Alasan membutuhkan surat izin orang tua untuk bekerja

Alasan Membutuhkan Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

Alasan membutuhkan surat izin orang tua untuk bekerja biasanya dijadikan syarat instansi pekerjaan dalam proses perekrutan tenaga kerja baru. Bagi seorang lulusan baru terutama izin orang tua sebagai pelengkap syarat dokumen yang dilampirkan.  Sebab utama diadakannya hal tersebut demi sebuah kelancaran keamanan bekerja pada perusahaan terkait.

Pemberitahuan ayah dan ibu adalah salah satu, berkas penting perihal menyatakan persetujuan, mengenai suatu kegiatan putra/putri Anda dilingkungan tempat bekerja. Perizinan tersebut meliputi kegiatan magang dan training proses karyawan. Berkas bisa disampaikan dengan bentuk fisik ataupun digital.

Tentunya, pernyataan dokumen ini sangat berpengaruh bagi rekrutmen untuk mengetahui seberapa keyakinan pelamar diberikan restu dalam pekerjaan di instansi perusahaan. Bahkan, syarat ini berlaku baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan berbagai alasan.

Apa Itu Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja?

Surat izin orang tua untuk bekerja adalah surat resmi yang ditandatangani oleh orang tua atau wali hukum seorang individu yang masih di bawah umur (biasanya di bawah 18 tahun) dan ingin bekerja. Surat ini memberi izin kepada individu tersebut untuk bekerja, sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku. Surat izin ini menunjukkan bahwa orang tua atau wali hukum memberikan persetujuan mereka atas keputusan anak mereka untuk bekerja.

Menurut Greatsampleresume, surat izin orang tua untuk bekerja adalah dokumen yang dapat meminta izin untuk mengambil tanggung jawab sementara atas seorang yang dipercaya untuk izin untuk bekerja.

Baca Juga : Contoh Surat Permohonan: Bantu Permudah Urusan Anda

Alasan Dibuat Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

Surat izin orang tua untuk bekerja memiliki beberapa alasan penting, terutama ketika individu yang ingin bekerja masih di bawah umur (biasanya di bawah 18 tahun). Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa surat izin orang tua dibuat:

1. Perlindungan Anak

Surat izin ini memastikan bahwa anak yang ingin bekerja mendapatkan izin resmi dari orang tua atau wali hukum mereka. Ini membantu memastikan bahwa anak tersebut tidak dieksploitasi atau dimanfaatkan dalam pekerjaan yang tidak cocok atau berbahaya untuk usia mereka.

2. Kepatuhan Hukum

Dalam banyak yurisdiksi, ada batasan usia minimum untuk memasuki dunia kerja. Surat izin ini membantu memastikan bahwa majikan atau perusahaan mematuhi peraturan hukum yang mengatur pekerjaan anak di bawah umur.



3. Tanggung Jawab Orang Tua

Surat izin ini mencerminkan tanggung jawab orang tua atau wali hukum dalam mengizinkan anak mereka untuk bekerja. Ini menunjukkan bahwa keputusan untuk bekerja diambil setelah pertimbangan matang dari pihak yang bertanggung jawab atas anak tersebut.

4. Komunikasi Formal

Surat izin ini merupakan komunikasi formal yang memungkinkan orang tua atau wali hukum untuk secara eksplisit menyatakan persetujuan mereka terhadap anak bekerja. Ini juga memberikan bukti tertulis bahwa izin diberikan.

5. Kepentingan Anak

Surat izin ini dapat memperjelas niat dan keputusan anak untuk bekerja kepada orang tua atau wali hukum mereka. Ini juga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk membahas potensi risiko atau keuntungan pekerjaan dengan anak mereka.

6. Pengawasan dan Perlindungan

Surat izin ini dapat mengarahkan perhatian pada jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh anak dan memberikan kesempatan bagi orang tua untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut aman dan sesuai dengan usia anak.

7. Tanggung Jawab Perusahaan

Surat izin ini memberi perusahaan atau majikan perlindungan hukum tambahan karena mereka dapat menunjukkan bahwa mereka telah mengikuti prosedur yang ditetapkan dan mendapatkan izin dari orang tua.



8. Pengaturan Kontrak Kerja

Beberapa perusahaan atau majikan memerlukan surat izin ini sebagai bagian dari proses kontrak kerja jika calon pekerja masih di bawah umur.

9. Tanggung Jawab Sosial

Surat izin ini dapat membantu mempromosikan praktik pekerjaan yang etis dan bertanggung jawab terhadap anak-anak, serta menjaga integritas organisasi yang mempekerjakan mereka.

Baca Juga : Memahami Contoh Surat Pengajuan Beserta Rincian Lengkapnya


Manfaat Membuat Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

1. Kepatuhan Hukum

Mengikuti peraturan hukum yang mengatur pekerjaan anak di bawah umur adalah penting. Surat izin ini membantu perusahaan atau pihak yang mempekerjakan untuk memastikan bahwa mereka mematuhi undang-undang yang berlaku dan menghindari masalah hukum.

2. Perlindungan Anak

Surat izin ini membantu melindungi hak dan kepentingan anak yang ingin bekerja. Orang tua atau wali hukum yang memberikan izin cenderung memperhatikan jenis pekerjaan yang aman dan cocok untuk usia anak.

3. Bukti Tertulis

Surat izin ini memberikan bukti tertulis bahwa orang tua atau wali hukum telah memberikan persetujuan mereka. Ini berguna sebagai dokumentasi dalam kasus ada perubahan dalam persetujuan atau jika ada keperluan untuk memverifikasi izin di masa mendatang.

4. Tanggung Jawab Orang Tua

Surat izin ini mencerminkan tanggung jawab orang tua atau wali hukum dalam pengambilan keputusan terkait pekerjaan anak. Ini menunjukkan bahwa keputusan tersebut diambil setelah pertimbangan matang dari pihak yang bertanggung jawab.

5. Kepentingan Anak

Surat izin ini dapat mempromosikan komunikasi antara anak dan orang tua terkait rencana bekerja. Ini memberikan kesempatan bagi anak untuk berbicara tentang niatnya, sementara orang tua dapat memberikan masukan atau nasihat.

6. Perlindungan Hukum

Surat izin ini dapat memberikan perlindungan hukum tambahan bagi perusahaan atau pihak yang mempekerjakan. Jika terjadi masalah atau keluhan di masa depan, surat izin dapat menjadi bukti bahwa mereka telah mengikuti prosedur yang benar.

7. Pengawasan Pekerjaan

Surat izin ini memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mengawasi jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh anak mereka. Ini dapat membantu memastikan bahwa pekerjaan tersebut aman, cocok, dan sesuai dengan usia anak.

8. Kesadaran dan Tanggung Jawab

Surat izin ini dapat membangun kesadaran dan tanggung jawab pada semua pihak yang terlibat. Anak memahami pentingnya izin dari orang tua, sementara orang tua juga memahami lingkungan kerja yang akan dihadapi anak.

9. Etika dan Integritas

Surat izin ini mempromosikan praktik etis dan bertanggung jawab dalam dunia kerja. Ini menunjukkan bahwa organisasi atau perusahaan memiliki perhatian terhadap perlindungan dan kesejahteraan anak-anak.

Baca Juga : Perbedaan Contoh Surat Izin Cuti Bagi Karyawan Swasta dan Negeri


Format Penulisan Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja


1. Nama Orang Tua

Nama lengkap orang tua atau wali hukum penting untuk dicantumkan dalam surat.


2. Alamat Orang Tua

Alamat lengkap orang tua atau wali hukum, termasuk kota dan kode pos.


3. Telepon Orang Tua (opsional)

Nomor telepon yang dapat dihubungi.


4. Nama Anak

Nama lengkap anak dicantumkan dengan benar pada surat.


5. Nama Kegiatan

Nama kegiatan untuk surat izin dicantumkan sesuai kondisi nyata.


6. Tanggal Dilaksanakannya Kegiatan

Tanggal saat surat ditulis.


7. Keterangan Perizinan

Penjelasan keterangan bahwa orang tua atau wali hukum memberikan izin kepada anak untuk bekerja di bawah perusahaan atau organisasi tertentu.


8. Tanda Tangan Resmi

Tanda tangan lengkap orang tua atau wali hukum.

Baca Juga : 10 Contoh Surat Izin Sakit untuk Berbagai Keperluan


Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja


1. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Bank

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Alamat Cabang Bank]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Bank

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di bawah [Nama Cabang Bank] yang terhormat, yang berlokasi di [Alamat Cabang Bank].

Saya memahami bahwa [Nama Anak] masih di bawah umur dan bahwa pekerjaan yang akan dijalankan olehnya akan diawasi dan sesuai dengan undang-undang serta regulasi yang berlaku. Saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi kebaikan [Nama Anak].

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk mengawasi [Nama Anak] selama masa kerja dan memastikan bahwa ia tetap dalam kondisi baik secara fisik dan mental.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Cabang Bank]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat mendapatkan pengalaman yang bermanfaat selama bekerja di bawah bimbingan [Nama Cabang Bank].

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


2. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Pabrik

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Alamat Pabrik]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Pabrik

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di [Nama Pabrik] yang terhormat, yang berlokasi di [Alamat Pabrik].

Saya memahami bahwa [Nama Anak] masih di bawah umur dan bahwa pekerjaan yang akan dijalankan olehnya akan diawasi dan sesuai dengan undang-undang serta regulasi yang berlaku. Saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi kebaikan [Nama Anak].

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk mengawasi [Nama Anak] selama masa kerja dan memastikan bahwa ia tetap dalam kondisi baik secara fisik dan mental.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Pabrik]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat mendapatkan pengalaman yang bermanfaat selama bekerja di bawah bimbingan [Nama Pabrik].

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


3. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Kedutaan Besar atau Konsulat Negeri Tujuan]
[Alamat Kedutaan Besar atau Konsulat]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Luar Negeri

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di luar negeri, yaitu di [Negara Tujuan], dalam rangka pekerjaan yang ditawarkan oleh [Nama Perusahaan atau Pihak]. Pekerjaan tersebut akan dilakukan selama [Durasi Pekerjaan] dan berada di [Alamat Tempat Kerja].

Saya memahami bahwa [Nama Anak] akan bekerja di lingkungan yang baru dan berbeda. Oleh karena itu, saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi kebaikan [Nama Anak]. Saya yakin bahwa [Nama Anak] akan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan moral dan emosional selama [Nama Anak] berada di luar negeri.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Kedutaan Besar atau Konsulat] atau [Nama Perusahaan atau Pihak]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat mendapatkan pengalaman yang bermanfaat selama bekerja di luar negeri dan memperluas wawasan serta keterampilan.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


4. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Pemerintahan Daerah

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Kantor Pemerintah Daerah]
[Alamat Kantor Pemerintah Daerah]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Pemerintahan Daerah

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di [Nama Instansi Pemerintah Daerah], yang berlokasi di [Alamat Instansi Pemerintah Daerah]. Pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Saya memahami bahwa [Nama Anak] akan bekerja dalam lingkungan pemerintahan daerah. Oleh karena itu, saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi kebaikan [Nama Anak]. Saya yakin bahwa [Nama Anak] akan menjalankan tugas dengan dedikasi yang tinggi dan berkontribusi positif terhadap kemajuan pemerintahan daerah.

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan moral dan emosional selama [Nama Anak] bertugas di instansi pemerintah daerah.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Instansi Pemerintah Daerah]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat memberikan kontribusi yang berarti dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan visi pemerintah daerah.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


5. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Bank di Proyek

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Alamat Bank]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Bank di Proyek

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di [Nama Bank] yang terhormat, dalam proyek [Nama Proyek] yang sedang dijalankan. Pekerjaan tersebut akan dilakukan selama [Durasi Pekerjaan] dan berada di [Alamat Lokasi Proyek].

Saya memahami bahwa [Nama Anak] akan bekerja di bank dalam proyek [Nama Proyek]. Oleh karena itu, saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi pengembangan kariernya. Saya percaya bahwa [Nama Anak] akan menjalankan tugas dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi.

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan moral dan emosional selama [Nama Anak] bertugas di proyek tersebut.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Bank] atau [Nama Proyek]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menyelesaikan proyek dengan sukses.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


6. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Cafe

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Alamat Cafe]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Cafe

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di [Nama Cafe] yang terhormat, yang berlokasi di [Alamat Cafe]. Pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Saya memahami bahwa [Nama Anak] akan bekerja di cafe. Oleh karena itu, saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi pengalaman dan pembelajaran [Nama Anak]. Saya yakin bahwa [Nama Anak] akan menjalankan tugas dengan baik dan mendapatkan pengalaman berharga.

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan moral dan emosional selama [Nama Anak] bekerja di cafe.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Cafe]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berkembang dalam dunia pekerjaan.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]


7. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Koperasi

[Alamat Orang Tua atau Wali Hukum]
[Kota, Kode Pos]
[Nomor Telepon]
[Email]
[Tanggal Penulisan Surat]

Kepada,
[Alamat Koperasi]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Koperasi

Salam Sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua: [Nama Orang Tua]
Alamat: [Alamat Orang Tua]
Kota: [Kota]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Email]

Dengan ini memberikan izin resmi kepada anak saya:

Nama Anak: [Nama Anak]
Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anak]
Alamat: [Alamat Anak]
Kota: [Kota Anak]

Untuk bekerja di [Nama Koperasi] yang terhormat, yang berlokasi di [Alamat Koperasi]. Pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi.

Saya memahami bahwa [Nama Anak] akan bekerja di koperasi. Oleh karena itu, saya memberikan izin ini setelah pertimbangan matang dan keputusan ini diambil demi pengalaman dan pembelajaran [Nama Anak]. Saya percaya bahwa [Nama Anak] akan menjalankan tugas dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang bermanfaat.

Saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan memahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh [Nama Anak], serta tanggung jawab dan tugas yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Saya juga berkomitmen untuk memberikan dukungan moral dan emosional selama [Nama Anak] bekerja di koperasi.

Saya bersedia memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan oleh pihak [Nama Koperasi]. Saya juga berharap agar [Nama Anak] dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berkontribusi dalam pengembangan koperasi.

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan saya setujui dengan penuh kesadaran.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua atau Wali Hukum]
[Nama Orang Tua atau Wali Hukum]
[Tanggal Penulisan Tanda Tangan]

Baca juga: Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Berdasarkan Jenisnya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!