bentuk-bentuk surat

Bentuk-bentuk Surat yang Bisa Anda Coba Buat

Bentuk-bentuk surat menjadi semakin penting untuk diketahui. Dalam dunia digital yang serba cepat saat ini, mudah untuk melupakan seni menulis surat formal. Namun, ada kalanya mengirim surat formal sangat penting untuk berkomunikasi secara efektif. 

Baik Anda melamar pekerjaan, mengirimkan keluhan, atau mengungkapkan rasa terima kasih, surat resmi yang ditulis dengan baik dapat membuat semua perbedaan. 

Tetapi dengan berbagai jenis gaya penulisan surat yang tersedia, sangat penting untuk memilih yang tepat untuk kebutuhan komunikasi Anda. 

Bentuk-bentuk Surat yang Paling Umum

Ketika datang ke komunikasi formal, ada tiga bentuk surat utama yang bisa Anda dipilih yaitu format blok, format blok yang dimodifikasi, dan format semi-blok. Setiap gaya memiliki kekuatan dan kelemahan dan cocok untuk situasi yang berbeda.

1. Blok: fitur, kelebihan, dan kekurangannya

Blok adalah salah satu bentuk-bentuk surat yang banyak digunakan dalam korespondensi bisnis formal. Ini adalah gaya bersih dan profesional yang mudah dibaca dan biasanya digunakan untuk surat penyelidikan, lamaran kerja, atau proposal bisnis formal.

Gaya blok menampilkan semua garis yang rata dengan margin kiri dan spasi tunggal dengan spasi ganda di antara paragraf. Tanggal, penutupan, dan garis tanda tangan juga sejajar dengan margin kiri. 

Gaya ini dikatakan lebih formal daripada gaya blok yang dimodifikasi, karena tidak indent baris pertama dari setiap paragraf. Salah satu keuntungan besar menggunakan gaya blok adalah format yang sangat mudah dan mudah dibaca. 

Ini menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang ingin memastikan pesan disampaikan secara efektif. Selain itu, kurangnya lekukan dapat membuat surat terlihat lebih modern dan profesional.

Namun, ada juga beberapa kelemahan saat menggunakan salah satu dari bentuk-bentuk surat ini. Salah satunya adalah bahwa hal itu dapat membuat surat terlalu mencolok dan formal pada beberapa kesempatan. 

Selain itu, jika Anda memiliki banyak informasi untuk disampaikan, gaya blok dapat membuat huruf tampak padat dan tidak mengundang isi untuk dibaca.

2. Blok yang Dimodifikasi: fitur, kelebihan, dan kekurangannya

Salah satu dari bentuk-bentuk surat berikutnya adalah blok yang dimodifikasi. Ini adalah gaya penulisan huruf yang biasa digunakan dalam komunikasi formal. Gaya ini mirip dengan gaya blok penuh, namun dengan beberapa modifikasi. 

Dalam gaya ini, tanggal, alamat pengirim, dan penutupan semuanya selaras di tengah halaman. Tubuh huruf masih sejajar dengan margin kiri, seperti dalam gaya blok penuh.

Salah satu keuntungan dari gaya blok yang dimodifikasi adalah bahwa hal itu secara visual menarik dan mudah dibaca. 

Tanggal dan penutupan yang terpusat memberikan surat itu tampilan profesional, sedangkan badan surat yang sejajar kiri membuatnya mudah dibaca dan diikuti. 

Salah satu dari bentuk-bentuk surat ini juga lebih mudah diketik daripada gaya blok penuh, karena lebih sedikit ruang yang perlu diselaraskan.

Namun, ada juga beberapa kelemahan untuk menggunakan gaya blok yang dimodifikasi. Salah satu kelemahan utamanya adalah dapat membingungkan ketika ingin menggunakannya terutama bagi mereka yang tidak akrab dengan gaya ini. 

Selain itu, tanggal dan penutupan yang terpusat dapat memakan lebih banyak ruang pada halaman, yang mungkin menjadi perhatian untuk huruf yang lebih panjang.

3. Gaya Semiblock: fitur, kelebihan, dan kekurangannya

Gaya semi-blok adalah jenis gaya penulisan huruf yang biasa digunakan dalam komunikasi formal. Ini sangat mirip dengan gaya blok, tetapi dengan beberapa perbedaan dalam hal pemformatan dan struktur. 

Dalam salah satu dari bentuk-bentuk surat ini, baris pertama dari setiap paragraf diindentasikan, dan alamat dan tanggal pengirim ditempatkan di sisi kanan halaman.

Salah satu keuntungan menggunakan gaya semi-blok adalah tampilannya lebih modern dan kurang formal dibanding gaya full block. 

Ini bisa sangat berguna jika Anda menulis kepada seseorang yang memiliki hubungan yang lebih informal tetapi masih ingin mempertahankan tingkat professionalisme.

Keuntungan lain dari gaya semi-blok adalah lebih mudah dibaca daripada gaya blok penuh, karena paragraf yang menjorok membantu memecah teks dan membuatnya lebih menarik secara visual.

Baca juga: Contoh Surat Izin Sakit untuk Berbagai Keperluan

Namun, ada juga beberapa kelemahan menggunakan gaya semi-blok. Salah satu potensi masalahnya adalah gaya ini dapat terlihat tidak seimbang jika paragraf memiliki panjang yang berbeda. 

Selain itu, beberapa orang mungkin merasa sulit untuk membacanya jika mereka terbiasa dengan gaya blok penuh.

Penting untuk berhati-hati saat mencoba mengirim surat. Pahami formatnya agar bentuk-bentuk surat yang dipilih bisa sesuai target pembaca.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!