Contoh Soal PPPK

Contoh Soal PPPK Khusus untuk Pejuang PPPK Guru

Contoh Soal PPPK banyak dicari belakangan ini mengingat rekrutmen CPNS dan pppk 2023 akan segera dibuka untuk umum bahkan pppk guru tahun ini tidak hanya bisa diikuti oleh guru honorer namun juga calon guru yang sudah lulus pendidikan profesi guru.

Jadi Anda juga harus mempersiapkannya jika ingin mengikuti seleksi pppk itu sendiri Karena tentu persaingan akan semakin ketat. Salah satu yang akan dihadapi oleh peserta seleksi adalah soal PPK kompetensi teknis guru sehingga perlu dipelajari dari awal.

Contoh Soal PPPK di era digital seperti sekarang ini tentu sudah mudah ditemukan di mana secara kompetensi teknis guru maka hal ini perlu dilewati dalam seleksi PPPK nanti yang tujuannya adalah mengukur kompetensi guru berkaitan dengan bidang studi dasar.

Tidak hanya mengukur kompetensi guru yang berkaitan dengan bidang studi dasar namun sekaligus pedogogik yang menjadi ruang lingkup guru sehingga nantinya dalam seleksi pppk maka anda akan mengerjakan soal kompetensi teknis sebanyak 100 soal dalam 120 menit.

Baca juga: Contoh soal tes potensi akademik

Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis yang Bisa Dipelajari

Pada seleksi tahun ini kabarnya soal PPPK akan mendominasi komposisi tes bahkan dirjen guru dan Tenaga Kerja Kependidikan menyampaikan bahwa bobot kompetensi teknis sebanyak 60% dari nilai soal keseluruhan.

Sehingga sebaiknya, ada benar-benar mempelajari soal-soal pppk ini agar bisa menaklukkannya pada saat tes. Berikut contoh soal yang kemungkinan besar memiliki kesamaan dengan berbagai tes PPPK:

  1. Teori yang menyatakan bahwa peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir serta menyusun konsep-konsep tentang hal yang sudah dipelajari dan penting untuk terwujud adalah peserta didik yang memiliki aliran teori?
    1. Konstruktivis
    2. Behavioristik
    3. Humanistik
    4. Sibernetik
    5. Kognitivistik

Jawaban untuk Contoh Soal PPPK di atas adalah A, lalu untuk pembahasannya, teori belajar konstruktivistik adalah memahami belajar sebagai proses pembentukan pengetahuan oleh peserta didik atau siswa/siswi itu sendiri.

Pengetahuan ada di dalam diri seseorang yang sedang mengetahui dan dengan kata lain karena pembentukan pengetahuan adalah peserta didik itu sendiri maka peserta didik harus aktif selama kegiatan pembelajaran.

Baca juga: Contoh soal excel untuk admin

Mulai dari aktif berpikir hingga menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari namun yang paling penting menentukan terwujudnya gejala belajar adalah niat belajar.

Contoh Soal PPPK di atas memang memiliki pembahasan yang cukup panjang karena memang peranan guru dalam belajar konstruktivistik adalah membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan oleh para peserta didik berjalan lancar.

  1. Jika dalam proses belajar maka peserta didik melakukan sesuatu hingga mendapat respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan bahkan menghilangkannya jika dirasa tidak sesuai maka prinsip tersebut belajar dari?
    1. Konseptualisasi
    2. Conditioning
    3. Trial and error
    4. Stimulus respon
    5. Shaping

Contoh Soal PPPK di atas memiliki jawaban yang benar yaitu trial and error atau C di mana dalam pembahasannya metode coba-coba memang merujuk kepada upaya atau metode untuk mencapai sebuah tujuan melalui berbagai cara.

Upaya ini memang perlu dilakukan beberapa kali hingga akhirnya bisa mendapatkan cara paling sesuai di mana kesalahan atau kekeliruan nantinya akan dicatat untuk dievaluasi sebagai bahan pembelajaran.

  1. Peserta didik diminta untuk membuat dugaan pada populasi hewan langka yang kian hari kian sedikit dan hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan?
    1. Visual spasial
    2. Verbal linguistik 
    3. Naturalis
    4. Logis matematis
    5. Kinestetis

Jawaban dari Contoh Soal PPPK di atas adalah D, di mana memang ada beberapa macam kecerdasan misalnya seperti kecerdasan visual spasial yaitu ketika anak didik gemar bermain puzzle dan pandai menggambar.

Karena peserta didik yang memiliki kecerdasan ini lebih fokus pada kemampuan visualisasi yang baik bahkan bisa dikenali dengan mudah yaitu lebih sering mengingat gambar ataupun arah peta, video dan lain sebagainya.

Kemudian ada kecerdasan interpersonal di mana anak akan berhasil membina hubungan baik dengan orang sekitarnya bahkan sangat pandai berbicara dengan teman-temannya.

Sedangkan kecerdasan naturalis dari pilihan beberapa jawaban Contoh Soal PPPK di atas adalah ketika anak senang menjelajahi dan menelusuri alam terbuka bahkan mempelajari spesies-spesies di sekitarnya dan gemar mengeksplorasi lingkungan.

Sedangkan untuk kecerdasan logis matematis adalah ketika anak didik pintar berhitung matematika dan senang berpikir mengenai konsep abstrak berupa angka ataupun pola serta hubungan tertentu.

Membahas mengenai PPPK memang Ada banyak hal yang perlu dipelajari mengenai peserta didik dan istilah-istilah yang dipakai di dalamnya. 3 Contoh Soal PPPK di atas merupakan beberapa contoh yang paling umum keluar saat tes.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!