contoh surat izin sakit

3 Contoh Surat Izin Sakit untuk Para Pekerja Dan Karyawan

Surat izin sakit merupakan surat yang sangat penting untuk diketahui. Karena pada dasarnya, surat ini biasa digunakan oleh para pekerja yang tidak dapat menjalankan kewajibannya karena alasan kesehatan. Sehebat apapun orang tersebut, penyakit merupakan sebuah hal yang tidak dapat dihindari.

Untuk itu, berikut adalah beberapa contoh surat izin sakit yang Pintarnya coba berikan untuk Anda sebagai bahan referensi dalam membuatnya:

Contoh Surat Izin Sakit yang Bisa Anda Coba

Ada beberapa contoh surat izin yang bisa Anda jadikan referensi saat membutuhkannya. Berikut beberapa referensi surat tersebut.

1. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Perusahaan Startup

16 Oktober 2023
Kepada,
Bapak Budi Sudarsono,
PT. Yaop Sejahtera Bersama,
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03 Sumur Batu Jakarta Pusat,11765.

Dengan hormat,

Saya, Aji Darmawan, yang merupakan salah satu karyawan di PT. Yaop Sejahtera Bersama,, dengan jabatan digital marketing, ingin menyampaikan permohonan izin sakit untuk 2 hari, mulai dari 17 Oktober 2023 hingga 18 Oktober 2023. Saya ingin memberitahukan bahwa saya mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan medis dan pemulihan.
Saya telah menghubungi RS Pandawara dan mereka telah menyarankan saya untuk menjalani perawatan medis serta memberikan surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa saya memerlukan waktu istirahat untuk pemulihan. Surat keterangan dari dokter terlampir bersama surat ini.

Saya memahami bahwa kehadiran saya di tempat kerja sangat penting untuk perkembangan startup kami, namun saya meyakini bahwa dengan istirahat dan perawatan yang cukup, saya akan dapat kembali dengan kondisi yang lebih baik dan lebih produktif.
Saya akan memberikan update tentang perkembangan kesehatan saya kepada Bapak Budi Sudarsono selaku manager saya secara berkala selama masa izin sakit ini, dan jika ada tugas atau tanggung jawab khusus yang memerlukan penanganan darurat, saya siap memberikan bantuan dari jarak jauh jika diperlukan.

Saya meminta izin kepada manajemen perusahaan untuk mengambil izin sakit ini dan berkomitmen untuk kembali bekerja pada [tanggal kembali] sesuai dengan perjanjian. Selama izin sakit ini, saya siap untuk mengorganisir penggantian atau pelimpahan tugas kepada rekan kerja saya jika diperlukan.

Saya menghargai perhatian dan pemahaman manajemen terhadap situasi ini. Terima kasih atas dukungan Anda dalam mengatasi masa-masa sulit ini.

Hormat saya,

Aji Darmawan

2. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Pabrik

16 Oktober 2023
Kepada,
Bapak Budi Sudarsono,
PT. Yaop Sejahtera Bersama,
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03 Sumur Batu Jakarta Pusat,11765.

Dengan hormat,

Saya, Aji Darmawan dengan ini ingin memberitahukan bahwa saya mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan medis dan istirahat yang lebih lanjut. Oleh karena itu, dengan sangat menyesal, saya tidak akan dapat hadir bekerja di pabrik mulai dari tanggal 17 Oktober 2023 hingga tanggal 18 Oktober 2023 atau selama yang diperlukan oleh dokter saya.

Saya telah berkonsultasi dengan dokter, dan mereka telah merekomendasikan istirahat yang cukup agar saya dapat pulih sepenuhnya. Saya berkomitmen untuk segera kembali bekerja setelah kondisi kesehatan saya memungkinkan.
Saya juga telah memberitahukan rekan kerja saya tentang keadaan ini dan telah meminta bantuan mereka untuk menutupi pekerjaan saya selama absensi saya, sehingga produksi di pabrik tidak terganggu.

Selama saya tidak hadir, saya siap memberikan informasi dan koordinasi yang diperlukan kepada rekan kerja atau atasan saya jika ada hal-hal mendesak yang perlu ditangani. Selain itu, saya berharap untuk tetap mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan di pabrik selama saya absen.

Saya berterima kasih atas pengertian dan dukungan dari pihak manajemen pabrik dan rekan-rekan kerja saya dalam menghadapi situasi ini. Saya sangat berharap untuk segera pulih dan kembali berkontribusi sepenuhnya pada kesuksesan pabrik.
Demikian surat izin sakit ini saya buat dengan sebenarnya, dan saya siap untuk memberikan surat keterangan dokter yang menyatakan kondisi kesehatan saya jika diperlukan. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

Hormat saya,

Aji Darmawan

3. Contoh Surat Izin Sakit Karena Operasi

16 Oktober 2023
Kepada,
Bapak Budi Sudarsono,
PT. Yaop Sejahtera Bersama,
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03 Sumur Batu Jakarta Pusat,11765.

Perihal: Permohonan Izin Sakit karena Operasi

Saya, Aji Darmawan dengan ini ingin memberitahukan bahwa saya akan menjalani operasi pada 17 Oktober 2023 di RS Bunda Jakarta. Oleh karena itu, saya ingin mengajukan permohonan izin sakit untuk periode yang dibutuhkan untuk pemulihan.

Saya sangat menyadari betapa pentingnya tanggung jawab saya terhadap pekerjaan di PT. Yaop Sejahtera Bersama, dan saya berkomitmen untuk meminimalkan dampak dari izin sakit ini pada pekerjaan dan proyek yang sedang berjalan. Saya telah berkoordinasi dengan rekan kerja saya, Ali Budiman untuk menangani tugas-tugas saya selama saya tidak hadir.

Saya berencana untuk mulai izin sakit saya pada [tanggal mulai] dan diharapkan untuk kembali bekerja pada [tanggal perkiraan kembali]. Namun, saya akan memberikan pembaruan tentang perkembangan pemulihan saya dan jika ada perubahan dalam tanggal perkiraan kembali.

Saya telah mengirimkan semua informasi medis yang diperlukan kepada Cyntia dan saya berharap semua prosedur administratif terkait izin sakit ini dapat segera diurus.
Saya ingin mengucapkan terima kasih atas pemahaman dan dukungan Anda dalam hal ini. Saya akan selalu berusaha untuk kembali ke pekerjaan dengan semangat yang lebih baik dan berkontribusi maksimal setelah pemulihan saya.

Sekali lagi, terima kasih atas perhatian Anda atas permohonan izin sakit saya. Jika ada hal-hal yang perlu saya lakukan selama saya tidak hadir, mohon beri tahu saya. Saya juga tersedia untuk dihubungi melalui email ([alamat email Anda]) atau telepon ([nomor telepon Anda]) jika ada keperluan mendesak yang perlu saya tangani selama izin sakit.

Hormat saya,

Aji Darmawan



Pengertian Surat Izin Sakit

Surat izin sakit adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh seorang karyawan kepada atasan atau departemen sumber daya manusia perusahaan untuk memberitahukan bahwa ia sedang sakit dan tidak dapat masuk kerja.

Menurut Zenefits, surat izin sakit memungkinkan karyawan mengambil cuti untuk merawat cedera, sembuh dari penyakit menular atau mengelola kondisi kesehatan yang serius. Di banyak perusahaan, cuti sakit dapat diambil untuk penyakit pribadi karyawan atau anggota keluarga.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Berdasarkan Jenisnya

Apa yang Harus Disertakan dalam Surat?

Saat mencari contoh surat izin sakit untuk ke sekolah atau kantor, penting untuk memasukkan elemen kunci tertentu agar efektif. Berikut adalah beberapa hal penting untuk dimasukkan dalam surat Anda:

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

1. Nama dan informasi kontak Anda

Mulai surat dengan menyertakan nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Informasi ini akan membantu penerima menghubungi Anda jika mereka perlu.

2. Tanggal

Sertakan tanggal Anda menulis surat.

3. Nama penerima

Alamatkan surat kepada orang yang memiliki wewenang untuk memberikan atau menolak permintaan Anda. Jika tidak yakin kepada siapa harus menghubungi surat itu, hubungi sekolah atau kantor dan tanyakan.



4. Alasan permintaan Anda

Nyatakan dengan jelas alasan mengapa Anda meminta izin untuk tidak sekolah atau datang ke kantor karena sakit. Jadilah spesifik tentang jenis penyakit dan gejala yang dialami.

5. Tanggal Anda akan absen

Pastikan untuk menyertakan tanggal Anda akan absen dari sekolah atau kantor. Jika Anda tidak yakin berapa lama Anda akan keluar, berikan perkiraan tanggal pengembalian.

6. Dokumentasi pendukung apa pun

Jika Anda memiliki catatan dokter atau dokumentasi pendukung lainnya, sertakan dengan surat Anda.

7. Penutupan yang sopan

Akhir contoh surat izin sakit pasti ditutup dengan berterima kasih kepada penerima atas waktu dan pertimbangan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa Anda menghargai bantuan mereka dalam hal ini.

Dengan memasukkan elemen-elemen kunci ini, Anda dapat menulis surat efektif yang dengan jelas mengkomunikasikan permintaan dan meningkatkan peluang Anda untuk menerima izin untuk tidak sekolah atau kantor karena sakit.

Baca juga: Inspirasi Contoh Surat Kuasa yang Efektif untuk Menulis

Kiat Menulis Surat yang Efektif

Saat mencari contoh surat izin sakit ke sekolah atau kantor, penting untuk mengingat beberapa tips untuk memastikan bahwa surat tersebut efektif dan menyampaikan informasi yang sesuai.

1. Permintaan

Pertama, mulailah dengan pernyataan permintaan yang jelas dan ringkas. Nyatakan tujuan surat Anda tepat di awal sehingga penerima tahu tentang apa itu. Misalnya, “Saya menulis untuk meminta izin tinggal di rumah karena sakit”.

2. Rincian Penyakit

Kedua, contoh surat izin sakit harus memberikan rincian penyakit, seperti gejala yang Anda alami dan berapa lama tidak dapat bersekolah atau bekerja. 

Ini akan membantu penerima memahami tingkat keparahan situasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai permintaan tersebut.

3. Waktu

Ketiga, jika meminta izin untuk ketidakhadiran yang lama atau jumlah waktu istirahat tertentu, berikan garis waktu yang jelas tentang kapan berharap untuk kembali sekolah. 

Ini akan membantu penerima membuat pengaturan untuk setiap pekerjaan atau tugas yang mungkin terpengaruh oleh ketidakhadiran Anda.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karyawan Pabrik 

4. Berkas Pendukung

Keempat, berikan berkas pendukung seperti catatan dokter atau sertifikat medis untuk mendukung permintaan Anda.

5. Penghargaan

Terakhir, berikan penghargaan atas pertimbangan penerima atas permintaan dan berikan informasi kontak Anda jika mereka perlu menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan permintaan sakit diberikan dan berkomunikasi secara efektif dengan penerima.

Baca juga: Contoh Surat Pernyataan Panduan dalam Menyusun yang Efektif


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!