Contoh surat berita acara

Contoh Surat Berita Acara dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Contoh surat berita acara atau BAST merupakan salah satu dokumen penting yang biasanya diterbitkan dengan penyerahan barang atau jasa. Dokumen ini seringkali diperlukan di dalam dunia bisnis.

Hal ini tentunya mencakup penyerahan barang kepada lembaga. Informasi kali ini akan membahas tentang contoh dari surat berita acara. 

Definisi Contoh Surat Berita Acara

Bast dikenal sebagai salah satu dokumen penting untuk transfer pembayaran yang akan dihasilkan pemasok barang maupun jasa setelah pekerjaan selesai. BAST ini telah ditandatangani oleh mitra kerja (PPK) dan penyedia jasa setelah dilakukan pengecekan.

Hal ini akan disesuaikan spesifikasi barang/jasa yang akan diserahkan dengan dokumen telah disepakati. Bast merupakan salah satu bukti penerimaan barang atau jasa. 

Secara umum, dokumen ini telah dikeluarkan atau digunakan saat barang atau jasa dipasok ke pemerintah perusahaan dalam skala besar. Bast ini dapat diatur dalam berbagai macam peraturan pemerintah, khususnya Perpres 16 Tahun 2018

Pasal 57 telah menyebutkan apabila pekerjaan sudah selesai sekitar 100 persen sesuai dengan ketentuan kontrak. Bahkan, penyedia barang/jasa akan langsung mengajukan pertanyaan tertulis kepada PPK terkait barang atau jasa. 

Meskipun saat ini ada banyak jenis berita acara, ada kesamaan berita acara sehingga identik menjadi ciri, sebagai berikut:

  • Gunakanlah bahasa baku yang mudah dimengerti dan dibuat sesuai fakta, tanpa ada tambahan apapun
  • Telah ditulis dengan lengkap, padat serta jelas
  • Menampilkan berbagai macam detail keterangan waktu dan tempat peristiwa atau kegiatan
  • Telah dibuat segera setelah sebuah peristiwa terjadi atau kegiatan dilaksanakan.
  • Telah ditandatangani oleh pihak-pihak yang bersangkutan.
  • Menggunakan materai (khusus untuk yang akan dapat digunakan keperluan pengadilan)

Baca juga: Struktur dan Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Perusahaan

Format dari Berita Acara Serah Terima

Dokumen serah terima ini tentunya sudah memiliki format formal yang harus diikuti. Berikut ini sudah ada beberapa Contoh surat berita acara, antara lain:

1. Kepala Kop Serah Terima 

Biasanya, kepala departemen atau lembaga yang akan membuat protokol transfer. Namun, bagian ini juga nantinya dapat dihilangkan. 

2. Judul Berita 

Apabila perlu, maka judul protokol transmisi biasanya ditulis setelah kop surat. Contohnya saja, log relokasi, log pengiriman barang/jasa, dan lainnya.



3. Nomor BAST

Contoh surat berita acara harus ini mempunyai nomor untuk memudahkan berbagai macam pengambilan naskah dinas. 

4. Tanggal Penerbitan 

Biasanya, awal konten BAST ini telah diawali dengan penyebutan tanggal rilis BAST.

5. Nama Penandatangan

Contoh surat berita acara selanjutnya yaitu ada nama pihak yang berwenang menandatangani protokol transfer. Secara umum tidak hanya berisi nama tetapi juga jabatan, nomor pribadi, serta alamat. 

6. Pernyataan Serah Terima 

Sisipkan delivery notice setelah nama maupun identitas kedua belah pihak, misalnya saja:

“Hal ini tentunya untuk menyatakan bahwa Pihak Pertama telah mengirimkan kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua telah menerima pengiriman barang…” dan yang lainnya.

7. Tutup

Contoh surat berita acara yang terakhir adalah penutup, seperti di bawah ini:

“Itu sebabnya protokol transmisi ini akan dibuat agar bisa digunakan dengan benar”.



8. Tanda Tangan

Contoh surat berita acara ditandatangani oleh kedua belah pihak atau lebih yang terlibat dalam upacara serah terima.

9. Lampiran

Apabila perlu, maka lampirkan juga data atau informasi tentang barang/jasa/dokumen/pos yang ditransfer ke event log.

Selain contoh surat berita acara yang dijelaskan di atas, berikut ini adalah contoh formatnya antara lain:

Beberapa penjelasan terkait surat berita acara yang perlu diketahui dengan jelas. Jadi Anda bisa langsung membuat surat berita acara ini agar dibuat dengan maksimal.

Baca juga: Contoh Surat Dispensasi untuk Kegiatan Kuliah

Namun, perlu diketahui Anda harus memperhatikan contoh surat ini dengan seksama. Contoh surat berita acara saat ini bisa langsung digunakan dengan mudah.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.