10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Lolos Medical Check Up untuk Kerja Mudah Diterapkan

Medical check up untuk kerja merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh pelamar kerja saat akan melakukan tes atau membuat lamaran. Karena medical check up ini berkaitan dengan kesehatan para pekerja tersebut.

Nantinya, lewat hasil medical check up, dapat diketahui apakah calon pekerja tersebut memiliki risiko penyakit tertentu atau tidak. Tentunya setiap perusahaan atau tempat kerja menginginkan karyawan yang sehat secara jasmani dan juga rohani. 

Meski calon pekerja tersebut memiliki portofolio yang bagus, serta sosok yang dibutuhkan perusahaan, tetapi jika hasil medical check up-nya tidak bagus, calon pekerja tersebut tidak akan diterima. Banyak orang gagal karena masalah medical check up tersebut.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempersiapkan medical check up untuk kerja secara maksimal, agar bisa bekerja di tempat impian. Meski Anda tidak pernah mengidap penyakit serius, persiapan tetap penting, agar semakin besar kesempatan untuk lolos melamar kerja. 

Fungsi Medical Check Up Karyawan untuk Perusahaan 

Hampir di setiap perusahaan atau institusi pemerintahan menyertakan medical check up sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Hal ini dibuat bukan sekadar formalitas saja, tetapi memang sangat dibutuhkan perusahaan untuk keberlangsungannya. 

Hasil medical check up ini dapat dijadikan sebagai rujukan atau kriteria penilaian untuk mengetahui apakah calon pekerja tersebut dapat melakukan tanggung jawabnya atau tidak. Jika dinilai memiliki risiko, tentu calon pekerja yang lebih sehat yang akan dipilih. 

Hasil medical check up untuk kerja ini juga dapat dijadikan sebagai antisipasi untuk gangguan kesehatan atau risiko kesehatan yang lebih berbahaya. Karena bisa saja jenis pekerjaan tertentu dapat memperparah risiko penyakit tersebut, jadi lebih baik dicegah sejak dini. 

Tentu medical check up ini juga dibuat untuk membentuk kesadaran dalam setiap karyawan agar mau merawat diri dengan baik dan menjaga kesehatannya. Di beberapa perusahaan medical check up ini bahkan dilakukan secara berkala, untuk memastikan para pekerja tetap sehat, dan dapat bekerja dengan optimal. 

Tips Lolos Saat Medical Check Up untuk Kerja 

Meski tubuh Anda sehat dan bugar, sebelum melakukan medical check up, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan maksimal dan peduli terhadap medical check up akan membuat kemungkinan lolos diterima kerja semakin besar. Untuk itu, beberapa tips berikut bisa Anda terapkan. 

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Rajin Berolahraga

Hal paling penting dilakukan sebelum medical check up tentu mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolah raga. Jika yang Anda konsumsi kebanyakan makanan instan atau fast food, dampaknya akan buruk kepada kesehatan tubuh. Akibatnya risiko penyakit akan muncul nantinya. 

Selain itu olahraga juga sangat penting sebelum medical check up untuk kerja, karena olahraga akan membuat tubuh jadi lebih bugar. Meski hasil medical check up tidak menunjukkan gejala penyakit, tetapi jika Anda tampak lemas atau loyo, perusahaan akan enggan menerimanya. 

  1. Hindari Mengonsumsi Alkohol dan Rokok

Jika Anda perokok serta suka mengonsumsi alkohol, sebaiknya sebelum medical check up, kebiasaan tersebut dihindari. Karena ketika medical check up, Anda dilakukan rontgen dan tes lainnya untuk melihat kondisi paru – paru. Biasanya paru – paru perokok menunjukkan gejala berbagai risiko penyakit.

Usahakan paling tidak dua minggu sebelum medical check up kebiasaan tersebut dihilangkan. Karena banyak juga perusahaan yang tidak mengizinkan karyawannya merokok. Oleh sebab itu, hal – hal yang memperburuk kesehatan sebaiknya dihindari sebelum medical check up. 

  1. Atur Pola Tidur dan Hindari Setres

Tips penting lain sebelum medical check up untuk kerja adalah atur pola tidur dengan baik dan hindari hal – hal yang membuat Anda stres. Memiliki pola tidur yang baik Anda membuat tubuh jadi lebih fit, dan tidak mudah terserang radikal bebas.

Menjaga pikiran tetap optimis dan terhindar dari stress juga sangat penting, karena stres merupakan salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Tentu sebelum melamar pekerjaan, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya menjaga kesehatan tubuh. 

Medical check up sudah menjadi hal umum ketika akan melamar pekerjaan, oleh sebab itu Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Jika sebelum medical check up untuk kerja Anda sudah menjaga pola makan dan istirahat, hasil tesnya pasti lebih baik.

Bagikan Artikel: