contoh surat pengangkatan karyawan

Struktur dan Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Perusahaan

Dalam perusahaan, tugas seorang HRD adalah mempelajari tentang struktur maupun contoh surat pengangkatan karyawan. Ya, rata-rata perusahaan di Indonesia masih menggunakan sistem kontrak bagi para karyawan.

Perusahaan hanya memberikan surat pengangkatan bagi karyawan yang telah bekerja cukup lama dan memberikan impact khusus bagi tempatnya bekerja. Hanya saja, masih banyak HRD yang tidak mengetahui betul bagaimana cara menulis surat pengangkatan bagi karyawan.

Sehingga, para karyawan hanya mendapat sebuah surat yang menyatakan bahwa dirinya telah diangkat sebagai pegawai tetap. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara menulis surat pengangkatan karyawan tetap perusahaan.

Pentingnya Mempelajari Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Perusahaan

Salah satu tugas seorang HRD perusahaan adalah mempersiapkan surat pengangkatan bagi karyawan tertentu. Ya, rata-rata karyawan yang telah bekerja puluhan tahun akan diangkat menjadi pegawai tetap.

Dan tugas seorang HRD adalah mempersiapkan surat pengangkatan untuk ditandatangani oleh karyawan tersebut. Sebelum membahas tentang contoh surat pengangkatan karyawan, maka pelajari juga apa pentingnya surat tersebut bagi karyawan perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Memberikan Kontrak Kerja hingga Masa Pensiun

Peran yang pertama, surat pengangkatan karyawan ini bertujuan untuk memberikan kontrak kerja hingga masa pensiun bagi pegawai tertentu. Ya, beberapa karyawan yang berprestasi teradan mendapat kontrak kerja hingga memasuki masa pensiun.

Dengan adanya surat pengangkatan, maka dapat dikatakan bahwa pegawai tersebut mendapat posisi kerja yang ditempati hingga memasuki masa pensiun dari perusahaan tersebut.

  1. Mendapat Hak Sebagai Karyawan Tetap

Peran yang kedua, surat pengangkatan tersebut menjadi sebuah bukti bahwa yang bersangkutan telah diterima di suatu instansi perusahaan. Sehingga, seorang karyawan tetap akan mendapat hak dan tunjangan dari perusahaan.

Dalam surat pengangkatan, pihak perusahaan wajib menjabarkan apa saja hak-hak yang akan didapatkan oleh karyawan tetap.

Baca juga: Contoh surat dispensasi

  1. Terikat dengan Aturan dari Perusahaan

Peran yang ketiga, adanya surat pengangkatan karyawan tetap ini menandakan bahwa seorang pegawai wajib taat terhadap aturan perusahaan. Ya, seorang karyawan tetap harus patuh dan tunduk pada aturan perusahaan.

Dan jika Anda melanggar, maka contoh surat pengangkatan karyawan dapat dianggap batal. Oleh karena itu, pelajari dengan seksama isi dari surat pengangkatan karyawan sebelum menandatanganinya.

Struktur Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Tetap

Dalam pembuatan surat pengangkatan karyawan tetap, maka Anda harus mempelajari strukturnya terlebih dahulu. Sebab, masih banyak HRD yang belum mengetahui struktur dalam pembuatan surat pengangkatan karyawan tetap.

Sehingga, letak kesalahan dalam pembuatan surat tersebut ada pada strukturnya. Maka dari itu, Anda harus paham betul terkait ragam struktur dalam penulisan surat pengangkatan karyawan tetap.

Yang pertama adalah nama karyawan tetap. Yang kedua, biodata lengkap dari pegawai yang akan diangkat menjadi karyawan tetap. Yang ketiga, tanggal mulai bekerja dan posisi yang akan ditempati oleh karyawan tersebut.

Yang keempat, struktur contoh surat pengangkatan karyawan adalah nominal gaji yang akan didapatkan oleh pegawai tetap. Ya, perusahaan harus memberikan rincian besaran gaji yang akan didapatkan oleh karyawan tetap. 

Yang kelima, hak-hak seorang karyawan harus tertuang pada surat pengangkatan. Yang keenam, aturan-aturan yang harus ditaati oleh karyawan tetap. Selain itu, perusahaan juga mencantumkan konsekuensi apabila karyawan tetap melanggar aturan yang berlaku.

Salah satu konsekuensinya adalah mendapat surat peringatan dari HRD. Selain itu konsekuensi terparah adalah dipecat dari tempat Anda bekerja karena melanggar berbagai aturan di perusahaan.

Yang keenam, tersedianya kolom untuk membubuhkan tanda tangan dan nama terang karyawan. Yang wajib membubuhkan tanda tangan hanya atas nama karyawan tetap dari perusahaan tersebut.

Struktur Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Tetap di Perusahaan 

Apabila Anda telah memahami peran dan struktur penulisan surat pengangkatan karyawan tetap, maka segera ketahui contohnya. Sebab, dari contoh ini tentu Anda dapat membuat surat pengangkatan karyawan tetap. 

Sehingga, Anda bisa membuat surat pengangkatan karyawan tetap untuk suatu instansi perusahaan tertentu. Dan juga surat pengangkatan tersebut telah disesuaikan dengan aturan dari pemerintah. Untuk itu, Anda bisa melihat surat pengangkatan karyawan tetap di perusahaan. 

Sebagai seorang HRD, Anda bertugas untuk mempersiapkan surat pengangkatan karyawan tetap. Akan tetapi, masih banyak HRD yang mengetahui struktur penulisannya. Maka dari itu, pelajari struktur dan contoh surat pengangkatan karyawan tetap perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!