Dimana Letak Tanggal Ijazah

Dimana Letak Tanggal Ijazah? Berikut Informasi Selengkapnya

Dimana letak tanggal ijazah? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Sebenarnya mudah menemukan letaknya asalkan Anda lebih jeli karena tidak menutup kemungkinan tulisannya kecil dan terlewat saat dibaca.

Dengan mengetahui letaknya, Anda dapat mengenal ijazah tersebut diresmikan secara legal oleh instansi tertentu.

Hal itu dikarenakan terkadang tanggal ijazah juga ditanyakan dalam proses perekrutan tenaga kerja untuk mengisi lowongan kerja di sebuah perusahaan.

Untuk apa mengetahui dimana letak tanggal ijazah? Perusahaan lebih menginginkan untuk merekrut fresh graduate atau mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah dibanding sudah lama lulus, tetapi belum mempunyai pengalaman kerja di bidang tertentu.

Selain itu, saat mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah tanggal lulus dan tanggal ijazah baik untuk ijazah SMA maupun S1.

Oleh karenanya,letak tanggal ijazah penting diketahui saat Anda hendak melamar kerja di perusahaan swasta ataupun CPNS.

Apa Itu Tanggal Ijazah?

Tanggal ijazah adalah tanggal dikeluarkannya ijazah tersebut. Tanggal ijazah disesuaikan dengan tanggal pengumuman kelulusan dari sekolah.

Sesuai aturan terbaru, Petunjuk Teknis (Juknis) Nomor 14201/A5/HK/2021 dan Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021, berikut cara melihat letak tanggal ijazah SMA, lulusan SMK dan sederajat:

  • Tanggal ijazah terletak di kanan bawah halaman depan ijazah
  • Tanggal ijazah ditulis di atas tanda tangan kepala sekolah atau madrasah
  • Tanggal ijazah dicantumkan setelah kabupaten/kota tempat dikeluarkannya ijazah tersebut

Contoh: Jakarta, 26 Oktober 2023

Baca juga: Cara Melihat Nomor Ijazah dengan Benar

Dimana Letak Tanggal Ijazah yang Perlu Diketahui?

Perlu Anda ketahui dan pahami dulu bahwa tanggal di ijazah sebagai bukti bahwa dokumen penting tersebut benar-benar sudah dikeluarkan secara resmi oleh instansi tertentu. Jika sudah ada tanggal, bulan, dan tahun, maka ijazahnya dipastikan asli dan tidak menipu.

Sementara itu, letak dari tanggal ijazah berbeda-beda tergantung desain ijazahnya sendiri. Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan tiap instansi pendidikan meluncurkan ijazah untuk semua lulusannya dengan desain berbeda.

Oleh karenanya, tanggal yang tercetak di ijazahnya tentu juga letaknya berbeda-beda. Namun demikian, tanggal ijazah tersebut sangat penting dan harus ada di dalam lembar dokumennya sebagai salah satu bukti originalitasnya.

Letak Tanggal Ijazah SMA

Jika Anda mencari letak tanggal ijazah SMA, Tanggal ijazah SMA umumnya terletak tepat di atas tanda tangan kepala sekolah dari satuan pendidikan tersebut. Letak persisnya terdapat pada sudut kanan bawah ijazah.

Letak Tanggal Ijazah S1

Silahkan Anda ambil dan lihat dengan saksama ijazah milik sendiri untuk lulusan S1. Umumnya tanggal ijazah ditulis pada bagian bawah dengan tulisan tangan serta diawali dengan nama kabupaten/kota tempat dari lokasi penerbitan ijazah.



Letak Tanggal Lulus S1

Secara umum, penempatan tanggal lulus S1 berada di bagian tengah ijazah. Anda dapat melihatnya sebagai tulisan yang ditandai dengan kalimat “Dinyatakan lulus pada tanggal…..”. atau bisa juga dengan kalimat “Tanggal Lulus:…”

Jika sudah menemukannya, berarti ijazah tersebut memang benar-benar asli dan bisa dijadikan lampiran resmi saat Anda ingin melamar pekerjaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menanyakan lagi dimana letak tanggal ijazah.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan garmen membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA sederajat. Anda yang baru saja lulus sekolah bisa segera mengirimkan surat lamaran pekerjaannya beserta beberapa dokumen penting lainnya dalam lampirannya.

Ternyata, perusahaan garmen tersebut ingin merekrut karyawan yang lulus di tahun 2023 alias fresh graduate. Anda tidak perlu cemas karena tanggal, bulan, dan tahun diterbitkan ijazahnya juga tahun 2023.

Hal tersebut bisa diketahui dari tanggal ijazahnya. Selanjutnya, Anda bisa memfotokopi ijazahnya atau dijadikan format digital untuk segera dikirimkan beserta surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup.

Jadi, jangan meremehkan perihal tanggal perilisan ijazah karena juga penting. Setelah membaca uraian di atas, dimana letak tanggal ijazah bisa segera Anda ketahui untuk proses lamaran pekerjaan.

Untuk menambah pemahaman Anda mengenai letak tanggal ijazah di bawah ini kami lampirkan contohnya.

Baca juga: 10 Contoh Kop Surat dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Contoh Letak Tanggal Ijazah

1. Letak Tanggal Ijazah SD, SMP, SMA/SMK sederajat

Letak Tanggal Ijazah SD, SMP, SMA/SMK sederajat

Umumnya pencantuman tanggal ijazah untuk tingkat Ijazah SD, SMP, SMA/SMK sederajat memiliki letak tanggal ijazah di posisi yang sama, yaitu di atas tanda tangan kepala sekolah.

2. Letak Tanggal Ijazah Perguruan Tinggi

Letak Tanggal Ijazah Perguruan Tinggi

Berbeda dengan ijazah tingkat SD, SMP dan SMA, letak tanggal ijazah tingkat perguruan tinggi berada di bagian isi paling bawah.

Semoga contoh-contoh yang sudah kami beri tanda merah di atas dapat mempermudah Anda untuk mengetahui dimana letak tanggal pada ijazah yang mungkin sedang Anda cari-cari sekarang ini.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.