10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

manfaat medical checkup untuk karyawan

Manfaat Medical Checkup untuk Karyawan, Jangan Sepelekan

Terlihat cukup sepele tetapi ternyata terdapat banyak manfaat medical checkup untuk karyawan yang perlu diketahui. Seperti sudah diketahui bahwa dari waktu ke waktu, semakin banyak perusahaan skala besar atau kecil menerapkan medical checkup secara rutin ini. 

Kesehatan dalam bekerja memang menjadi salah satu asset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Sebab dengan kesehatan yang dimiliki oleh para karyawannya itulah, maka secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas sekaligus angka jual dari pihak perusahaan. 

Ini Dia Manfaat Medical Checkup untuk Karyawan Perusahaan 

Sebagian besar dari perusahaan memang masih belum menerapkan tes kesehatan bagi calon karyawannya di dalam kegiatan rekrutmen kerja. Padahal kalau dilihat lebih dalam lagi, sebenarnya terdapat segudang manfaat medical checkup untuk karyawan yang bisa didapatkan. 

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan tes kesehatan untuk karyawan: 

1. Membantu Meningkatkan Produktivitas 

Untuk mencapai kesehatan optimal itulah maka dibutuhkan deeksi dan pencegahan penyakit secara menyeluruh sekaligus komprehensif. Salah satunya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

Sebab ada banyak manfaat medical checkup untuk karyawan dibawah ini. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu penentu dari produktivitas perusahaan adalah pegawai sehat dan prima bukan? Oleh karena itulah dengan melakukan pemeriksaan inilah maka secara tidak langsung akan membantu meningkatkan produktivitas. 

Selain itu, pihak perusahaan juga bisa memastikan bahwa seorang karyawan sedang tidak mengidap jenis penyakit apapun di mana mampu menganggu mereka ketika sedang bekerja. Ataupun dapat menularkannya kepada karyawan lainnya. 

2. Bisa Menghemat Biaya Kesehatan Karyawan

Adapun manfaat medical checkup untuk karyawan lainnya adalah membantu untuk menghemat biaya kesehatan untuk pegawai Memang sebagian besar dari Anda berpikir bahwa kegiatan ini akan menguras banyak biaya. 

Tetapi sebenarnya tidak untuk jangka panjang terhadap kesehatan tenaga kerja karena mampu menghemat pengeluaran Anda. Oleh sebab itulah agar dapat meminimalisir risiko penyakit lebih parah, maka pemeriksaan secara rutin wajib dilakukan dengan baik.

3. Membantu Mengetahui Penyakit Lebih Dini 

Selain itu, medical checkup yang dilakukan dengan rutin ternyata juga akan membantu untuk mengetahui penyakit lebih dini. Terlebih lagi biasanya pemeriksaan akan dilakukan secara lengkap mulai dari kepala hingga kaki. 

Dengan adanya prosedur pemeriksaan lengkap itulah diharapkan mampu melakukan deteksi terhadap penyakit tertentu. Dengan begitu, proses pencegahannya juga akan lebih cepat dibandingkan dengan menunggu dalam jangak waktu lama. 

4. Membuat Karyawan Merasa Nyaman dan Terjamin

Disadari atau tidak, keberadaan dari kegiatan inilah akan membuat seorang karyawan akan merasa nyaman sekaligus terjamin. Terlebih lagi kondisi kesehatan dari karyawan bisa saja berubah karena beberapa faktor termasuk faktor lingkungan. 

Lakukan Ini Sebelum Melakukan Medical Check Up Karyawan

Sudah tahu bukan bahwa terdapat segudang manfaat medical checkup untuk karyawan di mana perlu diperhatikan oleh Anda. Terlebih lagi di era sekarang persaingan yang semakin ketat bukan hanya membutuhkan kehadiran pegawai terampil saja tetapi mereka juga harus mempunyai kondisi prima dan Tangguh. 

Itulah mengapa kehadiran dari medical check up itulah perlu dilakukan secara berkala oleh sebuah perusahaan terhadap para karyawannya. 

Selain itu, ternyata juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum melakukan MCU ini diantaranya adalah sebagai berikut: 

Seperti seorang tenaga kerja disarankan agar melakukan puasa selama 8-12 jam terlebih dahulu. Tetapi hal ini biasanya akan sangat tergantung dengan jenis pemeriksaan di mana dijalankan oleh seorang pekerja nantinya. 

Jangan lupa agar mendapatkan tidur cukup setidaknya 6 jam terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan. Karena ternyata kurang tidur dapat mengakibatkan hasil tes terhadap tekanan darah, detak jantung sekaligus suhu pada tubuh kurang bagus. 

Gunakan baju dengan lengan pendek sehingga akan memberikan kemudahan bagi seorang dokter untuk mengakses lengan di bagian atas. Adapun tujuannya adalah untuk mengambil sample darah dari pihak diperiksa. 

Hal terakhir yang disarankan adalah apabila pernah atau sedang menderita gangguan kesehatan, Anda akan dianjurkan membawa hasil pemeriksaan sebelumnya. Adapun hasil tersebut dapat meliputi tes lab ataupun foto rontgen. 

Kegiatan MCU pada pegawai ini sendiri biasanya memang akan terdiri dari serangkaian prosedur dari pemeriksaan dan akan disesuaikan dengan usia, kelamin, pekerjaan dan kondisi karyawan. Sudah paham bukan manfaat medical checkup untuk karyawan perusahaan sehingga tidak menyepelekan lagi. 

Bagikan Artikel: