cara melihat nomor ijazah

Cara Melihat Nomor Ijazah dengan Benar

Cara melihat nomor ijazah kini bisa dilakukan dengan mudah. Dalam beberapa proses rekrutmen pekerjaan banyak yang membutuhkan informasi nomor ijaah. Untuk itu, jangan sampai salah dalam mencantumkan nomor ijazah. Berikut ini cara melihat nomor ijazah yang benar, yuk simak!!!

Pentingnya Memeriksa Ijazah

Memeriksa ijazah adalah langkah penting dalam memastikan keabsahan dan keaslian ijazah yang diterbitkan oleh lembaga pendidikan. Bagi perusahaan, memeriksa ijazah adalah langkah penting dalam melindungi diri dari perekrutan karyawan dengan kualifikasi palsu. Hal ini dapat membantu menghindari masalah hukum, kerugian finansial dan reputasi yang tercemar.

Dengan menggunakan teknologi informasi dan alat verifikasi yang tepat, pihak-pihak yang berkepentingan dapat memverifikasi keabsahan ijazah dengan cepat, akurat dan andal. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga kepercayaan dan integritas dalam dunia pendidikan dan dunia kerja.

Baca juga : Apakah Ijazah Termasuk Portofolio? Berikut Penjelasannya

Ciri-Ciri Fisik Ijazah Asli

1. Logo Lembaga Pendidikan

Ijazah asli akan memiliki logo resmi dari lembaga pendidikan yang menerbitkannya. Logo ini biasanya terletak di bagian atas atau tengah dokumen dan dirancang dengan rapi.

2. Nama Penerima Ijazah

Nama penerima ijazah harus dicetak dengan jelas dan akurat sesuai dengan identitas pribadi yang benar. Biasanya, nama ini dicetak dalam huruf besar atau bold.



3. Tanggal dan Tanda Tangan

Tanggal pemberian ijazah dan tanda tangan pejabat yang berwenang dari lembaga pendidikan harus ada di dokumen. Tanda tangan ini sering kali ditempatkan di bawah atau di samping teks penyataan pemberian ijazah.

Baca juga: Dimana Letak Tanggal Ijazah? Berikut Informasi Selengkapnya

4. Nomor Ijazah dan Nomor Seri

Setiap ijazah biasanya memiliki nomor unik yang mengidentifikasikan dokumen tersebut. Nomor ini harus jelas dan mudah dibaca. Nomor seri atau kode verifikasi juga bisa ada untuk verifikasi online.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Tampak dan Sentuhan Kertas

Kertas yang digunakan untuk mencetak ijazah asli harus berkualitas tinggi, tidak mudah sobek, dan sering kali memiliki tampilan dan tekstur khusus. Ijazah asli biasanya lebih berat dibandingkan kertas biasa.

6. Tinta yang Digunakan

Tinta yang digunakan untuk mencetak teks, logo, dan tanda tangan harus tahan lama dan tidak mudah pudar atau luntur. Tinta cetakan biasanya mengkilap dan dapat terasa pada sentuhan.

7. Stempel dan Materai

Beberapa lembaga pendidikan mungkin menggunakan stempel atau materai resmi sebagai tanda tambahan keabsahan. Stempel ini biasanya mencakup logo, nama lembaga, dan informasi lainnya.



8. Latar Belakang atau Desain Ijazah

Desain ijazah asli seringkali mencakup elemen desain khusus, seperti border, garis-garis, atau elemen dekoratif lainnya yang membuatnya terlihat estetis dan khas.

9. Bahasa dan Tanda Baca

Teks dalam ijazah harus ditulis dengan bahasa yang benar dan tanda baca yang sesuai. Kesalahan ejaan atau tata bahasa yang mencolok mungkin mengindikasikan pemalsuan.

10. Perlindungan Terhadap Pencemaran

Beberapa ijazah asli dapat memiliki fitur perlindungan terhadap pencemaran seperti tinta berubah warna jika dicoba dicairkan, tinta ultraviolet yang terlihat di bawah cahaya UV, atau tinta tersembunyi yang hanya terlihat dalam kondisi tertentu.

11. Foto Penerima Ijazah

Beberapa ijazah modern mungkin memiliki foto penerima ijazah yang tercetak di dokumen. Ini dapat membantu dalam verifikasi identitas.

12. Kode QR atau Barcode

Beberapa institusi memasukkan kode QR atau barcode yang dapat dipindai untuk memverifikasi keabsahan ijazah secara online.

13. Transkrip Nilai

Ijazah sering disertai dengan transkrip nilai yang mencantumkan detail hasil belajar selama masa studi, termasuk mata pelajaran, skor, dan nilai rata-rata.

Baca juga : Bolehkah Perusahaan Menahan Ijazah Karyawannya?

Langkah-langkah untuk Memeriksa Ijazah Secara Online

Dilansir dari Universitas Pendidikan Ganesha, berikut ini langkah-langkah memeriksa ijazah yaitu :

1. Cara Cek Ijazah Asli Melalui Situs SIVIL (Khusus Perguruan Tinggi)

1. Persiapkan Data Ijazah

Sebelum memulai proses pemeriksaan, Anda harus memiliki data ijazah yang akan Anda periksa, seperti nomor ijazah dan nomor seri ijazah. Pastikan Anda mendapatkan informasi ini dari pemilik ijazah atau dari salinan fisik ijazah.

2. Akses Situs Resmi

 Buka peramban web Anda dan akses situs resmi Kemdikbud untuk memeriksa ijazah, yaitu https://ijazah.kemdikbud.go.id. Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil untuk menghindari gangguan selama proses.

3. Masukkan Data Ijazah

Di situs web, masukkan data ijazah yang telah Anda persiapkan, seperti nomor ijazah dan nomor seri ijazah, sesuai dengan formulir yang tersedia.

4. Verifikasi Captcha

Sistem verifikasi biasanya meminta Anda untuk memasukkan captcha atau kode keamanan yang ditampilkan di layar. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia, bukan bot.

5. Klik “Cari”

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, klik tombol “Cari” untuk memulai proses pencarian.

6. Hasil Pencarian

Sistem akan memproses data yang Anda masukkan dan memberikan hasil pencarian. Hasil ini akan menunjukkan apakah ijazah tersebut sah atau tidak. Jika ijazah tersebut sah, Anda dapat mencatat hasil verifikasi sebagai bukti keabsahan.

2. Cara Cek Ijazah Asli Melalui Data Kemdikbud (Khusus SD-SMA)

1. Bukalah Browser

Buka peramban web melalui perangkat yang Anda miliki, seperti ponsel cerdas atau komputer.

2. Kunjungi Situs Resmi

Akses situs resmi Kemdikbud yang digunakan untuk memeriksa data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), yaitu https://nisn.data.kemdikbud.go.id.

3. Masukkan Data NISN

Pada situs web, masukkan data NISN yang relevan. Selain NISN, Anda juga akan diminta untuk memasukkan nama ibu kandung siswa sebagai langkah verifikasi tambahan.

4. Centang Kode Captcha

Biasanya, sistem verifikasi akan meminta Anda untuk memasukkan kode Captcha atau kode keamanan yang ditampilkan di layar. Pastikan Anda memasukkan kode tersebut dengan benar.

5. Klik “Cari Data”

Setelah memasukkan semua data yang diperlukan, klik tombol “Cari Data” untuk memulai proses pencarian.

6. Hasil Pencarian

Sistem akan memproses data yang Anda masukkan dan memberikan hasil pencarian. Jika data yang Anda masukkan sesuai, maka akan muncul data NISN yang terdaftar untuk siswa yang bersangkutan.

3. Cara Cek Profil Mahasiswa Melalui Forlap Riset Dikti

1. Buka Browser

Buka peramban web melalui perangkat yang Anda miliki, seperti ponsel cerdas atau komputer.

2. Kunjungi Situs Resmi

Akses situs resmi Forlap Riset Dikti yang digunakan untuk mencari profil mahasiswa, yaitu https://pddikti.kemdikbud.go.id.

3. Isi Data yang Diminta

Pada situs web, Anda akan diminta untuk mengisi data yang diperlukan untuk mencari profil mahasiswa. Informasi yang biasanya diminta termasuk nama mahasiswa, NIM (Nomor Induk Mahasiswa), nama perguruan tinggi, dan program studi yang bersangkutan.

4. Lakukan Proses Verifikasi

Sistem verifikasi akan meminta Anda untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot dengan memilih kotak “I’m not a robot.” Ini biasanya melibatkan mengklik kotak verifikasi captcha atau tanda lainnya untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia.

5. Klik “Cari”

 Setelah Anda memasukkan semua data yang diperlukan dan menyelesaikan proses verifikasi, klik tombol “Cari” atau “Search” untuk memulai proses pencarian.

6. Hasil Pencarian

Sistem akan memproses data yang Anda masukkan dan memberikan hasil pencarian. Jika data yang Anda masukkan sesuai, maka akan muncul profil mahasiswa yang sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan.

Baca juga : Berikut Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar

Mengatasi Perbedaan Data di  PDDIKTI

1. Pastikan Data Ijazah Diisi dengan Benar

Penting untuk memastikan bahwa data yang Anda masukkan saat memeriksa atau mengisi informasi ijazah adalah akurat. Kesalahan penulisan nomor ijazah atau nomor seri dapat menghasilkan informasi yang tidak akurat.

2. Verifikasi Keaslian Ijazah

Jika Anda memiliki keraguan tentang keaslian sebuah ijazah, sebaiknya lakukan verifikasi fisik atau menghubungi langsung lembaga pendidikan yang bersangkutan. Lembaga pendidikan biasanya dapat memberikan informasi yang akurat tentang ijazah.

3. Gunakan Sumber Resmi

Sumber resmi seperti situs web resmi Kemdikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) adalah tempat terbaik untuk memeriksa atau mencari data pendidikan tinggi dan ijazah. Situs resmi seperti https://ijazah.kemdikbud.go.id dan https://pddikti.kemdikbud.go.id yang memberikan informasi yang akurat dan terpercaya.

4. Hindari Layanan Pihak Ketiga yang Tidak Terpercaya

Untuk keamanan dan akurasi, hindari menggunakan layanan pihak ketiga yang tidak terpercaya atau situs web yang tidak resmi untuk memeriksa data pendidikan atau ijazah. Menggunakan sumber resmi adalah langkah yang lebih aman dan dapat diandalkan.

5. Manfaatkan Sumber Data yang Tersedia

Sumber data resmi seperti https://nisn.data.kemdikbud.go.id dapat digunakan untuk verifikasi data tingkat satuan pendidik dari SD, SMP, SMA/SMK. Ini adalah sumber informasi yang sah untuk memeriksa data pendidikan tingkat dasar hingga menengah.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!