10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan

Medical Checkup Harus Bayar Sendiri atau Dibayarkan Perusahaan? 

Pertanyaan seputar medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan memang banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih lagi apabila mereka belum pernah melakukan jenis pemeriksaan tersebut, tentunya masih kebingungan bukan?

Seperti sudah diketahui bahwa kesehatan fisik sekaligus mental merupakan hak setiap orang termasuk bagi para pekerja. Oleh karena itulah, pihak dari pemberi kerja memang diharuskan memperhatikan kesehatan pegawainya dengan baik. 

Medical Checkup Harus Bayar Sendiri atau Dibayarkan Perusahaan? Berikut Ulasannya 

Kegiatan MCU ini sendiri adalah pemeriksaan di mana dapat dilakukan terhadap karyawan ataupun calon karyawan. Adapun tujuan utamanya adalah guna melakukan deteksi terhadap masalah kesehatan dan nantinya berpeluang besar terhadap produktivitas dari perusahaan. 

Aturan mengenai medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan memang masih sering membingungkan bagi sebagian besar orang. Tetapi secara umum, pemberi kerja sendiri diharuskan untuk membayar biaya pengecekan tersebut baik kepada calon pegawai ataupun pegawai lama. 

Terlebih lagi apabila pihak dari karyawan sudah sampai ke dalam tahap pemeriksaan medical checkup tersebut. Maka biasanya calon pegawai akan diarahkan buat mengikuti kegiatan ini di lab klink ataupun rumah sakit rekanan dari pihak perusahaan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda sebagai karyawan adalah melalui MCU (medical checkup) ini. Tetapi tidak sedikit orang mempertanyakan apakah medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan? Untuk menjawabnya, silahkan simak ulasan dari kami berikut. 

Dengan begitu maka seorang karyawan tidak pperlu mengeluarkan biaya sendiri untuk melakukan tes tersebut. Namun bagi yang penasaran dengan biaya MCU di rumah sakit penyelenggara ternyata cukup beragam. 

Misalnya saja adalah untuk MCU sebelum kerja atau pre-employment maka biaya yang harus dikeluarkan mulai dari 400 ribuan. Kendati demikian, harga tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan pasti karena masih tergantung dengan kebijakan dari pihak rumah sakit ataupun klink. 

Kendati demikian untuk menjawab medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan, jawabannya adalah sebagian besar dibayar oleh pihak perusahaan. Agar lebih jelas, maka kami sarankan Anda agar bertanya kepada pihak perusahaan terlebih dahulu. 

Prosedur ini sendiri dilakukan bukan tanpa alasan karena ternyata terdapat beberapa kegunaan seperti untuk menentukan kemampuan dari pegawai ketika akan melakukan pekerjaan. Dengan begitu bisa membantu mengurangi adanya kecelakaan atau risiko dalam bekerja. 

Tidak sampai disitu saja, pemeriksaan itulah juga dapat dilakukan untuk melakukan deteksi lebih dini apabila seorang pegawai mengalami gangguan kesehatan. Tentu saja, langkah inilah dapat meminimalisir faktor risiko lebih lanjut lainnya. 

1. Tips Persiapan Medical Checkup untuk Karyawan 

Sudah bisa mengetahui jawaban dari medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan bukan? terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan tersebut dapat dijalankan dengan optimal yakni tips persiapan medical checkup dibawah ini. 

2. Mendapatkan Tidur yang Cukup 

Tips pertama yang perlu untuk diperhatikan adalah dengan memperoleh tidur cukup terlebih dahulu. Sebab salah satu aspek penting dalam MCU adalah tekanan darah dari Anda. 

Menjaga tekanan darah agar tetap stabil itulah dapat dilakukan dengan cara mendapatkan tidur cukup terlebih dahulu. Cobalah agar lebih rileks dan tidur cukup ketika malam hari. Dengan begitu bisa membuat hormone stress akan turun. 

3. Hindari Melakukan Olahraga Berat 

Olahraga berat sekaligus menyita tenaga justru bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat pada seseorang. Itulah sebabnya sebelum melakukan MCU maka sebaiknya harus menghindari olahraga berat terlebih dahulu. 

4. Cukupi Kebutuhan Air Putih 

Minum air putih yang cukup ternyata juga akan memberikan kemudahan bagi pihak dokter pemeriksa saat akan melakukan pengambilan sample darah dan urine. Tidak hanya itu saja, tetapi juga akan berikan kemudahan dalam menjaga kesehatan ginjal. 

5. Jangan Konsumsi Makanan Berminyak dan Asin

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan berminyak sekaligus asing. Sebab kedua bahan inilah bisa memengaruhi tingkat kolestrol sekaligus tekanan darah. 

Proses pemeriksaan kesehatan inilah memang menjadi salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan ketika pendaftaran kerja ataupun menjadi karyawan. Sudah bisa menjawab medical checkup harus bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan bukan? 

Bagikan Artikel: