10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Lapor Penipuan Lowongan Kerja dengan Mudah

Cara Lapor Penipuan Lowongan Kerja dengan Mudah

Setelah pandemi mulai reda, cara lapor penipuan lowongan kerja sangat dibutuhkan mengingat meningkatnya kebutuhan akan tenaga pekerja. Tidak semua iklan di media dapat dipercaya meskipun sudah dimuat secara resmi. 

Siapapun bisa menjadi korban penipuan jika tidak berhati-hati dalam meneliti kebenaran sebuah fakta. Apalagi saat ini penyebaran informasi semakin dimudahkan dengan kecepatan akses media sosial, kejahatan tidak terelakkan. 

Cara Lapor Penipuan Lowongan Kerja 

Para penipu kini menggunakan trik lebih modern untuk menipu dan memanipulasi calon korban. Iklan di media sosial dibuat sedemikian rupa hingga terlihat meyakinkan. Berikut cara melaporkan iklan palsu atau hoax lowongan pekerjaan. 

1. Melaporkan ke kantor polisi terdekat 

Siapkan bukti yang kuat. Misalnya, Anda harus menunjukkan bukti penipuan seperti URL, tangkapan layar, rekaman suara, atau bukti lain dari pekerjaan ini. Simpan bukti ke flash disk.

Silakan datang ke kantor polisi. Setelah semua bukti dikumpulkan, Anda dapat datang ke kantor polisi dan mengunjungi polisi kejahatan dunia maya atau biasa dikenal dengan cyber crime. 

Temukan ruang SPKT. Begitu sampai di kantor polisi, Anda bisa mencari ruang SPKT atau layanan polisi terpadu untuk menyerahkan laporan dan barang bukti terkait ke petugas. Berkomunikasilah dengan pemangku kepentingan. 

Perwakilan petugas kemudian akan mengajukan serangkaian pertanyaan tentang laporan tersebut. Laporan diketik dan dicetak sebagai bukti, tunggu notifikasi selanjutnya. Setelah laporan siap, Anda bisa menunggu kabar dari polisi.

2. Cara lapor penipuan lowongan kerja ke bank terdekat (apabila scammer meminta sejumlah uang)

Korban dapat mulai melaporkan kejahatan ke bank supaya rekening scammer diblokir. Korban dapat menghubungi bank terkait untuk memblokir akun scammer, sehingga tidak terjadi kejahatan berulang. 

Hubungi layanan pelanggan bank yang digunakan oleh scammer atau langsung ke cabang bank untuk melaporkannya. Seorang karyawan layanan bank kemudian akan membantu Anda dalam memproses laporan.

Jika jumlah laporan terhadap rekening bank penipu tinggi dan berisi bukti nyata penipuan, maka bank bisa bertindak. Bank biasanya dapat memiliki kekuatan untuk menangguhkan atau memblokir rekening di masa depan.

3. Melalui Situs lapor.go.id 

Selain layanan pengaduan BRTI, Anda bisa melaporkan penipuan di lapor.go.id. Ini adalah situs layanan online untuk keprihatinan dan pengaduan publik yang dikembangkan oleh kantor kepresidenan. 

Website cara lapor penipuan lowongan kerja dikelola Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Kementerian PAN-RB). Fase pelaporan terdiri dari pembuatan laporan, proses validasi, proses tindak lanjut, dan pemberian umpan balik. 

Setelah berhasil mengakses lapor.go.id, pilih kategori pelaporan yaitu keluhan atau pengaduan. Tulis judul laporan, tuliskan rincian kasus penipuan, termasuk nama akun scammer, jumlah kerugian, dan informasi lengkap lainnya.

Kemudian pilih tanggal, pilih lokasi kejadian, silakan pilih lembaga (departemen atau pemerintah negara bagian) yang terkait dengan laporan. Pada kategori Situasi Khusus, pilih kategori Tindak Pidana.

Secara opsional, cara lapor penipuan lowongan kerja mengunggah lampiran dengan ukuran maksimum 2 MB. Pilih Kategori Pengadu kemudian klik Laporkan, masukkan informasi pribadi Anda, setujui persyaratan penggunaan, dan kirim laporan.

Baca juga: Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Dapat Dihindari

4. Melalui Layanan Aduan BRTI 

Sambil menunggu pemberitahuan polisi, Anda dapat mengajukan laporan online melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). BRTI adalah layanan pengaduan nasabah, dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Nasabah yang menerima panggilan atau pesan tidak diinginkan (selanjutnya disebut sebagai whistleblower) diminta untuk merekam percakapan atau pesan tersebut. Kemudian disusul nomor ponsel penelepon dan/atau pengirim pesan tersebut.

Pengadu membuka halaman service.kominfo.go.id dan mengklik menu KELUHAN BRTI. Cara lapor penipuan lowongan kerja wajib melengkapi daftar identitas yaitu nama, alamat email, dan nomor handphone aktif saat ini. 

Pengadu diminta untuk memilih pengaduan di kolom Pengaduan atau Informasi dan membuat pengaduan, klik “mulai chat”. Pelapor diminta untuk melampirkan bukti rekaman percakapan dan/atau foto pesan yang mengisyaratkan penipuan.

Staf help desk meninjau serta menganalisis pesan yang dikirimkan. Personil help desk membuat tiket laporan di sistem PPI SMART dan mengirim pesan untuk meminta nomor ponsel (MSISDN) pemanggil atau pengirim pesan.

Penyedia layanan telekomunikasi membuka dan menindaklanjuti laporan yang terdapat dalam sistem PPI SMART. Kemudian memblokir nomor telepon seluler pemanggil atau pengirim (MSISDN) dari pesan terindikasi penipuan dalam waktu 1×24 jam.Informasi hoax sangat mengkhawatirkan karena menimbulkan kerugian berupa uang bahkan kerugian secara mental. Cara lapor penipuan lowongan kerja di atas akan membantu mengurangi oknum-oknum jahat.

Bagikan Artikel: