Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

contoh pertanyaan interview HRD

Ini Contoh Pertanyaan Interview HRD bagi Calon Pekerja

Contoh pertanyaan interview HRD biasanya menjadi salah satu pembelajaran bagi para pelamar kerja. Salah satu proses recruitment untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan adalah melakukan wawancara dengan pihak HRD atau Human Resource development.

Secara umum, pihak HRD ini di beberapa perusahaan memiliki pertanyaan yang hampir sama ketika sedang mengadakan wawancara kerja. 

Kebanyakan mereka akan mempertanyakan berbagai macam informasi terkait Informasi pribadi maupun pengalaman kerja yang dimiliki oleh calon karyawan. 

Contoh Pertanyaan Interview HRD yang Umum

Ada beberapa pertanyaan interview yang akan dilakukan oleh pelamar kerja dan sudah sangat umum digunakan, seperti berikut:

1. Menjelaskan Tentang Diri Sendiri

Pertama contoh pertanyaan interview HRD yang sangat umum dan sering didapatkan oleh pelamar kerja ketika sedang interview HRD adalah menceritakan tentang diri sendiri. 

Pertanyaan ini selalu dikeluarkan dan bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk menjelaskan kepada para pewawancara, Siapa Anda sebenarnya dan Kenapa Anda sangat cocok untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. 

Anda bisa mencoba untuk menceritakan tentang latar belakang pendidikan bagaimana pengalaman pekerjaan sebelumnya, atau berbagai macam kemampuan yang sesuai dengan posisi pekerjaan tersebut. 

Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi sebab hal tersebut terlalu berlebihan dan tidak dibutuhkan. 

2. Jelaskan Hobi Anda

Pertanyaan yang paling umum ketika Anda sedang melakukan interview HRD adalah menjelaskan tentang hobi. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang memiliki banyak hobi, namun tidak perlu disebutkan semuanya, jadi cobalah untuk menyebutkan beberapa yang memiliki kaitan dengan soft skill tertentu dan mampu mendukung pekerjaan tersebut.

3. Dari Informasi Lowongan Kerja Didapat?

Contoh pertanyaan interview HRD selanjutnya dan paling umum adalah dari mana Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Apabila pihak HRD menanyakan pertanyaan ini hal tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara Anda membangun koneksi mencari informasi atau melihat ketertarikan terhadap perusahaan.

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini pastikan Anda menjawab dengan jujur. Apabila mendapatkan info lowongan dari teman di perusahaan tersebut, Anda bisa menjadi menjadikan jawaban tersebut sebagai cara untuk memperlihatkan kemampuan membangun jaringan. 

Baca juga: Ini Dia Kata Kata yang Mesti Dihindari Saat Interview

4. Apa Kelebihan yang Dimiliki?

Pertanyaan selanjutnya yang bisa Anda pelajari adalah menceritakan tentang kelebihan. Contoh pertanyaan interview HRD yang satu ini bisa membantu Anda untuk menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki dan mungkin bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan yang satu ini sebab banyak sekali perusahaan yang menggunakan pertanyaan ini ketika melakukan interview. Hal ini dikarenakan HRD ingin mengetahui apakah ada kelebihan atau kompetisi yang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar.

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik cobalah untuk mencari tahu kemampuan yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan tersebut. Setelah itu Anda bisa mencocokkan dengan kelebihan yang dimiliki. 

Ceritakan contoh penerapan kelebihan tersebut pada pekerjaan dengan berbagai macam pengalaman yang telah Anda miliki. 

5. Apa yang Diketahui Tentang Posisi Pekerjaan?

Contoh pertanyaan interview HRD selanjutnya ketika Anda sedang melamar pekerjaan dari pihak HRD adalah memahami tentang posisi pekerjaan tersebut. Anda harus mengetahui deskripsi pekerjaan tugas utama dari pekerjaan tersebut dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengatasi pekerjaan tersebut. 

Pihak HRD tentu ingin mengetahui sejauh mana Anda benar-benar paham dan memastikan bahwa tidak ada ada kesalahan pemahaman dengan posisi yang sedang dilamar. 

Jadi pastikan saja Anda sudah memahami dan mempelajari tentang posisi tersebut bisa dengan cara bertanya pada teman yang sudah lama bekerja dengan posisi tersebut.

Namun apabila Anda sudah memiliki pengalaman dalam pekerjaan sebelumnya, tentu jauh lebih mudah untuk menceritakan, bagaimana pengalaman pekerjaan dan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan di posisi tertentu. 

Ada berbagai macam pertanyaan yang mungkin diberikan oleh pihak HRD kepada pelamar pekerjaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui mana pelamar pekerjaan yang benar-benar cocok dengan posisi kerja. Apabila ingin lolos interview, cobalah untuk mempelajari dan memahami berbagai macam contoh pertanyaan interview HRD dengan baik.

Bagikan Artikel:

About The Author