contoh kop surat

10 Contoh Kop Surat dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Contoh kop surat merupakan salah satu surat yang dikirim oleh suatu lembaga, organisasi dan sifatnya formal. Sebuah surat dinas ini mempunyai beberapa komponen penting dalam perancangannya, mulai dari alamat penerima surat, nomor surat, tujuan, isi, serta bentuk surat.

Dilansir dari Kumparan.com, kop surat merupakan bagian surat paling atas yang berfungsi untuk memudahkan penerima surat untuk mengetahui nama dan alamat instansi, organisasi, atau perusahaan tempat surat tersebut berasal. Kop surat sangat penting untuk diperhatikan, berikut ini contohnya yuk simak!!!

Struktur Kop Surat

Dilansir dari detik.com, berikut ini struktur kop surat yaitu :

Logo perusahaan atau instansi Anda biasanya ditempatkan di bagian paling atas kop surat. Logo ini adalah identitas visual yang mengidentifikasi perusahaan atau instansi Anda. Pastikan logo terlihat jelas dan tidak terlalu besar sehingga tidak mengganggu tata letak keseluruhan surat.

2. Nama Instansi

 Di bawah logo atau di bagian atas kop surat, tuliskan nama instansi atau perusahaan Anda dengan menggunakan huruf kapital. Ini harus menjadi elemen utama yang mencolok pada kop surat.

3. Alamat

 Alamat lengkap instansi atau perusahaan harus ditempatkan di bawah nama instansi. Termasuk nama jalan, nomor gedung, lantai (jika ada), kota, kode pos, dan negara jika surat ditujukan ke luar negeri. Pastikan untuk tidak menyingkat nama jalan atau alamat.



4. Nomor Telepon

Nomor telepon kantor juga harus dicantumkan di kop surat, biasanya ditempatkan setelah alamat. Pastikan untuk menyertakan kode area jika diperlukan. Huruf awal pada nomor telepon juga harus menggunakan huruf kapital.

5. Email

 Alamat email resmi instansi atau perusahaan harus ditulis dengan huruf kapital pada huruf awal dan seluruh alamat email. Biasanya, alamat email ditempatkan di bawah nomor telepon.

6. Website Resmi

 Website resmi instansi atau perusahaan juga harus dicantumkan di kop surat. Seperti halnya dengan email, pastikan untuk menggunakan huruf kapital pada huruf awal dan seluruh alamat website.

7. Informasi Tambahan Khusus untuk Surat Niaga

Jika surat Anda bersifat bisnis atau surat niaga, Anda dapat menambahkan informasi tambahan seperti macam-macam usaha atau bidang kegiatan perusahaan. Juga, mungkin relevan untuk mencantumkan nomor izin usaha atau lisensi yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga : Bentuk-bentuk Surat yang Bisa Anda Coba Buat

Cara Mudah Membuat Kop Surat



1. Buat Kop Surat di Microsoft Word

  • Pertama, bisa langsung membuka aplikasi Microsoft Word. Lanjut klik menu Judul yang ada di bagian atas tabel.
  • Lalu tuliskan nomor telepon, nama, identitas, serta alamat bisnis Anda.
  • Lanjut klik Tambah dan pilih Gambar, dan logo perusahaan Anda.
  • Terakhir, bisa langsung gambar garis pemisah pada contoh kop surat.

2. Cara Buat Kop Surat di Excel

  • Pertama, bisa langsung membuka aplikasi Microsoft Excel.
  • Pilihlah salah satu sel yang ada di bagian atas lembar kerja. Lanjut tulis nama, identitas, nomor telepon, dan alamat perusahaan Anda.
  • Kemudian, klik Sisipkan, Gambar, dan langsung tempel logo perusahaan Anda ke dalam sel kosong yang ada di bagian atas lembar kerja.
  • Terakhir, bisa langsung membuat garis pemisah pada contoh kop surat.

3. Cara Buat Kop Surat di Canva

  • Pertama, buka canva dan masuk
  • Pilihlah template yang tersedia
  • Kemudian, edit teks dan sesuaikan logo atau gambar instansi
  • Terakhir, simpan dan unduh.

Baca juga: Contoh Surat Berita Acara dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Contoh dari Kop Surat Formal 

1. Kop Surat Instansi Pemerintah

Sumber : jdihn.com

Kantor-kantor negara ini sebenarnya mempunyai formulir surat dengan asal logo kantor sebagai salah satu indikasi pengirim surat dinas yang sah. Biasanya, surat resmi ini yang berisi undangan rapat, pengumuman, dan surat kerja sama.

2. Kop Surat Perusahaan 

Sumber : brainly.com

Perusahaan yang menawarkan barang jasa tentunya memang perlu surat resmi untuk berbagai jenis keperluan eksternal dan internal Hal ini tentunya harus bisa disertai dengan contoh kop surat lengkap dan logo perusahaan di sisi kanan atau kiri surat.

Baca Juga : Daftar Perusahaan BUMN yang Mengikuti Rekrutmen Bersama 2023

3. Kop Surat Universitas

Sumber : tokopedia.com/blog

Universitas dijadikan sebagai salah satu merek dagang universitas, tentu saja universitas ini memiliki logo dan kop surat sendiri.  Surat resmi yang telah dikeluarkan perguruan tinggi hampir sama dengan surat ujian, surat ujian, surat dinas, surat dinas lainnya yang dikeluarkan sekolah. 

4. Kop Surat Yayasan 

Sumber : nesabamedia.com

Organisasi atau badan hukum yang telah didirikan untuk bisa mencapai tujuan sosial, agama, atau kemanusiaan tertentu. Sebagai salah satu badan atau lembaga pemerintah, yayasan wajib sekali membuat surat dinas yang telah dibubuhi oleh kop surat resmi dan logo yayasan.

5. Kop Surat Sekolah

Sumber : sman27bdg.com

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang biasanya telah mengirimkan surat resmi kepada siswa. Biasanya surat ini telah dikirimkan pada saat liburan sekolah, ujian sekolah maupun pengumuman sekolah. 

Surat sekolah ini tentunya harus menggunakan contoh kop surat dengan adanya lambang Tut Wuri Handayani maupun logo sekolah kota atau kabupaten.

Baca Juga : Jenis Loker Lulusan SMK untuk Semua Jurusan Terbaru

6. Kop Surat Organisasi

Sumber : popbela.com

Ada banyak sekali organisasi yang ada di Indonesia mulai dari organisasi kesehatan, organisasi masyarakat, dan organisasi lainnya. Tentunya grup yang besar akan mempunyai kop surat sendiri yang nantinya digunakan untuk bida membuat surat resmi.

Misalnya saja seperti undangan acara atau kegiatan yang akan diselenggarakan oleh organisasi.

7. Kop Surat Koperasi

Sumber : kibrispdr.org

Koperasi merupakan salah satu organisasi yang dimiliki dan dipimpin oleh sekelompok orang bekerja sama. Hal ini tentunya untuk bisa mengelola usaha keluarga dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 

Di dalam penulisan surat, koperasi juga telah menggunakan berbagai macam bentuk surat sebagai salah satu tanda resminya organisasi tersebut.

8. Kop surat perwakilan mahasiswa

Sumber : mondoggiemusic

BEM atau perwakilan mahasiswa, dikenal sebagai salah satu dari organisasi cabang perusahaan. Organisasi ini mempunyai kop surat dengan dua logo, yakni logo universitas maupun logo BEM. 

Membuat surat dinas BEM dikenal sebagai salah satu surat acara, surat undangan dan masih banyak lainnya. Contoh kop surat saat ini sebenarnya sangat mudah.

9. Kop Surat Pondok Pesantren

Sumber : tokopedia.com/blog

Pondok Pesantren adalah institusi pendidikan tradisional di Indonesia yang mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam. Pondok pesantren, atau yang sering disingkat menjadi pesantren, adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia.

Surat pondok pesantren dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang diselengarakan oleh pesantren.

Baca Juga : Jangan Salah Inilah Contoh Undangan Resmi. Apa Saja? Simak Selengkapnya

10. Kop Surat Rumah Sakit

Sumber : radarpekanbaru.com

Rumah sakit adalah instansi medis yang menyediakan berbagai jenis perawatan kesehatan kepada pasien. Ini bisa berupa tempat pelayanan medis yang luas, mencakup beragam spesialisasi dan fasilitas, atau bisa juga berupa klinik yang lebih kecil dan terfokus pada layanan medis tertentu.

Surat rumah sakit bisa memiliki banyak tujuan, tergantung pada konteksnya. Surat dari rumah sakit memiliki peran penting dalam memberikan informasi resmi, mendokumentasikan tindakan medis, dan memfasilitasi komunikasi antara pasien, dokter, dan berbagai pihak yang terlibat dalam perawatan kesehatan.

Reference :

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6217679/10-contoh-kop-surat-dan-cara-membuatnya

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-kop-surat-dan-tutorial-cara-membuatnya-di-microsoft-word-1ztzMyK2DVa/full


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.