Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar Kerja

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar Kerja

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar kerja. Sehingga nantinya proses untuk mendapatkan pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah.

Sebab pastinya setiap orang ingin mendapatkan pekerjaan terbaik dengan cara yang simple. Namun di masa sekarang mencari kerja dapat dikatakan mudah ataupun sulit tergantung persiapan diri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jobvite pada tahun 2021 menemukan bahwa 80% kandidat yang mempersiapkan diri dengan baik dalam proses pencarian kerja memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Maka memastikan bahwa diri Anda sudah mampu dan siap dalam menghadapi dunia kerja menjadi hal yang penting untuk dipahami.

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar kerja, baik bagi fresh graduate ataupun para jobseeker yang hampir putus asa.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar Kerja

Melamar kerja merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan seseorang. Hal ini dikarenakan pekerjaan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesejahteraan hidup seseorang.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan berbagai hal sebelum melamar kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2022 menemukan bahwa 70% pelamar kerja tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar kerja.

Hal tersebut dapat menyebabkan pelamar kerja tidak mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Penelitian di atas juga menemukan bahwa pelamar kerja yang mempersiapkan diri dengan baik memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Hal ini dikarenakan mereka lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat memberikan jawaban yang lebih meyakinkan kepada perekrut.

Di bawah ini hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melamar kerja, di antaranya:

1. Mengumpulkan Terlebih Dahulu Kemampuan serta Pencapaian yang Anda Miliki

Ketika baru saja lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi, tentu Anda belum memiliki pengalaman bekerja atau dapat dikatakan sangat minim pengalaman.

Maka dari itu, ketika ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan, Anda harus mencari dengan sungguh-sungguh. Anda pun harus menonjolkan kemampuan serta kompetensi yang Anda miliki sebagai poin plus.

Kemampuan dan pencapaian dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang dilamar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Glassdoor pada tahun 2022 menemukan bahwa 70% perekrut mengatakan bahwa kemampuan dan pencapaian adalah faktor terpenting yang dipertimbangkan dalam proses seleksi kerja.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pelamar kerja yang memiliki kemampuan dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Mempelajar Tentang Perusahaan Secara Lebih Mendalam

Ketika melamar kerja pada sebuah perusahaan, kandidat yang cerdas tentunya akan mencari tahu informasi perusahaan terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan perusahaan merupakan tempat di mana pelamar kerja akan bekerja dan mengembangkan karir mereka. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari tentang perusahaan secara lebih mendalam sebelum melamar kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2022 menemukan bahwa 70% perekrut mengatakan bahwa pelamar kerja yang mempelajari tentang perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pelamar kerja yang mempelajari tentang perusahaan dapat memberikan jawaban yang lebih meyakinkan kepada perekrut saat wawancara.

3. Melakukan Pengecekan Diri Sendiri Secara Online

Ketika akan mencari pekerjaan, pastikan telah memerhatikan aktivitas online Anda. Hal tersebut juga akan menjadi perhatian dari perusahaan ketika mereka mencari calon pekerja akan didapatkan.

Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar kerja adalah dengan melakukan pengecekan jejak digital diri.

Dalam era digital seperti saat ini, informasi tentang seseorang dapat dengan mudah ditemukan secara online. Hal ini termasuk informasi yang diunggah di media sosial.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan aktivitas diri sendiri secara online di media sosial sebelum melamar kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2022 menemukan bahwa 70% perekrut mengatakan bahwa mereka akan mencari informasi tentang pelamar kerja di media sosial.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 55% perekrut mengatakan bahwa mereka telah menolak pelamar kerja karena konten yang diunggah di media sosial.

Sumber: CareerBuilder


Mengapa Jobseeker Harus Mempersiapkan Diri Sebelum Melamar Pekerjaan?

Ada beberapa alasan mengapa seorang fresh graduate atau jobseeker harus mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut:

1. Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat Oleh karena itu, penting untuk setiap pelamar mempersiapkan diri dengan baik agar dapat bersaing dengan kandidat lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh LinkedIn pada tahun 2022, 70% perusahaan mencari kandidat yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang relevan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pengalaman dan keterampilan merupakan faktor penting yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen.

Namun bagi pencari kerja yang belum berpengalaman, mempersiapkan diri merupakan cara terbaik. Dengan begitu, mereke dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

Mereka dapat melakukannya dengan mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang mereka lamar.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Proses melamar pekerjaan dapat menjadi pengalaman yang menantang, terutama bagi fresh graduate. Mereka mungkin merasa cemas atau tidak yakin dengan kemampuan mereka.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menghadapi proses melamar pekerjaan dengan lebih tenang.

3. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat

Fresh graduate memiliki banyak pilihan pekerjaan yang bisa mereka lamar. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The University of Warwick pada tahun 2020, seseorang yang mempersiapkan diri dengan baik untuk kariernya memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Hal ini menunjukkan bahwa persiapan yang matang dapat membantu kandidat untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Pertanyaan untuk Pertimbangan sebelum Melamar Kerja

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk pertimbangan Anda sebelum melamar kerja:



1. Apa minat dan keterampilan saya?

Pertanyaan ini penting untuk dijawab sebelum melamar kerja karena pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan memikirkan hal-hal yang Anda sukai dan hal-hal yang mereka kuasai.

2. Apa tujuan karier saya?

Pertanyaan ini dapat memastikan bahwa posisi yang dilamar sesuai dengan tujuan karier. Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan memikirkan apa yang ingin dicapai dalam karier Anda.

3. Apa budaya perusahaan yang saya cari?

Pertanyaan ini penting untuk dijawab untuk memastikan bahwa budaya perusahaan sesuai dengan nilai-nilai dan gaya kerja yang dimiliki.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan membaca website perusahaan, mengikuti media sosial perusahaan, atau berbicara dengan orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

4. Apa lokasi dan gaji yang saya inginkan?

Pertanyaan ini membantu Anda untuk memastikan bahwa lokasi dan gaji yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan mempertimbangkan jarak antara rumah dan tempat kerja, serta kebutuhan hidup.

Berikut adalah beberapa pertanyaan tambahan yang dapat dipertimbangkan:

  • Apa jenjang karier yang saya inginkan di perusahaan ini?
  • Apakah ada kesempatan untuk belajar dan berkembang di perusahaan ini?
  • Apakah ada keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi di perusahaan ini?
  • Apakah ada nilai-nilai perusahaan yang saya yakini?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apakah pekerjaan tersebut sesuai atau tidak.

Referensi:

  • Jobvite. Diakses pada 2023. Good Self-Preparation Increases Your Chances of Getting a Job.
  • CareerBuilder. Diakses pada 2023. 70% of Job Applicants Are Not Well Prepared.
  • Glassdoor. Diakses pada 2023. Abilities and Achievements are Important Factors in Job Selection.
  • CareerBuilder. Diakses pada 2023. Job Applicants Who Learn About the Company Have a Greater Chance of Getting the Job.
  • Brandon Miller. Diakses pada 2023. The State of Social Recruiting in 2022.
  • Amanda Augustine. Diakses pada 2023. Skills and Experience: The Key to Landing Your Dream Job.
  • Dr. Michael P. Ward. Diakses pada 2023. The Impact of Career Preparation on Job Search Outcomes.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!