Cara Mudah Kenali Loker Palsu

Jangan Tertipu! Ini 10 Cara Mudah Kenali Loker Palsu

Meningkatnya jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) siap kerja mempengaruhi juga jumlah lowongan kerja yang ada di pasaran.

Dengan banyaknya pekerja yang mencari loker, seringkali hal ini dijadikan kesempatan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan melalui loker palsu.

Dari adanya peningkatan jumlah lowongan kerja palsu yang kini menjadi suatu permasalahan yang krusial terutama bagi para pencari kerja, maka agar tidak terjebak Anda perlu mengetahui cirinya. Saat mencari loker, pastikan dulu Anda dapat kenali loker palsu agar tidak tertipu.

Ciri – Ciri Lowongan Kerja Palsu

Mengidentifikasi lowongan kerja palsu sangat penting untuk menghindari penipuan. Berikut adalah ciri-ciri umum yang sering ditemukan pada lowongan kerja palsu:

1. Tidak Ada Keberadaan Perusahaan di Internet atau Media Sosial 

Saat melamar sebuah pekerjaan, tentu Anda ingin tahu latar belakang perusahaan sebelum melamar.

Jika perusahaan yang mencantumkan loker tidak bisa Anda temukan keberadaannya secara online baik di website atau pun social media, maka keabsahan perusahaan tersebut perlu Anda pertanyakan.

2. Penawaran dengan Angka yang Luar Biasa 

Loker yang diiming-imingi gaji dengan angka yang luar biasa dan di luar standar pasaran patut Anda curigai keasliannya.

Nah, maka dari itu Anda harus pastikan terlebih dahulu apakah angka yang ditawarkan tersebut sesuai dengan standar yang ada di industri yang akan Anda lamar.

Biasanya, dengan angka besar tersebut, calon kandidat juga akan dimintai biaya tambahan.

3. Saat Proses Rekrutmen, Kandidat Diminta Biaya

Perlu dipastikan bahwa perusahaan yang resmi tidak akan pernah menarik biaya pada saat proses rekrutmen.

Jika loker yang Anda lamar meminta Anda untuk bayar sejumlah uang seperti untuk Deposito Asuransi untuk aset perusahaan yang akan dibayar.

Biaya tes psikotes & administrasi Sebaiknya urungkan niatan Anda untuk melanjutkan proses perekrutan di perusahaan tersebut, karena kemungkinan besar itu adalah penipuan loker atau loker palsu.



4. Menggunakan Bahasa yang Tidak Formal 

Salah satu ciri-ciri loker palsu adalah loker yang dicantumkan menggunakan bahasa yang tidak formal atau terlalu kasual dan menggunakan bahasa sehari-hari.

Sering kali juga terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan juga pemilihan kata.

Perusahaan resmi memiliki proses yang cukup panjang untuk memasang loker, sehingga loker yang digunakan pun pasti telah melewati bagian PR atau pun HRD dan dapat dijamin informasinya lengkap menggunakan bahasa yang resmi.

5. Meminta Informasi Pribadi di Awal Proses Rekrutmen 

Nah, ini adalah salah satu ciri-ciri loker palsu yang paling harus Anda hindari.

Informasi standar seperti nama lengkap dan alamat tentu tidak masalah, namun jika perusahaan meminta informasi lebih spesifik seperti nomer rekening bank ataupun informasi asuransi Anda, maka Anda harus lebih berhati-hati.

Informasi yang bersifat personal tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

6. Mencatut Nama Perusahaan Besar

Dengan mencatut nama perusahaan besar maka pihak tertentu menggunakan nama perusahaan terkenal atau reputasi yang baik untuk menarik perhatian orang dalam rangka menawarkan pekerjaan palsu atau penipuan lainnya.

Tujuan utama loker palsu adalah untuk menipu orang dengan mengambil keuntungan dari keyakinan mereka terhadap merek terkenal.

7. Alamat Kantor Tidak Jelas

Lowongan kerja palsu kebanyakan mengklaim memiliki kantor atau lokasi fisik tidak dapat memberikan informasi yang jelas atau lengkap tentang alamat kantornya.

Ini bisa menjadi tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang tidak benar atau bahwa entitas tersebut mungkin tidak sah.

8. Menggunakan Email dan Situs Gratis

Lowongan kerja palsu sebagian besar menggunakan email dan situs gratis karena biaya yang digunakan untuk membuat email dan situs tersendiri sesuai entitas memakan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga apabila Anda menemukan hal ini maka Anda patut waspada.



9. Mencantumkan Semua Nama Kandidat yang Diundang

Lowongan kerja palsu yang mencantumkan semua nama kandidat yang diundang adalah praktik yang meragukan dalam proses perekrutan di mana penipu mencoba membuat ilusi bahwa sejumlah besar kandidat telah diundang untuk wawancara atau seleksi.

Meskipun sebenarnya mereka mungkin tidak memiliki rencana atau kapasitas untuk melakukan proses perekrutan yang sebenarnya.

Praktik ini biasanya dilakukan dengan tujuan menipu dan menciptakan ilusi bahwa perusahaan tersebut sangat populer atau mendapatkan banyak peminat, sehingga membuat kandidat tertarik dan berpikir bahwa peluang tersebut sangat menarik.

Namun, pada kenyataannya, tujuan utama penipu adalah mengumpulkan informasi pribadi dari kandidat atau bahkan mungkin meminta pembayaran dengan dalih biaya pendaftaran atau administrasi.

10. Lowongan Dikirim dalam Banyak Halaman

Praktik seperti ini cukup meragukan, di mana penipu mengirimkan surat tawaran atau iklan lowongan kerja palsu dalam format yang panjang atau kompleks, sering kali menggunakan banyak halaman atau berisi detail yang sangat rinci.

Tujuannya adalah untuk membuat tawaran atau iklan tersebut terlihat lebih meyakinkan dan resmi.

Modus Penipuan Lowongan Kerja

Mengutip dari laman Kompas, terdapat data penelitian dari sepanjang empat tahun terakhir (2020- Oktober 2023) di Asia Tenggara terdapat lebih dari 3.317 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban penipuan tenaga kerja daring.

Jumlah korban tersebut pun diperkirakan masih akan terus bertambah. Namun, ada beberapa cara untuk meminimalisir kemungkinan tertipu lowongan kerja palsu, salah satunya dengan mengenal macam modus penipuan lowongan kerja, di antaranya seperti berikut ini:

1. Biaya Pendaftaran atau Administrasi

Penipu mengklaim bahwa calon pelamar harus membayar biaya pendaftaran atau administrasi sebagai bagian dari proses perekrutan.

Mereka mungkin meminta pembayaran sebelum tawaran pekerjaan diberikan, padahal perusahaan yang sah tidak akan meminta pembayaran semacam itu.

2. Penawaran Gaji yang Terlalu Tinggi

Penipu membuat tawaran gaji yang sangat tinggi atau menggiurkan untuk menarik minat pelamar. Setelah pelamar tertarik, penipu mungkin meminta informasi pribadi atau pembayaran sebelum pekerjaan dijamin.

3. Wawancara Telepon Palsu

Pelamar dihubungi melalui telepon untuk wawancara, tetapi wawancara tersebut hanya berfokus pada permintaan informasi pribadi atau keuangan.

4. Penawaran Pekerjaan yang Tidak Jelas

Pelamar menerima tawaran pekerjaan yang terlalu singkat atau tidak jelas, dengan permintaan pembayaran atau informasi pribadi yang tidak masuk akal.

5. Email atau Situs Web Palsu

 Penipu menggunakan alamat email atau situs web palsu yang mirip dengan perusahaan resmi untuk mengirimkan tawaran palsu atau meminta informasi.

6. Permintaan Informasi Pribadi Sensitif

Penipu meminta informasi pribadi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor KTP, atau detail bank di bawah dalih verifikasi atau pendaftaran.

7. Tawaran Pekerjaan Tanpa Seleksi

 Pelamar diberi tahu bahwa mereka telah dipekerjakan tanpa melalui proses seleksi yang cermat. Ini sering kali mengarah pada permintaan pembayaran atau informasi pribadi.

8. Dokumen Palsu

Penipu menciptakan dokumen palsu seperti surat tawaran atau kontrak pekerjaan untuk mengelabui kandidat.

9. Undian Palsu

Penipu mengklaim bahwa pelamar telah memenangkan undian pekerjaan dan meminta pembayaran atau informasi pribadi untuk mengklaim hadiah tersebut.

10. Iklan Pekerjaan Palsu

Penipu memasang iklan pekerjaan palsu dengan tawaran yang menggiurkan untuk menarik minat dan mendapatkan informasi pribadi dari pelamar.

Baca Juga : Beberapa Rekomendasi Website Lowongan Kerja Tahun Ini

Pelajari Lebih Banyak Hal Berikut Agar Terhindar Dari Penipuan Lowongan Kerja

Pintarnya telah mengumpulkan beberapa petunjuk agar Anda dapat terhindar dari penipuan lowongan kerja

Referensi:

  • Jack Kelly. Diakses pada 2024. Fake Job Scams Are Becoming More Common—Here’s How To Protect Yourself.
  • SONYA HELLEN SINOMBOR. Diakses pada 2024. Penipuan Lowongan Kerja Daring Jadi Ancaman Negara-negara di ASEAN.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.