10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man in blue and brown plaid dress shirt touching his hair

Jangan Tertipu! Ini 5 Cara Mudah Kenali Loker Palsu

Meningkatnya jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) siap kerja mempengaruhi juga jumlah lowongan kerja yang ada di pasaran. Dengan banyaknya pekerja yang mencari loker, seringkali hal ini dijadikan kesempatan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan melalui loker palsu.

Saat mencari loker, pastikan dulu kamu dapat kenali loker palsu agar tidak tertipu. Ini 5 cara mudah kenali loker palsu!

Tidak ada keberadaan perusahaan di internet atau media sosial Saat melamar sebuah pekerjaan, tentu kamu ingin tahu latar belakang perusahaan sebelum melamar. Jika perusahaan yang mencantumkan loker tidak bisa kamu temukan keberadaannya secara online baik di website atau pun social media, maka keabsahan perusahaan tersebut perlu kamu pertanyakan.

Penawaran dengan angka yang luar biasa Loker yang diiming-imingi gaji dengan angka yang luar biasa dan di luar standar pasaran patut kamu curigai keasliannya. Nah, maka dari itu kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah angka yang ditawarkan tersebut sesuai dengan standar yang ada di industri yang akan kamu lamar. Biasanya, dengan angka besar tersebut, calon kandidat juga akan dimintai biaya tambahan.

Saat proses rekrutmen, kandidat diminta biaya Perlu dipastikan bahwa perusahaan yang resmi tidak akan pernah menarik biaya pada saat proses rekrutmen. Jika loker yang kamu lamar meminta kamu untuk bayar sejumlah uang seperti untuk

  • Deposito
  • Asuransi untuk aset perusahaan yang akan dibayar
  • Biaya tes psikotes & administrasi Sebaiknya urungkan niatan kamu untuk melanjutkan proses perekrutan di perusahaan tersebut, karena kemungkinan besar itu adalah penipuan loker atau loker palsu.

    Menggunakan bahasa yang tidak formal Salah satu ciri-ciri loker palsu adalah loker yang dicantumkan menggunakan bahasa yang tidak formal atau terlalu kasual dan menggunakan bahasa sehari-hari. Sering kali juga terdapat banyak kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan juga pemilihan kata. Perusahaan resmi memiliki proses yang cukup panjang untuk memasang loker, sehingga loker yang digunakan pun pasti telah melewati bagian PR atau pun HRD dan dapat dijamin informasinya lengkap menggunakan bahasa yang resmi.

Meminta informasi pribadi di awal proses rekrutmen Nah, ini adalah salah satu ciri-ciri loker palsu yang paling harus kamu hindari. Informasi standar seperti nama lengkap dan alamat tentu tidak masalah, namun jika perusahaan meminta informasi lebih spesifik seperti nomer rekening bank ataupun informasi asuransi kamu, maka kamu harus lebih berhati-hati. Informasi yang bersifat personal tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar kamu terlindungi dari loker palsu, jangan lupa untuk menggunakan platform yang tepercaya seperti Pintarnya.

Situs dan aplikasi Pintarnya terdaftar dan diawasi oleh KOMINFO, sehingga seluruh lowongan pekerjaan yang ada di Pintarnya terlindungi dan aman. Pintarnya juga memiliki fitur filter AMAN sehingga kamu bisa lebih tenang dan mudah mencari loker untuk pekerjaan impianmu.

Cari dan lamar loker aman di Pintarnya sekarang! Download di sini

Bagikan Artikel: