10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apakah ijazah termasuk portofolio

Apakah Ijazah Termasuk Portofolio? Berikut Penjelasannya

Portofolio merupakan dokumen penting untuk membuat pemberi kerja tertarik dengan lamaran Anda, sehingga banyak yang bertanya apakah Ijazah termasuk portofolio? Hal ini sangat cocok untuk untuk diketahui bagi yang ingin melamar kerja. 

Terlebih tingkat persaingan dalam dunia kerja sangat tinggi. Apabila Anda tidak berhasil memenangkan kompetisi tersebut, itu berarti tidak akan mendapatkan pekerjaan. Anda tentunya tidak ingin menganggur dalam waktu lama.

Maka dari itu, segera benahi portofolio kita. Agar tidak lagi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan sampai kalah lagi dengan pelamar lainnya karena portofolionya tidak ‘menjual’. 

Kenali Apa Itu Portofolio dalam Dunia Kerja 

Sebelum membahas apakah Ijazah termasuk portofolio, Anda harus tahu apa itu portofolio. Kita pastinya pernah mendengar cerita seseorang yang tidak pernah diterima bekerja. Semua itu disebabkan karena portofolionya tidak ‘menjual’. Arti dari kata ‘menjual’ ini berarti tidak menarik pemberi kerja.

Sepintar apapun seorang pelamar, jika tidak bisa mempresentasikan portofolionya maka tidak akan bisa menarik perhatian tim recruitment dari perusahaan yang dilamarnya. 

Maka dari itu, pentingnya Portofolio untuk melamar pekerjaan. Sebelumnya, Anda harus tahu mengenai portofolio itu sendiri. Portofolio merupakan kumpulan dokumen penting untuk membuktikan secara formatif mengenai keahlian seseorang. 

Maka dari itu, banyak orang yang bertanya apakah ijazah termasuk portofolio? Jawabannya adalah iya. Alasannya adalah ijazah merupakan salah satu dokumen yang menunjukkan pendidikan terakhir sehingga bisa mengetahui keahlian seseorang. 

Biasanya semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin besar kemampuan dan keahliannya. Semua itu bisa ditunjukkan dengan melampirkan ijazah terakhir agar diketahui pendidikan terakhir seorang pelamar tersebut. 

Karena pemberi kerja akan mengetahui kualitas pelamarnya berdasarkan pendidikan terakhir yang diemban. Semua itu hanya bisa dibuktikan menggunakan ijazah

Itulah mengapa ijazah menjadi salah satu dokumen yang harus ada pada portofolio. Dengan begitu, pemberi kerja mengetahui pendidikan terakhir dengan praktis dan cepat untuk pertama kali penilaian. 

Pendidikan terakhir seorang pelamar harus ditunjukkan melalui ijazah karena tidak bisa diketahui melalui proses wawancara. Wawancara lisan tidak bisa menunjukkan pendidikan terakhir seseorang. Tidak cukup melalui perkataan saja. 

Terlebih, pelamar dalam jumlah banyak. Tentunya berkas lamaran akan banyak. Maka, portofolio dibutuhkan agar mempermudah tim recruitment menilai kualitas keahlian seorang pelamar. 

Baca juga: Contoh Portofolio Lamaran Kerja untuk Berbagai Posisi

Apakah Ijazah Termasuk Portofolio? Ini Dokumen yang Harus Dilengkapi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, portofolio merupakan kumpulan dokumen penting yang disusun untuk membuktikan keahlian seseorang secara otentik. 

 Berdasarkan hal tersebut, D ada beberapa dokumen penting yang harus dilengkapi dalam portofolio. Dokumen tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu: 

1. Dokumen formal

Salah satu dokumen penting yang harus dilengkapi pada portofolio adalah dokumen formal. Maksudnya adalah dokumen yang berisi informasi mengenai pendidikan formal yang pernah diembannya. 

Dokumen formal adalah ijazah, laporan nilai serta Surat Tanda Kelulusan. Semua itu harus dilampirkan sebagai dokumen formal. Semua pendidikan formal dari jenjang terendah hingga jenjang tertinggi. 

Namun, beberapa tim recruitment lebih menyukai portofolio yang rapi. Mereka menganggap hal itu merupakan sesuatu yang berlebihan. Maka dari itu, Ijazah yang dilampirkan hanya ijazah dari pendidikan terakhir. 

2. Dokumen informal 

Selain pendidikan formal, portofolio juga membutuhkan data penunjang dari kursus dan pelatihan yang pernah dilakukan untuk mendukung keahliannya. 

Maka dari itu, portofolio juga harus dilengkapi dengan dokumen informal yaitu sertifikat yang didapatkan dari tempat kursus atau pelatihan yang ada kaitannya dengan keahlian yang dimilikinya. 

Sebagian orang mengikuti kursus atau pelatihan lebih dari satu kali. Bahkan jenis kursus dan pelatihan yang diikutinya berbeda-beda. Maka sebaiknya untuk menyertakan sertifikat yang memiliki kaitan dengan pekerjaan yang dilamar. 

Berdasarkan hal tersebut, kita akan mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah ijazah termasuk portofolio? Ya, ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang harus dilampirkan pada portofolio. 

Dengan demikian, pemberi kerja akan mengetahui informasi latar belakang pendidikan formal yang pernah diemban oleh seorang pelamar. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi pelamar di mata tim recruitment. 

Karena informasi yang dibutuhkan mengenai data pribadi seorang pelamar bisa didapatkan dengan cepat melalui portofolio. Terlebih, semua dokumen penting yang terkait dengan pekerjaan turut dilampirkan juga. 
Banyak orang yang kebingungan dalam menyusun portofolio. Terutama dalam memilih dokumen mana saja yang harus dilampirkan. Dengan demikian, banyak yang bertanya, apakah ijazah termasuk portofolio?

Bagikan Artikel: