Medical representative adalah

Medical Representative Adalah Profesi Kerja dengan Jaminan Masa Depan

Medical representative adalah salah satu jenis posisi penting di bidang industri farmasi. Meski istilah satu ini masih belum banyak diketahui banyak orang, namun perlu diingat jika tugas dan jenjang karir medical representative ini tidak kalah penting seperti dokter, perawat, dan apoteker.

Untuk bisa memperluas pengetahuan kalian mengenai medical representative, maka melalui kesempatan ini akan kita bahas apa saja tugas, jenjang karir, dan bagaimana cara untuk bisa memiliki posisi ini.

Mengenal Apa Itu Medical Representative

Secara umum, medical representative adalah salah satu istilah yang sangat penting untuk diketahui bagi kalian yang ingin bekerja di bidang kesehatan. Meski termasuk ke dalam pekerjaan yang tidak banyak bertemu dengan orang umum, namun posisi ini bisa dibilang sangat penting.

Tugas utama medical representative yaitu berinteraksi secara langsung dengan orang-orang penting yang berada di rumah sakit. Adapun beberapa orang penting yang dimaksud di sini seperti dokter, pemilik rumah sakit, hingga karyawan di bagian kebutuhan rumah sakit.

Lewat interaksi dengan orang-orang penting tersebut, salah satu tujuan dari medical representative adalah untuk mempromosikan produk dari perusahaan farmasi yang dibawanya kepada customer. Meski terdengar sepele, namun tugas dari medical representative ini sangatlah besar. 

Ada banyak tantangan ketika Anda tertarik dengan posisi satu ini. Selain kalian akan diminta untuk memiliki mobilitas yang tinggi, tantangan medical representative yaitu mereka harus mampu meyakinkan dokter agar bisa memilih produk obat yang ditawarkan. 

Dengan mengetahui tantangan tersebut, maka sangat penting bagi medical representative untuk mengetahui berbagai macam istilah medis beserta product knowledge dari obat maupun perlengkapan media yang akan ditawarkan. 

Selain itu, Anda juga harus selalu mengupdate berbagai macam informasi mengenai kompetitor bisnis dan perkembangan dari industri medis itu sendiri. Semua informasi tersebut tentunya bisa kalian dapatkan melalui berbagai sumber di lapangan atau melalui internet.

Baca juga: Apa itu Profesi Teller bank?

Tugas Medical Representative Adalah

Secara sederhana, medical representative memang dapat diartikan sebagai sales pada suatu perusahaan farmasi. Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat disimpulkan jika tugas utama dari medical representative adalah melakukan kegiatan promosi produk kepada customer. 

Setiap bulannya, medical representative akan mendapatkan target jumlah penjualan produk dari perusahaan. Melalui target-target tersebut, maka bisa diketahui jika tugas medical representative adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan kegiatan promosi dan edukasi kepada customer

Untuk bisa mempromosikan produk dan mengedukasi customer, salah satu kemampuan yang harus dimiliki medical representative adalah skill untuk berkomunikasi dengan baik. Seperti diketahui, memberikan edukasi memang kegiatan yang sangat penting agar produk yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh customer.

  1. Kunjungan rutin

Tugas utama yang harus dilakukan medical representative yaitu melakukan kunjungan rutin. Adapun kunjungan rutin ini dapat dilakukan ke klinik maupun dokter. Secara umum, ada tiga asalan mengapa kunjungan rutin perlu untuk dilakukan, yaitu:

  • Costumer membutuhkan penjelasan mengenai produk,
  • Memberikan tagihan pembayaran pada produk yang sudah dibeli costumer,
  • Terdapat produk baru yang ditawarkan.
  1. Menguasai area kerja dengan sangat baik

Seorang medical representative juga dituntut untuk mengetahui area kerja yang ditempatinya dengan baik. Pada area tersebut, Anda harus tahu berapa banyak jumlah klinik, rumah sakit, dan apotik.

  1. Menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan
  2. Membuat laporan

Jenjang Karir Medical Representative Adalah

Jika bicara soal jenjang karir pada posisi medical representative, maka perlu diingat jika posisi satu ini benar-benar memiliki jenjang karir yang sangat baik. Seperti diketahui, industri kesehatan memang tidak akan pernah tergeser dari situasi apapun.

Pada tahun 2021, tercatat jika industri farmasi memiliki pendapatan sampai dengan Rp 95 triliun. Dengan melihat angka tersebut, maka tidak mengherankan jika kalian tertarik dengan bidang kerja ini nantinya kalian akan mendapatkan jaminan masa depan yang sangat baik. 

Pada tahun 2022, dinyatakan secara langsung juga oleh Menteri Perindustrian jika saat ini ada 220 perusahaan farmasi di Indonesia yang membutuhkan medical representative. Oleh sebab itu, jenjang karir yang dimiliki oleh medical representative adalah sebagai berikut.

  1. Medical representative,
  2. Ketua tim,
  3. Manager area,
  4. Manager regional.

Melalui jenjang karir di atas, lantas semakin tertarikkah kalian dengan posisi satu ini? Untuk bisa berhasil, kemampuan yang harus dimiliki seorang medical representative adalah penguasaan berbagai macam hal di bidang kesehatan. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!