contoh soal tentang kepemimpinan

5 Contoh Soal Tentang Kepemimpinan, Perlukah Sikap Leadership?

Banyak sekali contoh soal tentang kepemimpinan yang bisa anda temui atau bahkan menjadi pertanyaan dari rekruiter. Biasanya ini akan diajukan pada tahap interview kerja, di mana para pelamar dipertanyakan bagaimana kepemimpinannya.

Pertanyaan ini menjadi hal yang umum dalam dunia interview kerja, sehingga kami akan menjelaskan seperti apa contohnya. Dengan begitu, anda juga semakin mengerti dan bisa mempersiapkan diri secara matang.

Apalagi ketika mendapat panggilan interview, ada banyak pertanyaan akan diajukan kepada anda. Ada baiknya untuk anda mempersiapkan diri mencari materi untuk menunjang interview mendatang dengan mencari contoh soal tentang kepemimpinan.

Baca juga: Contoh soal assessment karyawan

Mengapa Leadership Itu Kerap Dipertanyakan?

Kepemimpinan atau yang kerap disebut dengan leadership nyatanya tidak harus dimiliki oleh seorang pemimpin saja. Melainkan, kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap karyawan ketika bekerja.

Hal tersebut dikarenakan skill leadership tak hanya membicarakan soal cara memimpin. Melainkan, meliputi kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan, memanajemen emosi, cara menghadapi deadline, dan manajemen waktu yang baik.

Maka, tak heran bila pada saat ditanyakan oleh HRD, para pelamar kerap ditanyakan soal kepemimpinannya. Kami juga akan memberikan contoh soal tentang kepemimpinan yang bisa anda pelajari nantinya.

Adapun demikian, rekruiter jadi bisa mempertimbangkan anda dan memberikan nilai lebih jika memiliki skill leadership yang baik. Sehingga, diperoleh gambaran bagaimana diri anda dalam menangani suatu permasalahan. 

Baca juga: Contoh soal pppk

5 Contoh Soal Tentang Kepemimpinan Sebelum Interview

Berikut ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal tentang kepemimpinan. Pada saat rekruiter atau HRD bertanya, anda tidak perlu bingung lagi karena sudah mengerti bagaimana cara harus menjawabnya.

  1. Jika anda seorang pemimpin, bagaimana cara anda dalam menyelesaikan sebuah permasalahan saat dibutuhkan solusi dengan segera?

Jawaban: 

Permasalahan terjadi diikuti dengan penyebab sebelum terjadinya konflik. Saya selalu yakin jika terdapat suatu konflik, hal penting untuk dilakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya konflik. 

Dengan begitu, saya menjadi tahu bagaimana akar permasalahannya bermula. Jadi, bisa diputuskan bagaimana pendapat yang harusnya saya keluarkan nantinya dan bersikap adil juga tegas untuk menghadapinya. 

  1. Menurut anda, apa keahlian paling penting yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin?

Jawaban:

Bagian terpenting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin adalah bagaimana cara dirinya dalam memanajemen emosi dan stress. Jika seorang pemimpin mempunyai kemampuan ini, maka ia bisa berpikir secara jernih dan tenang dalam mencari solusinya saat dihadapkan pada suatu permasalahan.

  1. Tindakan apa yang akan kamu berikan jika terdapat selisih pemahaman antar anggota tim?

Jawaban: Hal terpenting adalah komunikasi, komunikasi menjadi bagian terpenting dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tanpa adanya komunikasi, maka kesalahpahaman terus berlanjut dan tidak akan bisa terselesaikan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk saya mencari informasi terhadap kedua belah pihak yang saling berselisih untuk bisa memberikan pendapat dengan tegas agar tidak terjadi tumpang tindih atau adanya keberpihakan. Kemudian, saya akan pertemukan kedua orang yang saling berselisih untuk mencari solusi terbaiknya sebagai bentuk penyelesaian.

  1. Model kepemimpinan seperti apa yang ideal?

Jawaban: 

Pemimpin yang ideal ialah pemimpin yang mengerti bagaimana caranya untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja karyawannya. Sehingga, para karyawannya akan merasa adanya feedback yang diberikan terhadap kerja kerasnya selama ini. Dengan begitu, akan muncul sikap respect dari para karyawan terhadap pemimpinnya.

  1. Strategi terbaik apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan kompetensi dari anggota tim?

Jawaban:

Setiap orang tentunya memiliki kemampuan dan sifat yang berbeda-beda. Seorang pemimpin harus peka terhadap penilaiannya kepada anggota tim. Memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk mengikuti pelatihan, webinar, ataupun membeli buku, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka. 

Hal ini menjadi strategi yang saya terapkan jika menjadi seorang pemimpin. Selain itu, turut aktif mendukung segala kebutuhan anggota tim melalui pengadaan diskusi untuk meningkatkan kompetensi mereka bagi perusahaan.

Itulah lima contoh soal tentang kepemimpinan yang bisa dijadikan sebagai gambaran untuk anda ketika nanti akan berhadapan dengan interview kerja. Anda juga harus mencari informasi seputar posisi dan tempat kerjanya.

Hal tersebut sebagai informasi jika anda benar-benar memahami betul posisi lowongan dan lingkup pekerjaannya. Contoh soal tentang kepemimpinan dapat anda pelajari sebagai bentuk persiapan diri menuju tahap interview.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!