Cara Membuat Cover Letter untuk Fresh Graduate yang Disukai HRD

Cara membuat cover letter untuk fresh graduate kali ini dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pemberi kerja mengapa Anda adalah kandidat terbaik. Cover letter adalah dokumen yang menyertai resume/CV Anda untuk memperkenalkan diri dan minat pada posisi yang dilamar.

Biasaya surat ini hanya terdiri dari 3 paragraf yang menyoroti keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jadi melalui ini HRD sudah bisa menilai Anda

Bahkan jika perekrut hanya melihatnya, penting untuk mengirim cover letter “penjualan” yang menunjukkan minat dan profesionalisme. Ditulis atau tidaknya cover letter akan mempengaruhi diterima tidaknya Anda untuk wawancara pindah ke tahap seleksi selanjutnya. 

Cara Membuat Cover Letter untuk Fresh Graduate

Kami akan merinci cara menulis cover letter yang terdiri dari bagian, yaitu email penerima dan subjek, pendahuluan, tengah dan penutup. Tentu bagian ini tidak boleh dianggap sepele lagu, karena sudah mengetahui dampaknya

1. Email Penerima dan Subjek 

Cara membuat cover letter untuk fresh graduate pertama yakni pastikan email penerima sudah benar. Untuk perihal, tuliskan tujuan dan posisi yang Anda lamar, Ini akan memudahkan perekrut untuk menemukan email Anda tergantung pada posisi yang dilamar. 

Subjek email membingungkan dan tidak mencantumkan posisi yang dilamar, yang tidak boleh dibaca oleh perekrut atau pengguna. Saat membuka email, sertakan salam yang ditujukan kepada nama pemberi kerja/pengguna, misalnya Dear. Ibu Sukmawati HRD PT Selamat Sentosa.

Sapaan yang dipersonalisasi akan membuat kesan yang lebih positif dan jauh lebih personal, jika Anda tidak tahu nama pemberi kerja/pengguna, tulis saja Bapak/Ibu HRD. Hindari yang Namanya mengirimkan email langsung kebanyak penerima

2. Perkenalan 

Cara membuat cover letter untuk fresh graduate berikutnya perkenalkan nama lengkap dan posisi saat ini, apakah Anda seorang mahasiswa atau baru saja lulus, bidang apa yang dikerjakan dan perusahaan apa saat ini. Jelaskan secara singkat mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut 

Tunjukkan dari mana Anda mendengar lamaran ini Pernyataan singkat yang menjelaskan mengapa cocok atau layak untuk posisi yang Anda lamar Rekrutmen. Di sini, Anda juga bisa memberi gambaran umum tentang skill.

3. Paragraf tengah 

cara membuat cover letter untuk fresh graduate berikut menjelaskan pekerjaan saat ini atau pengalaman terakhir yang relevan. Fokus pada pencapaian dan keterampilan dengan meringkas 1-3 contoh yang paling berdampak, tetapi jangan mengulang hal yang sudah ada di resume

Jelaskan dampak pencapaian Anda dengan metrik yang terukur atau nyata. Pastikan Anda menulis dengan percaya diri tanpa menggunakan “aku” yang egois secara berlebihan. Alasan apa yang membuat Anda unik dan layak. Gunakan contoh spesifik dari pengalaman yang masih relevan. 

 4. Penutupan 

Pada cara membuat cover letter untuk fresh graduate terakhir, nyatakan kembali minat dan antusiasme Anda terhadap pekerjaan yang dilamar untuk berkontribusi pada perusahaan. Mohon tunjukkan dokumen yang Anda lampirkan, hanya CV dan portofolio Anda. 

Tidak perlu melampirkan lamaran kerja, KTP, Ijazah, atau dokumen lain yang tidak penting untuk dibaca oleh pemberi kerja. Pastikan CV / resume dan portofolio Anda merangkum semua keterampilan dan pengalaman Anda. 

Terakhir ucapkan Terima kasih kepada pembaca atas waktu dan pertimbangannya. Lalu akhiri dengan mengatakan bahwa Anda menantikan kesempatan lain untuk membahas posisi tersebut lebih lanjut. 

Kiat Profesional untuk Membuat Cover Letter Anda Terlihat Memukau

Hindari Bahasa yang bertele-tele, karena inti dari cover letter adalah menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi dan keahlian serta pengalaman yang paling dibanggakan (relevan). Tujuan kiat cara membuat cover letter untuk fresh graduate ini agar bisa lebih mudah untuk dinilai

Jangan ulangi apa yang Anda tulis di CV/Resume Anda. Ringkaslah seakurat mungkin untuk membuatnya lebih menarik. Jika memungkinkan, tulis nama HRD atau pengguna yang memposting pekerjaan yang dilamar, Ini untuk membuat email Anda lebih pribadi. 

Hindari detail yang tidak perlu, seperti nilai tes IQ, tes TOEFL, kecuali ini relevan atau diperlukan oleh pekerjaan yang Anda lamar. Hindari penjelasan yang mementingkan diri sendiri yang menunjukkan bagaimana Anda bekerja sebagai sebuah tim dll

Untuk mempermudah HRD dalam meninjau lamaran Anda, pastikan berkas tersebut sudah digabung dalam bentuk PDF. Pastikan file PDF tersebut juga sudah disesuaikan namanya sesuai permintaan atau jika tidak ada, bisa seperti format Nama-Posisi yang dilamar.

Demikianlah tips yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat surat lamaran. Tentunya bagi lulusan baru tanpa pengalaman kerja akan sedikit membuat bingung. Cara membuat cover letter untuk fresh graduate ini bisa Anda jadikan solusi


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.