10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melihat nomor ijazah

Cara Melihat Nomor Ijazah dengan Benar dan Cepat

Cara melihat nomor ijazah kini bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengeceknya secara langsung ataupun online. Fungsi dari nomor ijazah ini biasanya digunakan untuk mengecek keaslian dokumen yang dimiliki.

Selan itu, dalam beberapa proses rekrutmen pekerjaan juga membutuhkan informasi-informasi tersebut. Untuk itu, jangan sampai salah dalam mencantumkan nomor ijazah. Pada umumnya, nomor ini digunakan sebagai salah satu syarat melanjutkan Pendidikan atau persyaratan kerja.

Untuk saat ini, ada di acara untuk mengetahui nomor ijazah yang Anda miliki. Anda bisa mengecek langsung pada lembaran dokumen kelulusan Anda tersebut. Cara lainnya adalah dengan mengecek secara online.

2 Cara Melihat Nomor Ijazah untuk Setiap Jenjang Pendidikan

Sebenarnya mengecek nomor ijazah sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan berkas-berkas lainnya. Namun, beberapa orang masih salah paham dengan nomor yang dimaksud. Agar tidak salah, ikuti 2 cara cek nomor dokumen kelulusan yang Anda miliki.

  1. Cek Nomor Ijazah Secara Manual

Cara melihat nomor ijazah yang bisa dilakukan adalah dengan mengeceknya langsung secara manual. Dari berbagai jenis dokumen kelulusan, nomor yang dicantumkan pun berbeda-beda. Untuk Strata 1 (S1), biasanya nomor ini terdapat pada bagian atas dokumen.

Masing-masing universitas memiliki kode kombinasi tersendiri yang unik. Kode ini bisa diawali dengan penulisan “No.” atau bahkan tidak sama sekali. Tetapi yang pasti Anda bisa mengecek pada bagian atas kanan atau kiri dokumen tersebut. 

Tidak jauh berbeda dengan S1, nomor ijazah pada dokumen D3 juga sama. Biasanya kode tersebut juga terlat pada bagian paling atas dokumen. Jika menemukan angka atau kombinasi huruf serta angka, sudah dipastikan bahwa kode tersebut adalah nomor dokumen yang dicari.

Bagaimana dengan ijazah SMA/K? Untuk jenjang SMA/K biasanya memiliki format yang hampir sama dengan dokumen kelulusan SD dan SMP. Pada setiap tahun, biasanya tata letak penulisan akan berubah. Meskipun demikian, Anda masih bisa melalukan cara melihat nomor ijazah.

Pada jenjang SMA/K ini memiliki kode yang sama sehingga sangat mudah untuk dikenali. Bagi yang bersekolah di dalam negeri, biasanya nomor ijazah akan dimulai dengan “DN”. Ada juga kode “LN” untuk Luar Negeri atau program paket. 

Setelah itu, kode tersebut diikuti dengan kode provinsi sekolah dan kode khusus untuk masing-masing peserta. Sebagai contoh, penomoran ijazah pada SMA/K biasanya adalah “DN-01 DI 0113547”. 

Jika Anda menemukan kode yang hampir mirip, maka kode tersebut adalah nomor ijazah Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengecek langsung letak dari penomoran dokumen tersebut. Biasanya akan diletakan pada bagian paling atas atau bagian paling bawah dokumen.

  1. Cek Nomor Ijazah Secara Online

Menyimpan berkas fisik memang menjadi hal yang sedikit rumit. Jika terburu-buru dan tidak sempat menemukan dokumen fisik, kini Anda bisa sangat mudah mengecek nomor ijazah yang dimiliki. 

Cara melihat nomor ijazah secara online ini bisa dilakukan dari sumber resmi dan aman tentunya. Untuk mengetahui nomor dokumen kelulusan D3 atau S1 Anda, cukup kunjungi situs resmi SIVIL dari Dikti. 

Kunjungi https://ijazah.risetdikti.go.id/ dan ikuti langkah selanjutnya untuk membuat formular. Isilah beberapa informasi dengan benar dan tepat untuk mendapatkan informasi yang akurat. Mulai dari informasi mengenai Perguruan Tinggi dimana Anda mengambil studi.

Lalu, akan dilanjutkan dengan mengisi program studi beserta informasi-informasi lainnya. Setelah melakukan verifikasi, Anda akan mendapatkan nomor dokumen kelulusan yang dimiliki dengan mudah.

Anda juga bisa mengecek kode untuk ijazah SD, SMP, dan SMA/K secara online. Cara melihat nomor ijazah untuk ketiga jenjang Pendidikan ini secara online sedikit berbeda dengan sebelumnya. 

Anda perlu mengunjungi situs resmi dari Kemendikbud di https://referensi.data.kemendikbud.go.id. Setelah itu, masukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Anda dan nama ibu kandung. Jika data sudah benar, klik menu pilihan “Cari Data”.

Informasi mengenai ijazah yang diminta akan muncul dan kamu bisa menuliskan nomor dokumen kelulusan yang diberikan. Jika ingin mengecek dokumen pada jenjang Pendidikan lainnya, Anda bisa memilih sesuai jenjang yang disediakan.

Dari kedua cara di atas, Anda sudah bisa segera mencari pekerjaan sesuai bidang masing-masing. Setelah melalukan cara melihat nomor ijazah dan mendapatkan informasi yang akurat, Anda bisa menyiapkan berkas lamaran di jobstreet.co.id.

Bagikan Artikel: