contoh pertanyaan interview HRD

30 Contoh Pertanyaan Interview HRD bagi Calon Pekerja

Contoh pertanyaan interview HRD biasanya menjadi salah satu pembelajaran bagi para pelamar kerja. Salah satu proses recruitment untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan adalah melakukan wawancara dengan pihak HRD . Secara umum, pihak HRD ini di beberapa perusahaan memiliki pertanyaan yang hampir sama ketika sedang mengadakan wawancara kerja. Berikut ini contoh pertanyaan interview HRD, yuk simak!!!!

Apa Itu Interview HRD?

Menurut Indeed, interview HRD adalah tahapan rekrutmen dimana memberikan kesempatan bagi perekrut untuk mengenal sikap, tingkat kemampuan beradaptasi, kejujuran, tujuan profesional dan tingkat komitmen seseorang.

Pada interview HRD merupakan tahap dalam proses seleksi atau penerimaan karyawan di mana calon karyawan bertemu dengan seorang atau sejumlah staf dari Departemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Department/HRD) perusahaan. Interview HRD menjadi langkah penting dalam proses penerimaan karyawan dan dapat memberikan wawasan berharga kepada kedua belah pihak,

Baca juga: Ini Dia Kata Kata yang Mesti Dihindari Saat Interview

Pertanyaan Interview HRD

1. Menjelaskan Tentang Diri Sendiri

Pertama contoh pertanyaan interview HRD yang sangat umum dan sering didapatkan oleh pelamar kerja ketika sedang interview HRD adalah menceritakan tentang diri sendiri.  Pertanyaan ini selalu dikeluarkan dan bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk menjelaskan kepada para pewawancara, Siapa Anda sebenarnya dan Kenapa Anda sangat cocok untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. 

Anda bisa mencoba untuk menceritakan tentang latar belakang pendidikan bagaimana pengalaman pekerjaan sebelumnya, atau berbagai macam kemampuan yang sesuai dengan posisi pekerjaan tersebut.  Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi sebab hal tersebut terlalu berlebihan dan tidak dibutuhkan. 

2. Jelaskan Hobi Anda

Pertanyaan yang paling umum ketika Anda sedang melakukan interview HRD adalah menjelaskan tentang hobi. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang memiliki banyak hobi, namun tidak perlu disebutkan semuanya, jadi cobalah untuk menyebutkan beberapa yang memiliki kaitan dengan soft skill tertentu dan mampu mendukung pekerjaan tersebut.



3. Dari Informasi Lowongan Kerja Didapat

Contoh pertanyaan interview HRD selanjutnya adalah dari mana Anda mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.  Apabila pihak HRD menanyakan pertanyaan ini hal tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara Anda membangun koneksi mencari informasi atau melihat ketertarikan terhadap perusahaan.

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini pastikan Anda menjawab dengan jujur. Apabila mendapatkan info lowongan dari teman di perusahaan tersebut, Anda bisa menjadi menjadikan jawaban tersebut sebagai cara untuk memperlihatkan kemampuan membangun jaringan.

4. Apa Kelebihan yang Dimiliki

Pertanyaan selanjutnya yang bisa Anda pelajari adalah menceritakan tentang kelebihan. Contoh pertanyaan interview HRD yang satu ini bisa membantu Anda untuk menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki dan mungkin bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan yang satu ini sebab banyak sekali perusahaan yang menggunakan pertanyaan ini ketika melakukan interview. Hal ini dikarenakan HRD ingin mengetahui apakah ada kelebihan atau kompetisi yang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar.

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik cobalah untuk mencari tahu kemampuan yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan tersebut. Setelah itu Anda bisa mencocokkan dengan kelebihan yang dimiliki.  Ceritakan contoh penerapan kelebihan tersebut pada pekerjaan dengan berbagai macam pengalaman yang telah Anda miliki. 

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Apa yang Diketahui Tentang Posisi Pekerjaan

Contoh pertanyaan interview HRD selanjutnya ketika Anda sedang melamar pekerjaan dari pihak HRD adalah memahami tentang posisi pekerjaan tersebut. Anda harus mengetahui deskripsi pekerjaan tugas utama dari pekerjaan tersebut dan skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengatasi pekerjaan tersebut. 

Pihak HRD tentu ingin mengetahui sejauh mana Anda benar-benar paham dan memastikan bahwa tidak ada ada kesalahan pemahaman dengan posisi yang sedang dilamar.  Jadi pastikan saja Anda sudah memahami dan mempelajari tentang posisi tersebut bisa dengan cara bertanya pada teman yang sudah lama bekerja dengan posisi tersebut.

6. Kenapa Anda Tertarik Melamar di Perusahaan Ini

Pertanyaan ini mengukur pengetahuan calon tentang perusahaan dan sejauh mana mereka telah melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut. Ini adalah peluang untuk calon menunjukkan bahwa mereka memiliki minat yang kuat untuk bergabung dengan perusahaan karena alasan tertentu, seperti budaya perusahaan, nilai-nilai, produk atau layanan, atau reputasi perusahaan.

7. Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan

Pertanyaan ini mengajak calon untuk menjelaskan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Ini adalah kesempatan untuk calon menyoroti keahlian, pengalaman, dan kualifikasi yang mereka miliki yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya.



8. Apa Rencana Anda untuk 5 Tahun ke Depan

Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami tujuan karier jangka panjang calon. HRD ingin tahu apakah calon memiliki visi dan rencana yang sejalan dengan perkembangan perusahaan. Ini juga dapat membantu dalam menilai apakah calon akan tetap berkomitmen dalam jangka waktu yang cukup lama.

9.  Kenapa Anda Berhenti Bekerja di Perusahaan Sebelumnya

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang biasanya diajukan untuk mengevaluasi sejarah pekerjaan calon. Calon diminta untuk memberikan alasan mereka untuk meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Jawaban ini dapat memberikan wawasan tentang motivasi, kemampuan beradaptasi, dan pemahaman calon terhadap lingkungan kerja.

10. Berapa Gaji yang Anda Inginkan

Pertanyaan ini menyoroti ekspektasi calon terkait kompensasi. Ini adalah peluang bagi calon untuk menyatakan gaji yang mereka harapkan, tetapi seringkali HRD juga ingin menilai apakah harapan gaji calon sejalan dengan anggaran perusahaan. Sebaiknya calon siap dengan angka yang rasional berdasarkan riset gaji di industri tersebut.

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Lolos Interview HRD, Dijamin Dapat Kerja

Contoh Pertanyaan Interview HRD

  1. Ceritakan sedikit tentang diri Anda.
  2. Mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?
  3. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
  4. Bagaimana Anda mendefinisikan budaya kerja yang baik?
  5. Apa yang Anda pikirkan tentang nilai-nilai inti perusahaan kami?
  6. Bagaimana Anda biasanya menghadapi tekanan atau tantangan di tempat kerja?
  7. Apa pengalaman dan kualifikasi Anda yang relevan untuk posisi ini?
  8. Bisa jelaskan proyek terbesar yang pernah Anda kerjakan?
  9. Bagaimana Anda mengukur kesuksesan dalam pekerjaan Anda?
  10. Apa keterampilan teknis yang Anda miliki yang relevan dengan posisi ini?
  11. Bagaimana Anda menangani situasi konflik di tempat kerja?
  12. Ceritakan tentang waktu Anda bekerja dalam tim. Apa peran Anda dalam tim tersebut?
  13. Bagaimana Anda mengatur prioritas ketika memiliki banyak tugas yang mendesak?
  14. Bagaimana Anda menjaga diri Anda tetap termotivasi dan produktif?
  15. Apa rencana jangka panjang Anda dalam karier?
  16. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam memimpin tim atau proyek?
  17. Bagaimana Anda memotivasi anggota tim Anda?
  18. Bagaimana Anda mengelola konflik antara anggota tim?
  19. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan tim Anda?
  20. Bagaimana Anda mengelola waktu dan sumber daya untuk mencapai tujuan proyek?
  21. Mengapa Anda ingin meninggalkan perusahaan saat ini?
  22. Apa yang Anda pelajari dari pengalaman Anda di perusahaan sebelumnya?
  23. Apa yang Anda sukai dan tidak sukai dari perusahaan sebelumnya?
  24. Bagaimana Anda melihat tren terbaru dalam industri ini?
  25. Apa yang menurut Anda adalah tantangan utama yang dihadapi industri ini?
  26. Berapa gaji yang Anda harapkan untuk posisi ini?
  27. Apakah Anda memiliki harapan tambahan mengenai paket kompensasi?
  28. Di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun ke depan?
  29. Apa tujuan karier Anda dalam jangka panjang?
  30. Apa yang mendorong Anda untuk melamar posisi ini?

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!