contoh surat dispensasi

Contoh Surat Dispensasi untuk Kegiatan Kuliah

Sebagai mahasiswa, Anda perlu mempelajari struktur dan contoh surat dispensasi. Ya, surat dispensasi ini ditujukan sebagai surat izin untuk tidak mengikuti kegiatan perkuliahan. Sehingga, dosen tetap mengabsen Anda meskipun tidak mengikuti mata kuliah tersebut.

Memang, masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui terkait pembuatan surat dispensasi. Selain itu, mahasiswa juga belum mengetahui peran dari surat dispensasi dalam kegiatan perkuliahan.

Dengan memberikan surat dispensasi, maka tujuannya adalah meminta izin untuk tidak mengikuti civitas akademik di lingkungan kampus dengan alasan tertentu. Oleh sebab itu peran dari surat dispensasi ini cukup penting dalam kegiatan perkuliahan.

Peran Penting Surat Dispensasi untuk Kegiatan Perkuliahan

Sebagai seorang mahasiswa, tentu Anda dituntut untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap civitas perkuliahan. Artinya, Anda diharuskan untuk mengurus izin secara mandiri apabila tidak dapat mengikuti mata kuliah tertentu bila berhalangan hadir.

Sebab, dosen akan mengabsen mahasiswa yang tidak hadir dalam mata kuliah tertentu. Maka dari itu, Anda diwajibkan untuk mengurus surat dispensasi apabila tidak dapat hadir karena mengikuti kegiatan lain.

Sebelum membahas tentang contoh surat dispensasi, maka Anda wajib mempelajari apa peran penting dari penggunaan surat dispensasi. Sehingga, Anda tidak boleh sembarangan membuat surat dispensasi palsu untuk tidak menghadiri mata kuliah tertentu.

Oleh karena itu, ini dia peran penting dari penggunaan surat dispensasi untuk kegiatan perkuliahan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Memberikan Pemakluman Ketika Izin Mengikuti Mata Kuliah

Peran yang pertama, surat dispensasi ini digunakan untuk memberikan pemakluman apabila seorang mahasiswa tidak dapat mengikuti mata kuliah tertentu. Harapannya, dosen tetap mengabsen mahasiswa yang izin dengan menyertakan surat dispensasi.

Akan tetapi, penyebab izin tidak mengikuti mata kuliah tertentu harus jelas dan jujur. Jika tidak, maka pihak kampus dapat memberikan teguran atau sanksi terhadap mahasiswa yang membuat contoh surat dispensasi palsu.

Baca juga: Contoh surat domisili

  1. Memberikan Kemudahan dan Keringanan bagi Mahasiswa

Peran yang kedua, surat dispensasi ini juga memberikan kemudahan atau keringanan terhadap mahasiswa. Sebab, surat dispensasi khusus ini umumnya didapatkan oleh mahasiswa yang mewakili suatu kampus.

Sehingga, mereka mendapat kemudahan atau keringanan dari dosen apabila terdapat beban tugas yang belum diselesaikan. Rata-rata, dosen memberikan waktu tambahan bagi mahasiswa dengan surat dispensasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan.

  1. Mendapat Hak Tambahan 

Peran yang ketiga, surat dispensasi ini memberikan hak tambahan bagi mahasiswa tertentu. Salah satunya adalah memberikan hak tambahan berupa materi kuliah yang terlewat. Sehingga, mahasiswa dengan surat dispensasi dapat belajar secara mandiri.

Ragam Contoh Surat Dispensasi untuk Kegiatan Perkuliahan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah membahas tentang peran dari surat dispensasi, maka kami juga akan membahas tentang surat dispensasi yang benar untuk kegiatan perkuliahan. Dengan begitu, maka Anda dapat membuat surat dispensasi sesuai dengan contoh yang telah diberikan.

Setelah mengetahui contoh surat dispensasi, maka segera buat surat untuk meminta izin tidak mengikuti mata kuliah tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat surat dispensasi.

Sehingga surat tersebut dianggap sah oleh pihak kampus. Hal yang pertama adalah kop surat. Ya, surat dispensasi harus menyertakan kop surat kampus tempat Anda menuntut ilmu. Hal yang kedua adalah nomor surat.

Hal yang ketiga dalam membuat contoh surat dispensasi adalah salam pembuka. Perhatikan dalam penggunaan salam pembuka. Hindari adanya kesalahan ejaan agar surat dispensasi dianggap sah oleh pihak kampus. Hal yang keempat adalah isi surat dispensasi.

Gunakan kata yang baku dan terkesan formal. Sebab, surat dispensasi masuk dalam kategori surat resmi dan penting. Setelah itu, sertakan alasan tujuan dari surat dispensasi. Apakah Anda tidak mengikuti mata kuliah tertentu karena izin atau mewakili kampus untuk ajang khusus.

Hal yang kelima, sertakan kalimat penutup dalam pembuatan surat dispensasi. Gunakan juga kata yang baku dalam membuat kalimat penutup. Sehingga, surat dispensasi untuk kegiatan perkuliahan dapat diterima dengan baik oleh pihak kampus.

Surat dispensasi merupakan salah satu surat resmi yang dibuat oleh mahasiswa. Tujuannya, surat dispensasi ini untuk izin tidak mengikuti mata kuliah tertentu. Maka dari itu, pelajari struktur dari contoh surat dispensasi untuk kegiatan perkuliahan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!