Contoh surat izin orang tua untuk bekerja

5 Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

Proses penerimaan karyawan baru memang menggunakan berbagai tahap. Salah satunya, contoh surat izin orang tua untuk bekerja dengan bidang profesi tertentu. Surat ini memang digunakan guna menunjukkan bahwa Anda bekerja atas persetujuan dari wali. Hal ini mempermudah dan memperlancar pekerjaan disuatu profesi dengan ketentuan yang berlaku. Berikut ini contoh surat izin orang tua untuk bekerja, yuk simak!!!

Apa Itu Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja?

Menurut Queensland Goverment, surat izin orang tua untuk bekerja merupakan surat memberi wewenang kepada anak tersebut untuk melakukan pekerjaan.

Surat izin orang tua untuk bekerja adalah dokumen yang diberikan oleh orang tua atau wali hukum seorang individu yang belum mencapai usia dewasa untuk memberikan izin atau persetujuan kepada anak mereka untuk bekerja. Surat ini biasanya dibutuhkan ketika seorang anak di bawah umur ingin bekerja secara legal, dan aturan hukum setempat mengharuskan adanya izin tertulis dari orang tua atau wali hukum.

Baca juga: Alasan Membutuhkan Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

1. Contoh Surat Keterangan Izin Orang Tua Singkat

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Kepada [Nama Perusahaan atau Pemberi Tawaran Pekerjaan],

Saya, [Nama Orang Tua], sebagai orang tua dari [Nama Anak], memberikan izin dan persetujuan kepada anak saya untuk bekerja di perusahaan Anda dengan posisi [Nama Posisi], sesuai dengan tawaran pekerjaan yang diberikan.

Saya telah memahami dan setuju dengan ketentuan dan persyaratan pekerjaan yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga memahami bahwa anak saya akan tunduk pada jam kerja dan tanggung jawab yang relevan.

Saya memberikan izin ini berdasarkan kemampuan dan kesediaan anak saya untuk bekerja serta dengan harapan bahwa pekerjaan ini akan memberikan pengalaman positif dalam perkembangan mereka.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Orang Tua]

2. Contoh Surat Keterangan Izin Orang Tua Bekerja Di Bank

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Bank]
[Kota, Kode Pos]

Kepada [Nama Manajer atau HR Bank],

Saya, [Nama Orang Tua], dengan ini memberikan izin dan persetujuan kepada anak saya, [Nama Anak], untuk bekerja di [Nama Bank] dengan posisi [Nama Posisi]. Saya memberikan izin ini dengan sadar dan sukarela.

Saya telah memahami rincian pekerjaan yang terkait dengan posisi tersebut, termasuk tanggung jawab, jam kerja, dan aturan perusahaan yang berlaku. Saya juga memahami pentingnya kedisiplinan, etika kerja, dan integritas dalam lingkungan kerja perbankan.

Saya percaya bahwa anak saya memiliki kemampuan yang diperlukan dan komitmen untuk menjalani pekerjaan ini dengan baik. Saya mendukungnya dalam usahanya untuk memulai karier di [Nama Bank] dan memahami bahwa ini adalah langkah awal penting dalam perkembangannya.

Saya ingin menekankan bahwa saya akan selalu siap untuk memberikan dukungan dan arahan kepada anak saya dalam perjalanannya di [Nama Bank].

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Orang Tua]



3. Contoh Surat Keterangan Izin Orang Tua Bekerja Di Luar Negeri

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Kedutaan Besar atau Perusahaan yang Mengirim ke Luar Negeri]
[Kota, Negara]

Kepada [Nama Pihak yang Berwenang],

Saya, [Nama Orang Tua], dengan ini memberikan izin dan persetujuan kepada anak saya, [Nama Anak], untuk bekerja di luar negeri dalam kapasitas [Jabatan atau Posisi Pekerjaan]. Saya memberikan izin ini dengan sadar dan sukarela, dan saya memahami konsekuensi serta tanggung jawab yang terkait dengan pekerjaan ini.

Saya telah memahami rincian pekerjaan, termasuk lokasi, jadwal kerja, dan semua persyaratan yang relevan. Saya juga mengetahui bahwa anak saya harus mematuhi undang-undang, peraturan, dan peraturan yang berlaku di negara tujuan kerja.

Saya sangat mendukung anak saya dalam upayanya untuk bekerja di luar negeri dan percaya bahwa pengalaman ini akan memberikan nilai tambah besar pada perkembangan pribadi dan profesionalnya. Saya selalu siap memberikan dukungan moral, nasihat, dan bantuan dalam segala hal yang dibutuhkan selama masa tugasnya di luar negeri.

Saya telah menjalani proses pengurusannya, termasuk persyaratan administratif yang diperlukan oleh pihak yang berwenang, dan saya mengonfirmasi bahwa saya mendukung keputusan ini sepenuhnya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Orang Tua]

4. Contoh Surat Keterangan Izin Orang Tua Di PemDa

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Pemerintah Daerah (Pemda)]
[Kota, Kode Pos]

Kepada [Nama Pemda atau Pejabat Terkait],

Saya, [Nama Orang Tua], dengan ini memberikan izin dan persetujuan kepada anak saya, [Nama Anak], untuk bekerja di Pemerintah Daerah (Pemda) dalam kapasitas [Jabatan atau Posisi Pekerjaan]. Saya memberikan izin ini dengan sadar dan sukarela, dan saya memahami konsekuensi serta tanggung jawab yang terkait dengan pekerjaan ini.

Saya telah memahami rincian pekerjaan, termasuk lokasi, jadwal kerja, dan semua persyaratan yang relevan. Saya juga mengetahui bahwa anak saya harus mematuhi undang-undang, peraturan, dan ketentuan yang berlaku di Pemerintah Daerah.

Saya sangat mendukung anak saya dalam upayanya untuk berkontribusi dalam Pemerintah Daerah dan percaya bahwa pengalaman ini akan memberikan nilai tambah besar pada perkembangan pribadi dan profesionalnya. Saya selalu siap memberikan dukungan moral, nasihat, dan bantuan dalam segala hal yang dibutuhkan selama masa tugasnya di Pemerintah Daerah.

Saya telah menjalani proses administratif yang diperlukan oleh Pemerintah Daerah, dan saya mengonfirmasi bahwa saya mendukung keputusan ini sepenuhnya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Orang Tua]

5. Contoh Surat Keterangan Izin Orang Tua Di Pabrik

Nama Lengkap: [Nama Anak Anda]
Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat dan Tanggal Lahir Anak Anda]
Alamat: [Alamat Anak Anda]
Nomor KTP Anak: [Nomor KTP Anak Anda]
Nomor Telepon Anak: [Nomor Telepon Anak Anda]

Saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Pabrik [Nama Pabrik] yang terletak di [Alamat Pabrik] sebagai [Jabatan atau Posisi] mulai tanggal [Tanggal Mulai Bekerja]. Saya juga memberikan izin untuk menghadiri pelatihan yang diperlukan dan bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di perusahaan.

Saya menyadari bahwa pekerjaan di pabrik mungkin melibatkan risiko tertentu, dan saya telah menjelaskan kepada anak saya tentang tugas dan tanggung jawabnya di tempat kerja. Saya juga akan memastikan bahwa anak saya akan mematuhi semua peraturan dan prosedur yang berlaku di pabrik.

Dengan ini, saya menyetujui bahwa anak saya dapat bekerja di Pabrik [Nama Pabrik] dan saya akan mendukungnya selama dia bekerja di sana.

Demikian surat keterangan izin orang tua ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Hubungan dengan Anak, misalnya “Orang Tua” atau “Wali”]
[Nomor Telepon Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!