10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

dimana letak tanggal ijazah

Dimana Letak Tanggal Ijazah? Berikut Informasi Selengkapnya

Dimana letak tanggal ijazah? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Sebenarnya mudah menemukan letaknya asalkan Anda lebih jeli karena tidak menutup kemungkinan tulisannya kecil dan terlewat saat dibaca.

Dengan mengetahui letaknya, Anda dapat mengenal ijazah tersebut diresmikan secara legal oleh instansi tertentu. Hal itu dikarenakan terkadang tanggal ijazah juga ditanyakan dalam proses perekrutan tenaga kerja untuk mengisi lowongan kerja di sebuah perusahaan.

Perusahaan lebih menginginkan untuk merekrut fresh graduate atau mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah dibanding sudah lama lulus, tetapi belum mempunyai pengalaman kerja di bidang tertentu. Oleh karenanya, dimana letak tanggal ijazah penting diketahui.

Ijazah untuk Melamar Pekerjaan

Ijazah menjadi salah satu dokumen penting yang harus disiapkan saat ingin melamar pekerjaan. Dimana ijazah tersebut merupakan bukti tertulis dan nyata dari seseorang sudah menyelesaikan studi sekolah terakhirnya.

Sebagai contoh, Anda yang ingin melamar pekerjaan sesuai kualifikasinya, yaitu minimal S1. Oleh karenanya, Anda harus mengirimkan fotokopi ijasah S1 yang sudah dilegalisir pihak kampus terkait. Ijazah tersebut menjadi bukti bahwa Anda benar-benar lulusan S1.

Bahkan, sangat mungkin pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan ingin ijazah dikirimkan lengkap dengan tanggal dikeluarkannya secara resmi. Mau tidak mau Anda harus mengetahui dimana letak tanggal ijazah.

Dimana tanggal ijazahnya harus jelas agar bisa diketahui waktu dirilisnya. Dengan begitu, pihak perusahaan benar-benar yakin ijazahnya asli, original, serta ada tanggal perilisannya yang dapat dibaca jelas.

Jadi, ijazah Anda yang ingin disertakan dalam surat lamaran pekerjaan harus jelas dan asli. Jangan sampai Anda menyertakan ijazah asli tapi palsu atau aspal karena jika ketahuan dapat berurusan dengan pihak berwajib.

Jadi, Anda tetap harus memperhatikan dimana letak tanggal ijazah karena cukup penting. Maka dari itu, sebaiknya mencari pekerjaan yang tingkat pendidikannya disesuaikan dengan kualifikasi sendiri. Jika Anda lulusan SMA sederajat, 

maka carilah lowongan kerja dengan kualifikasi pendidikan tersebut. Begitu juga jika Anda lulusan S1. Namun kenyataannya sekarang, tidak sedikit lulusan S1 melamar kerja di berbagai perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan lulusan SMA sederajat. 

Hal tersebut menjadi fenomena tersendiri dimana lowongan kerja sekarang semakin sedikit. Oleh karenanya, banyak pencari kerja berebutan untuk mendapatkan pekerjaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kualifikasi dan latar belakang pendidikannya. 

Dimana Letak Tanggal Ijazah yang Perlu Diketahui?

Perlu Anda ketahui dan pahami dulu bahwa tanggal di ijazah sebagai bukti bahwa dokumen penting tersebut benar-benar sudah dikeluarkan secara resmi oleh instansi tertentu. Jika sudah ada tanggal, bulan, dan tahun, maka ijazahnya dipastikan asli dan tidak menipu.

Sementara itu, letak dari tanggal ijazah berbeda-beda tergantung desain ijazahnya sendiri. Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan tiap instansi pendidikan meluncurkan ijazah untuk semua lulusannya dengan desain berbeda.

Oleh karenanya, tanggal yang tercetak di ijazahnya tentu juga letaknya berbeda-beda. Namun demikian, tanggal ijazah tersebut sangat penting dan harus ada di dalam lembar dokumennya sebagai salah satu bukti originalitasnya.

Silahkan Anda ambil dan lihat dengan saksama ijazah milik sendiri, seperti ijazah SMA atau S!. Carilah tanggal ijazahnya yang biasanya ada di bagian tengah. Namun, bisa juga tanggalnya dicetak di awal atau akhir ijazah.

Jika sudah menemukannya, berarti ijazah tersebut memang benar-benar asli dan bisa dijadikan lampiran resmi saat Anda ingin melamar pekerjaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menanyakan lagi dimana letak tanggal ijazah.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan garmen membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA sederajat. Anda yang baru saja lulus sekolah bisa segera mengirimkan surat lamaran pekerjaannya beserta beberapa dokumen penting lainnya dalam lampirannya.

Ternyata, perusahaan garmen tersebut ingin merekrut karyawan yang lulus di tahun 2022 alias fresh graduate. Anda tidak perlu cemas karena tanggal, bulan, dan tahun diterbitkan ijazahnya juga tahun 2022.

Hal tersebut bisa diketahui dari tanggal ijazahnya. Selanjutnya, Anda bisa memfotokopi ijazahnya atau dijadikan format digital untuk segera dikirimkan beserta surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup.

Jad, jangan meremehkan perihal tanggal perilisan ijazah karena juga penting. Setelah membaca uraian diatas, dimana letak tanggal ijazah bisa segera Anda ketahui untuk proses lamaran pekerjaan.

Bagikan Artikel: