjaan pertama Anda, maka tentunya harus dikerjakan maksimal. Apa lagi ketika diri sendiri merasa bingung dengan tidak kunjung mendapatkan panggilan untuk interview kerja.

Hal tersebut sering kali menjadi moment sulit dialami oleh para fresh graduate. Sehingga cara melamar kerja tanpa pengalaman menjadi trik cerdas nantinya bisa digunakan oleh setiap orang.

Karena masih belum memiliki pengalaman di dalam bekerja tersebut mungkin membuat diri menjadi stres. Apa lagi merasa insecure terhadap prestasi dimiliki oleh teman seangkatan yang sudah mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, perlu diperhatikan kembali langkah tepat nantinya harus Anda kerjakan. Hal ini, akan memperkecil risiko dalam mendapatkan pekerjaan impian sesuai terhadap harapan sehingga tidak ada kesulitan terjadi. 

Beberapa Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman Harus Anda Coba

Ketika ingin mendapatkan pekerjaan terbaik sebagai kesempatan pertama Anda dapatkan. Maka pastikan terlebih dahulu telah menggunakan tips yang tepat sehingga lebih mudah ketika ingin bekerja nantinya.

Ketika mencoba mencari pekerjaan yang sesuai serta cocok untuk dapat dikerjakan. Tentunya Anda sendiri juga harus bersabar serta terus berusaha dalam mendapatkan pilihan sesuai terhadap keinginan.

Nantinya ada beberapa tips bisa digunakan oleh para fresh graduate tersebut ketika mencari kerja. Dengan menggunakan cara melamar kerja tanpa pengalaman berikut ini, mencari pekerjaan terasa lebih mudah dikerjakan.

Baca juga: Tips Melamar Kerja Bagi Pemula Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

1. Melamar Pada Pekerjaan yang Sesuai Terhadap Kualifikasi

Ketika melamar dengan masih belum memiliki pengalaman di dalam bekerja. Maka hal penting agar diperhatikan adalah dengan membaca kualifikasi dimiliki atau kriteria dari lamaran secara lebih teliti.

Biasanya pada setiap lowongan pekerjaan sendiri juga memiliki kriteria tersendiri yang harus disesuaikan. Menyesuaikan terhadap kebutuhan akan lebih memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai.

Misalnya saja ketika syarat minimal diterima pada loker tersebut adalah kualifikasi manajemen ataupun psikologi. Maka nantinya pastikan Anda telah memenuhi persyaratan tersebut saat akan mengajukan lamaran.

Minimal cara melamar kerja tanpa pengalaman adalah dengan menyesuaikan kualifikasi terlebih dahulu. Sehingga nantinya, pihak dari rekrutmen juga lebih mudah untuk melakukan screening terhadap aplikasi lamaran maupun CV Anda.

2. Membuat CV Semenarik Mungkin Selama Pengalaman Menempuh Pendidikan

Tips cerdas lainnya yang juga tidak kalah penting adalah dalam proses penyusunan dari CV. Pastikan Anda telah menyusun surat lamaran tersebut dengan sebaik mungkin serta pengalaman dimiliki ketika menempuh pendidikan.

Misalnya saja pengalaman organisasi serta jabatan dimiliki ketika sedang berkuliah tersebut. Kegiatan menarik seperti menjadi salah satu anggota kepanitiaan maupun volunteer sendiri akan sangat menarik dicantumkan.

Baca juga: Cara Membuat Cover Letter untuk Fresh Graduate yang Disukai HRD

3. Menonjolkan Keahlian Anda Pada Satu Bidang

Ketika ingin lebih menarik perhatikan rekrutmen cara melamar kerja tanpa pengalaman adalah dengan menonjolkan diri. Keahlian dimiliki pada satu bidang tertentu misalnya memiliki skill dalam menulis dapat dicantumkan.

Menonjolkan keahlian dimiliki tersebut, bisa menjadi sebuah pertimbangan penting dari pihak perusahaan. Mereka akan lebih mempertimbangan seseorang yang memiliki kemampuan dan skill tertentu.

Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi maupun hasil didapatkan saat bekerja. Perusahaan juga pastinya ingin mendapatkan karyawan terbaik sesuai terhadap harapan mereka saat bekerja nantinya.



4. Mengawali Karir Anda dengan Menjadi Anak Magang

Meskipun mash belum memiliki pengalaman di dalam bekerja tersebut. Maka cara melamar kerja tanpa pengalaman paling terbaik adalah dengan melamar menjadi internship maupun pegawai magang terlebih dahulu.

Biasanya langkah tersebut dapat dikerjakan pada bidang startup, loker BUMN, maupun kantor multinasional. Aktivitas magang ini, bisa menjadi alternatif terbaik dalam menuju jalan mendapatkan karir terbaik.

Ketika nantinya belum sepenuhnya benar – benar masuk ke dalam dunia kerja. Mendapatkan pengalaman dari magang akan sangat baik agar didapatkan bagi setiap peserta ingin mendapatkan pengetahuan.Nantinya karir dimiliki, juga akan semakin baik ketika dipersiapkan dengan maksimal. Sudah tidak perlu lagi kebingungan ketika telah menggunakan cara melamar kerja tanpa pengalaman dalam mendapatkan pekerjaan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!