Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar

8 Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar

Urutan berkas lamaran kerja yang benar adalah langkah awal yang sangat penting dalam mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan. Dengan mengikuti urutan yang tepat, pelamar dapat memberikan kesan yang positif kepada calon pemberi kerja.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci urutan dan pentingnya setiap berkas lamaran kerja, serta tips untuk membuatnya tampil menonjol di antara para pelamar lainnya.

Urutan Berkas Lamaran Kerja Agar Lamaran Dilirik HRD

Urutan berkas lamaran kerja yang tepat adalah kunci agar lamaranmu diperhatikan oleh HRD. Setiap berkas memiliki peran penting dalam memberikan gambaran lengkap tentang kualifikasi dan pengalamanmu kepada calon pemberi kerja. Berikut adalah urutan berkas lamaran kerja yang benar yaitu:

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang akan dilihat oleh HRD. Ini adalah kesempatanmu untuk memperkenalkan diri, menyebutkan posisi yang dilamar, dan mengapa kamu tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Pastikan surat lamaranmu ditulis dengan baik, jelas, dan menarik perhatian. Singkatnya, surat lamaran harus menjadi ‘penjual’ dirimu kepada perusahaan.

2. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Daftar riwayat hidup atau CV adalah ringkasan yang lebih rinci tentang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan prestasi kamu. Ini membantu HRD memahami latar belakangmu secara lebih mendalam.

Pastikan CVmu terstruktur dengan baik, mencakup informasi yang relevan, dan disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai adalah bukti formal pendidikanmu. Pastikan menyertakan salinan ijazah terkini beserta transkrip nilai yang mencerminkan prestasi akademikmu. Ini akan membuktikan kualifikasi pendidikanmu kepada perekrut.



4.  KTP dan KK

KTP dan KK adalah dokumen identitas dirimu. Ini diperlukan untuk verifikasi identitas. Pastikan menyertakan salinan yang jelas dan aktual dari kedua dokumen ini.

5.  Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru membantu HRD mengenali wajahmu. Pastikan foto tersebut bersih dan profesional. Gunakan latar belakang yang netral dan kenakan pakaian yang sesuai dengan etika berpakaian perusahaan.

6.  Sertifikat

Sertifikat mencerminkan keahlian atau pelatihan tambahan yang kamu miliki. Ini dapat menjadi nilai tambah yang signifikan dalam penilaian lamaranmu. Pastikan menyertakan salinan sertifikat yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

7.  Portofolio

Jika kamu bekerja dalam bidang yang memerlukan bukti kreativitas atau prestasi, seperti desain grafis, arsitektur, atau penulisan, maka sertakan portofolio yang menampilkan hasil kerjamu sebelumnya. Ini akan memberikan gambaran nyata tentang kemampuanmu kepada perekrut.

8.  Bukti Pengalaman Kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sertakan rincian tentang pekerjaan sebelumnya, termasuk nama perusahaan, posisi, tanggal mulai dan selesai, serta tanggung jawab yang diemban. Ini membuktikan pengalamanmu dalam lapangan yang relevan.

Pastikan juga untuk menyesuaikan lamaranmu dengan persyaratan dan budaya perusahaan yang kamu lamar.

Baca juga: Contoh Perencanaan Karir



Bagaimana Dengan Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email

Urutan berkas lamaran kerja via email dapat bervariasi, namun, ada beberapa pilihan urutan yang umum digunakan. Salah satu urutan yang umum adalah memulai dengan meletakkan foto diri, kemudian fotokopi KTP, diikuti oleh CV, surat lamaran kerja dan portofolio.

Ada juga yang memilih untuk menempatkan CV di bagian awal, diikuti oleh surat lamaran, portofolio, dan paklaring. Pilihan urutan ini tergantung pada preferensi pribadi dan panduan yang diberikan oleh perusahaan yang kamu lamar. Yang terpenting adalah pastikan semua berkas tersebut terlampir dengan benar dan mudah diakses oleh penerima email.

Baca juga: Perbedaan jurnalis dan wartawan

Referensi:

  • Ilham Budhiman. Diakses pada 2023. Urutan Berkas Lamaran Kerja Yang Benar Via Email Dan Amplop Agar Dilirik HRD.
  • Arkademi. Diakses pada 2023. 10 Urutan Berkas Lamaran Kerja dan Persyaratannya Supaya Dilirik HR.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!