contoh soal manajerial P3K

Contoh Soal Manajerial P3K, Latihan Beserta Pembahasannya!

Ada beberapa contoh soal manajerial P3K yang akan kami jelaskan pada pembahasan artikel kali ini. Seperti yang diketahui, jika P3K diperuntukkan bagi tenaga pengajar atau guru dalam menguji kompetensinya.

Tidak jauh berbeda dengan tes CPNS, bagi para pendaftar P3K juga akan melewati tes kompetensi memakai sistem CAT. Oleh karena itu, penting untuk anda mempelajari latihan-latihan soalnya sebelum menghadapi ujiannya.

Baca juga: Contoh Soal Tes Potensi Akademik yang Menarik Dipelajari

Penting bagi anda untuk mencari-cari seperti apa contoh soal manajerial P3K. Nah, di sini kami akan membahas beberapa contohnya untuk anda pahami dan pelajari, sehingga sudah mengetahui seperti apa gambarannya.

Baca juga: Contoh soal tentang kepemimpinan

Uji Keterampilan Guru Honorer Lewat Tes P3K

Namun, sebelum kami membahas lebih jauh mengenai contoh soal manajerial P3K. Ada baiknya agar anda mengetahui apa itu soal manajerial P3K. Kompetensi manajerial adalah tes yang digunakan untuk menilai keterampilan.

Tidak hanya itu, tetapi juga akan menilai penguasaan, pengetahuan, dan sikap anda dalam berorganisasi. Soal-soal tersebut berkaitan dengan integritas, komunikasi, kerja sama, pelayanan publik, pengelolaan perubahan, dan pengambilan keputusan.

Contoh soal manajerial P3K juga berorientasi pada hasil serta pengembangan diri dan orang lain. Lalu, adakah ketentuan dari adanya penyelenggaraan seleksi P3K ini kepada para guru yang ingin mengikutinya? 

Nah, pastinya ada, karena satu orang hanya diperkenankan mengikuti seleksi sebanyak 3 kali. Kesempatan ini secara khusus diberikan kepada para guru honorer yang menjadi pelamar P3K dan lulusan pendidikan profesi.

Baca juga: Contoh soal assessment karyawan

Simak 3 Contoh Soal Manajerial P3K Berikut Ini!

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri mengikuti ujian P3K, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara matang. Berikut beberapa contoh soal manajerial P3K yang bisa anda pelajari sebagai bentuk persiapannya.

  1. Supaya hari esok menjadi lancar dan aman, divisi saya diminta untuk bekerja lembur, sementara saya senidiri sudah ada janji untuk mengantarkan istri saya periksa kandungan ke dokter. Apa yang seharusnya saya lakukan jika berada di posisi tersebut?
  1. Pulang lebih awal dan berpura-pura jika sedang sakit perut
  2. Pulang bersama rekan kerja seolah tidak mengetahui kabar untuk kerja lembur
  3. Melakukan lembur hingga semua pekerjaan beres
  4. Mencoba menghubungi istri saya jika periksa kandungan akan ditunda karena pulang terlambat.
  5. Meminta izin kepada bos untuk mengantarkan istri periksa kandungan ke dokter lalu kembali lagi ke kantor menyelesaikan pekerjaan lembur.

Pembahasan :

Integritas dan Kerjasama 

  • Integritas : Melakukan tindakan sesuai dengan norma, nilai, dan etika organisasi sebagai kapasitas diri sendiri.
  • Kerjasama : menjadi partisipan dalam anggota tum untuk bekerja..

Jawaban : E

  1. Ketika anda sedang dimarahi oleh bos, padahal itu bukan kenyataannya atau tidak dilakukan. Lalu, apa yang seharusnya anda lakukan jika dituduh melakukan hal di luar kenyataan realitanya?
  1. Tanggapi pertanyaan dari siapa saja setelah mendengar tentang isu tersebut.
  2. Saya tidak mempedulikannya karena beredarnya isu hanya sementara dan akan hilang nantinya.
  3. Berupaya untuk memberikan penjelasan tentang keadaan anda yang sebenarnya.
  4. Saya akan berusaha dalam mencari penyebab bagaimana isu itu bisa menyebar dan menetapkan perhitungan yang sesuai.
  5. Meminta pertimbangan kepada teman dekat untuk penyelesaiannya.

Pembahasan 

  • Komunikasi : melakukan komunikasi secara asertif, terampil, baik itu lisan ataupun tertulis dalam proses penyampaian informasi secara sensiif ataupun rumit untuk dijelaskan. 

Jawaban : D

  1. Pada waktu itu, saya sedang naik motor menuju ke arah motor, sementara saya melihat atasan saya sedang berjalan kaki. Apa yang seharusnya saya lakukan melihat peristiwa tersebut?
  1. Mengabaikannya saja tanpa memedulikannya.
  2. Memelankan motor serta mengucapkan salam atau menyapanya.
  3. Mengurangi kecepatan motor sembari meminta izin untuk melewatinya.
  4. Memberhentikan motor dan meminta izin ke atasan untuk mendahuluinya.
  5. Saya akan menghentikan kendaraan dan memberikan tumpangan.

Pembahasan : 

  • Kerjasama : Memunculkan sikap tim yang saling bekerja secara aktif dan efektif jika dilakukan bersama-sama. 

Jawaban : C

Di atas adalah contoh soal manajerial P3K yang bisa dipahami satu per satu sebelum menghadapi ujian. Contoh soal manajerial P3K dapat dijadikan sebagai sumber pemahaman sebagai salah satu langkah persiapannya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.