10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tugas dan kewajiban pramugari kereta api

9 Tugas dan Kewajiban Pramugari Kereta Api

Sebagai salah satu posisi yang sangat sentral, tentu saja tugas dan kewajiban pramugari kereta api tidak bisa disepelekan. Petugas kereta api satu ini berperan besar dalam menjaga kenyamanan dan kepuasan konsumen ketika berada di dalam kereta api.

Sebagai seorang pramugari kereta api, mereka harus bisa bekerja secara multitasking sambil memenuhi semua kebutuhan para penumpang selama perjalanan. Tentu saja seorang pramugari akan berhadapan dengan karakteris penumpang yang berbeda-beda di dalam pekerjaannya.

Karena itulah mereka yang bekerja sebagai seorang pramugari kereta harus memiliki sikap supel dan sabar. Posisi satu ini menjadi incaran banyak orang karena memang memiliki besaran gaji yang tinggi. Sedangkan pekerjaannya cukup nyaman dan menyenangkan.

Tugas dan Kewajiban Pramugari Kereta Api

Di dalam aktivitasnya sehari-hari, seorang pramugari kereta api memiliki tugas yang cukup beragam. Jika Anda berminat untuk mengisi posisi satu ini, memahami tugas tugas tersebut tentu merupakan sebuah keharusan.

Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada 10 tugas dan kewajiban utama dari seorang pramugari kereta api. Penasaran apa saja tugas-tugas tersebut? Langsung saja simak semua poin-poinnya di bawah ini. 

  1. Melakukan Penyambutan Penumpang

Tugas pertama dari seorang pramugari kereta api adalah melakukan penyambutan kepada para penumpang ketika mereka pertama kali masuk ke kereta. Sudah tentu setiap layanan kereta api memiliki standar penyambutannya masing-masing. Setelahnya para pramugari akan menunjukkan gerbong dan seat dari masing-masing penumpang.

  1. Pengaturan Bagasi

Setelah melakukan penyambutan kepada semua penumpang, tugas dan kewajiban pramugari kereta api lainnya adalah melakukan pengaturan bagasi di setiap gerbong kereta. Seringkali terjadi perselisihan antara penumpang yang satu dengan lainnya hanya karena perkara bagasi ini.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kenyamanan Penumpang

Tugas lain dari posisi satu ini adalah memenuhi semua kebutuhan penumpang selama mereka berada di dalam perjalanan kereta api. Contohnya seperti memberikan selimut dan kebutuhan kenyamanan penumpang lainnya selama perjalanan.

  1. Mengelola Pesanan Makanan

Tugas dan kewajiban pramugari kereta api lainnya adalah mengelola pesanan makanan. Jadi setiap pramugari yang bertugas akan menawarkan berbagai menu makanan kepada semua penumpang. Kemudian mereka juga harus memastikan kalau makanan dan minuman tersebut sampai pada kabin yang tepat setelah siap disajikan.

  1. P3K

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, tugas lain dari seorang pramugari kereta api adalah memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K. Jadi jika terdapat kejadian luar biasa di dalam kereta api tempat mereka bertugas, pramugari kereta wajib untuk melakukan penanganan pertama secepat mungkin.

  1. Membantu Kerja Kondektur

Tugas dan kewajiban pramugari kereta api lainnya adalah membantu kinerja kondektur. Dalam perjalanan kereta api, kondektur bisa dianggap sebagai pemimpin tim. Sebagai pramugari, mereka bertugas untuk menghandle semua pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh kondektur selama perjalanan.

Selain itu, pramugari juga bertugas untuk memberikan gambaran suasana secara umum pada masinis terkait kondisi kereta api. Tentunya laporan dilakukan secara berkala selama perjalanan dilakukan oleh tim tersebut.

  1. Menjaga Kebersihan dan Kondusifitas Kereta Api

Tugas lain yang harus dikerjakan oleh seorang pramugari adalah menjaga kebersihan kereta api secara keseluruhan. Selain menjadi tugas, ini merupakan bagian dari pelayanan kenyamanan yang diberikan kepada para pengguna kereta api itu sendiri. 

Selain memastikan semua gerbong kereta api tetap bersih, pramugari kereta api juga memiliki tugas untuk menjaga kondusifitas kereta api selama perjalanan. Jadi keamanan gerbong tempat mereka bertugas sangat bergantung pada kinerja dan pengawasan mereka selama perjalanan.

  1. Memberitahukan Tips Keamanan Naik Kereta Api

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, tugas dan kewajiban pramugari kereta api lainnya adalah memberitahukan tips keamanan naik kereta api kepada para penumpang. Dari mulai penyimpanan dan penjagaan barang berharga, tindakan saat terjadi kondisi darurat dan lain sebagainya.

  1. Menjawab Pertanyaan dan Komplain Penumpang

Tugas terakhir yang harus dilakukan oleh seorang pramugari kereta api adalah menjawab semua pertanyaan dan komplain yang diberikan oleh penumpang. Tujuannya agar penumpang benar-benar merasa nyaman di dalam perjalanan mereka.

Pada dasarnya, seorang pramugari kereta api bertugas untuk memaksimalkan kepuasan dan kenyamanan penumpang ketika berada di perjalanan. Jika Anda berminat untuk mengisi posisi tersebut, sangat penting untuk memahami tugas dan kewajiban pramugari kereta api di atas. 

Bagikan Artikel: