10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara dan syarat menjadi pramugari kereta api

Cara dan Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api, Simak Uraiannya

Apabila Anda tertarik bekerja dibidang ini, akan lebih baik jika memahami cara dan syarat menjadi pramugari kereta api. Karena dengan mengetahui cara daftar dan syarat yang dibutuhkan maka mendaftar menjadi lebih mudah.

Melakukan pendaftaran pada pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin. Asalkan memang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kereta api.

Namun sebelum itu, ada hal penting yang kiranya harus dimiliki oleh setiap pekerja yang hendak bekerja menjadi pramugari, yakni memahami seluruh tugas dan job desk yang diperlukan.

Tidak hanya bagi perempuan saja, namun pekerjaan ini juga berlaku bagi laki-laki. Jadi asalkan ada lowongan yang membuka lamaran, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba melakukan pendaftaran sebagai adu nasib.

Cara dan Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api

Setelah melihat hal tersebut, dan Anda mulai teratarik untuk menjadi bagian dari pramugari di kereta api. Sebelum mengetahui cara dan syarat menjadi pramugari kereta api, langkah awal adalah mempersiapkan diri.

Persiapan diri yang kiranya perlu dilakukan setidaknya persiapan fisik dan mental. Selain itu baru Anda mempersiapkan berkas dan segala hal lainnya yang kiranya diperlukan bagi Anda untuk meningkatkan peluang diterima bekerja.

Apabila seluruh persiapan yang sekiranya diperlukan telah siap, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan yakni dengan mengetahui cara daftarnya terlebih dahulu baru kemudian pahami syarat yang diperlukan.

Namun sebelum itu pastikan juga lowongan pekerja kereta api yang membuka lowongan. Dengan terbukanya lowongan pekerjaan pada bagian pramugari, kemudian Anda bisa memasukkan surat lamaran pekerjaan yang diperlukan.

  1. Cara Menjadi Pramugari Kereta Api

Jadi langkah pertama yang diperlukan untuk bisa bergabung yakni dengan memahami cara dan syarat menjadi pramugari. Pertama yakni dengan memahami cara menjadi pramugari terlebih dahulu.

Cara untuk bisa menjadi pramugari itu setidaknya perlu mengetahui tahapan-tahapan yang diperlukan. Anda bsia melakukan pendaftaran dengan cara online maupun offline.

Cara dan syarat menjadi pramugari kereta api melakukan pendaftaran online yakni dengan mengunjungi situs resminya. Situs resminya dapat dikunjungi sesuai dengan tempat kerta api yang hendak dituju.

Setelah itu Anda bisa mengisi data administrasi secara online. Tentunya melalui website yang telah diberikan sebelumnya. Jika lolos akan masuk pada tahapan selanjutnya yakni seleksi wawancara.

Selain itu, untuk bisa bergabung dan ingin mengetahui cara dan syarat menjadi pramugari yakni dengan melakukan pendaftaran secara langsung. Pendaftaran secara offline yakni dengan mendatangi langsung tempat tujuan atau kantornya.

Kedua langkah tersebut dapat Anda gunakan dan pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan. Karena pada intinya keduanya sama-sama tidak dipungut biaya apapun. Jadi penting mengetahui dahulu mengenai cara dan syarat menjadi pramugari kereta api.

Namun jika lokasi Anda dengan lokasi kantor kereta api yang diinginkan cukup jauh, maka memilih pendaftaran secara online cukup dianjurkan. Karena dengan begitu tidak akan ada jumlah pengeluaran tambahan yang kiranya perlu dikeluarkan.

  1. Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api

Karena untuk bisa menjadi bagian dari pegawai kereta api itu tidak hanya cara daftar saja yang dibutuhkan. Namun Anda juga membutuhkan cara dan syarat menjadi pramugari untuk hasil yang lebih maksimal.

Maka dari itu, setelah memiliki informasi mengenai cara dan syarat menjadi pramugari kereta api yang diperlukan untuk bsia menjadi pramugari kereta api.

Karena persyaratan ini biasanya ditetapkan agar terjadi seleksi. Dengan begitu setiap orang yang bergabung di dalamnya dapat menyesuaikan diri dan memiliki kriteria yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Jadi apabila ingin mengetahui cara dan syarat menjadi pramugari, pahami dengan pasti pula syarat yang diperlukan. berikut beberapa uraian mengenai syarat yang perlu diketahui pelamar:

  • Berlaku untuk pria dan wanita, dengan batas usia 27 tahun.
  • Memiliki penampilan menarik, tidak berkacamata dan menggunakan behel
  • Memiliki tinggi badan minimal 170cm bagi laki-laki. Dan 160cm bagi perempuan.
  • Pendidikan yang dibutuhkan setidaknya jenjang SMA/SMK atau sederajat. Dengan angka nilai rata-rata ujian nasionalnya adalah 6,0.
  • Menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan: CV, Foto seluruh badan, identitas diri KTP/SIM, lalu Ijazah Pendidikan Akhir, SKCK dan lain sebagainya.

Apabila Anda merasa kalau sudah sesuai dengan kriteria yang ada dari persyaratan tadi, maka sebaiknya Anda melakukan pendaftaran. Karena bagaimanapun juga mengetahui cara dan syarat menjadi pramugari kereta api tetap perlu diketahui.

Bagikan Artikel: