Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

teller bank adalah

Apa Itu Teller Bank? Sebuah Profesi Di Lingkungan Kerja Bank Yang Banyak Dicari

Hingga sekarang ini teller bank adalah salah satu profesi yang cukup banyak dicari oleh para pencari kerja di dunia perbankan. Anda pasti akan menjumpai seorang teller untuk membantu urusi masalah keuangan.

Nasabah jika pergi ke bank tentu akan bertemu dengan seorang teller. Pekerjaan ini juga merupakan satu di antara banyaknya posisi di dalam dunia perbankan. Sebelum itu, kenali dulu mengenai posisi ini.

Teller bank merupakan seorang karyawan perbankan dengan tanggung jawab memberikan pelayanan pada nasabah seperti proses transaksi. Contohnya ketika setor atau tarik tunai, menukar mata uang, membayar tagihan, serta memberikan info produk.

Karena pekerjaan ini menjadi orang pertama yang akan bertatap muka langsung dengan nasabah serta masyarakat umum lain. Sehingga Mereka juga harus ramah dan mampu membantu memberikan arahan dengan jelas.

Skill dan Syarat Teller Bank Adalah

Anda pasti sudah tahu, fungsi pekerjaan ini ialah untuk memberikan pelayanan pada nasabah. Sehingga ada beberapa skill yang wajib dipunyai seperti:

  • Kemampuan matematika

Karena mengharuskan Anda menghitung angka tiap hari, maka skill ini diperlukan. Jika Anda senang matematika, maka bisa mempertimbangkan kembali berkarir dalam bidang ini.

  • Pintar berkomunikasi

Apabila Anda lihai membuat orang lain bisa fokus dengan apa yang disampaikan, maka kemungkinan besar pekerjaan ini cocok untuk digeluti.

  • Mengoperasikan komputer

Di era serba digital ini bahkan hampir semua transaksi dijalankan memakai alat elektronik seperti komputer. Apalagi teller harus bisa kerja cepat sebab nasabah yang dilayani jumlahnya banyak.

  • Manajemen krisis

Skill yang harus dimiliki seorang teller bank adalah bisa menghadapi masalah tidak terduga. Seperti ketika menemukan nasabah tidak mau antre atau panik karena mempunyai masalah.

Bahkan ketika ingin menempati posisi ini, seorang pencari kerja harus memenuhi beberapa hal. Syarat paling umum ketika ingin jadi teller bank adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan

Minimal lulusan yang bisa mengisi posisi ini umumnya ialah diploma, tapi masih ada beberapa yang syaratnya ialah SMA. Sebenarnya pekerjaan ini terbuka bagi semua jurusan selama kualifikasinya sesuai kebutuhan bank.

  1. Teliti

Tugas teller bank adalah memberikan pelayanan kepada nasabah dengan jumlah transaksi yang banyak tiap harinya. Nominal angka ketika bertransaksi juga tidak kecil, bahkan bisa miliaran rupiah per hari, jadi Anda harus teliti.

  1. Jujur

Bank harus mampu jaga amanah nasabah karena menitipkan uangnya, baik kecil atau besar. Oleh karena itu kejujuran merupakan karakter penting yang harus dimiliki pegawai perbankan, termasuk untuk posisi frontliner.

  1. Penampilan menarik

Tidak jarang pihak bank menuntut penampilan seorang pegawainya, walaupun ini bukan syarat pasti. Namun teller baiknya punya penampilan menarik, karena pekerjaan ini merupakan cerminan bank untuk nasabahnya.

Baca juga: Apa itu profesi frontliner?

Tugas Serta Tanggung Jawab Teller

Beberapa tugas yang  dipunyai seorang teller harus Anda ketahui. Salah satu tugas dari teller bank adalah melayani semua kegiatan transaksi yang akan dilakukan oleh nasabahnya.

Misalnya saja melakukan setor tunai, menarik dana, serta transfer. Umumnya pekerjaan ini juga mempunyai tugas untuk memberikan layanan transaksi perbankan lain, misalnya pembayaran tagihan, deposito, hingga tukar kurs valuta asing.

Selain itu tugas lain yang dipunyai seorang teller ialah mengecek identitas dari para nasabahnya. Sebelum melakukan proses transaksi, tanggung jawab pekerjaan ini ialah melakukan verifikasi identitas nasabah.

Data yang dicek nantinya antara lain ialah tanggal lahir, alamat, serta nama bank. Bukan hanya itu saja, teller juga wajib melakukan verifikasi mengenai jumlah serta keaslian dari uang tunai yang diterima.

Setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah juga harus dicatat pada komputer untuk dikirimkan ke sistem perbankan. Nantinya setelah teller selesai memasukkan datanya, maka bukti transaksi cetakan dari komputer akan diterima.

Bukti tersebut harus dilakukan verifikasi dan tugas menginput data transaksi di sistem itu merupakan tugas seorang teller. Tanggung jawab pekerjaan ini juga cukup banyak, seperti melakukan pemeriksaan cashing, transfer, hingga penyetoran.

Anda juga harus berikan arahan misalnya asuransi, pinjaman, serta lainnya dan bertanggung jawab mengenai aliran uang tunai. Melakukan komunikasi dengan semua pihak, baik bawahan, peers, atau supervisor via telepon, langsung, atau tertulis.

Ada banyak hal yang harus Anda pahami mengenai syarat hingga skill ketika ingin menggeluti pekerjaan ini. Sebab salah satu tugas dan tanggung jawab teller bank adalah melayani para nasabah dengan baik.

Bagikan Artikel:

About The Author