Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

tahapan tes pramugari kereta api

Tahapan Tes Pramugari Kereta Api dari Awal Sampai Tuntas

Tahapan tes pramugari kereta api kurang lebih sama dengan tahapan pada ujian pekerjaan lainnya. Ada beberapa fase yang harus Anda lewati dari awal sampai tuntas. Tentu saja tujuan dari pihak PT KAI adalah untuk mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Lowongan untuk pramugari kereta api PT KAI ini selalu dibuka setiap tahunnya. Biasanya lowongan yang dibuka bersamaan dengan lowongan untuk posisi lain di dunia perkereta apian. Contohnya seperti lowongan masinis, lowongan polisi KAI, kondektur dan lain sebagainya.

Apa Itu Profesi Pramugari Kereta Api

Profesi pramugari kereta api adalah profesi yang tugas utamanya melayani semua kebutuhan penumpang selama menempuh perjalanan kereta. Pramugari kereta api juga biasa dikenal dengan sebutan prama untuk pria dan prami untuk wanita .

Pramugari kereta api memang tidak terdapat di setiap rangkaian kereta yang beroperasi. Pramugari kereta api sendiri terdapat pada rangkaian kereta dengan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama.

Di Indonesia sendiri, pramugari kereta api juga tidak hanya dikenal dengan prama maupun prami, banyak orang yang justru lebih mengenal pramugari kereta api sebagai train attendant. Seorang pramugari kereta api wajib untuk selalu siaga dan waspada terhadap apapun yang terkait dengan penumpang selama kereta tersebut dalam keadaan berjalan. Untuk itu, banyaknya jumlah pramugari dalam rangkaian kereta api juga dipengaruhi oleh lamanya perjalanan yang ditempuh kereta tersebut.

Untuk lama perjalanan kereta selama 3 jam saja, dibutuhkan setidaknya 4 orang pramugari untuk memenuhi segala kebutuhan seluruh penumpang. Hal ini akan membuat 4 orang pramugari tersebut dapat membagi tugas pramugari kereta dari mulai bagian restorasi, menawarkan makanan maupun minuman ke penumpang hingga kebutuhan penumpang lainnya.

Tahapan Tes Pramugari Kereta Api dari Awal Sampai Tuntas

Ketika Anda hendak mengikuti tes pramugari kereta api, kurang lebih akan ada 7 fase yang harus wajib Anda jalani dari awal. Tentu saja penting untuk memahami fase-fase tersebut agar proses testing bisa dilalui dengan lancar nantinya. 

Baca juga: Berapa Gaji Pramugari Kereta Api? Simak Ulasannya Disini

1. Mengisi Form Pendaftaran Test

Daftar menjadi pramugari kereta api diawali dengan proses pengisian form pendaftaran tes. Lowongan PT KAI untuk posisi prama ataupun prami memang selalu dibuka secara online. Karena itu tahapan tes pramugari kereta api yang pertama yang harus Anda lewati adalah mendapatkan link untuk mengisi form pendaftaran secara online tersebut.

Untuk mendapatkan link pendaftaran tersebut, Anda bisa mendapatkannya di situs resmi PT KAI di halaman website https://recruitment.kai.id/. Namun beberapa penyedia lowongan kerja juga menyediakan lowongan pramugari kereta api terbaru beserta link pendaftaran lamaran PT KAI yang umumnya disediakan melalui QR code. Anda hanya perlu melakukan scanning dan mengisi form registrasi di dalamnya sampai tuntas. 

2. Menunggu Seleksi Administratif

Cara menjadi pramugari kereta api atau train attendant berikutnya adalah menunggu hasil seleksi administratif. Seleksi administratif ini umumnya dilakukan oleh perusahaan dengan kisaran waktu  satu hingga dua minggu untuk melakukan proses seleksi administrasi ini.

Dalam proses seleksi administrasi, yang paling dilihat oleh perusahaan adalah kelengkapan dan keaslian dokumen, kualifikasi nilai yang dimiliki oleh kandidat, strata pendidikan dan lain sebagainya. Pastikan Anda sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh perusahaan sebelum melamar.

Beberapa persyaratan untuk menjadi pramugari kereta api antara lain:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK (rata-rata ujian nasional/nilai UN 6.00)
  • Tinggi badan  minimal perempuan 160cm
  • Tinggi badan  minimal laki-laki 170cm
  • Berpenampilan menarik
  • Tidak buta warna
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif
  • Tidak berkacamata
  • Diterima bekerja sektor
  • Gigi rapi, tanpa kawat gigi
  • Kuat jasmani dan rohani
  • lancar berbahasa asing
  • Surat lamaran kerja
  • Curriculum Vitae atau resume
  • KTP
  • Ijazah Pendidikan terakhir
  • Melengkapi surat keterangan sehat dari rumah sakit/klinik/puskesmas
  • Melengkapi SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

3. Mengikuti Seleksi Psikotes

Jika Anda sampai lolos seleksi administrasi, tahapan tes pramugari kereta api lainnya adalah mengikuti proses seleksi. Biasanya fase seleksi psikotes ini dilakukan di kantor PT KAI pusat di wilayah masing-masing. 

Ketika Anda mengikuti seleksi psikotes, pastikan untuk membawa semua berkas yang sudah dilampirkan pada saat registrasi awal dilakukan. Pahami juga materi psikotes dengan baik agar peluang kelulusannya jauh lebih besar. 

Baca juga: Cara dan Syarat Menjadi Pramugari Kereta Api, Simak Uraiannya

4. Mengikuti Tes Fisik dan Kebugaran

Pada seleksi karyawan PT KAI terbaru, kandidat yang lolos seleksi psikotes juga harus berpartisipasi dalam seleksi tes fisik dan kebugaran. Sudah tentu ada banyak aspek yang akan dinilai ketika fase seleksi ini dilakukan oleh perusahaan.

Dalam tes fisik tersebut, Seorang calon kandidat pramugari kereta api wajib memenuhi syarat tinggi badan yang dimiliki oleh seorang pramugari kereta api. Batas tinggi minimal dari seorang pramugari kereta api adalah 170 cm untuk pramugari kereta api pria atau prama dan 160 cm untuk pramugari kereta api wanita atau prami.

PT KAI sendiri bekerjasama dengan TNI dalam proses pengujian dan seleksi fisik ini. Kalau Anda lulus, tahapan tes pramugari kereta api selanjutnya adalah mengikuti proses medical check up yang dilakukan di rumah sakit tertentu.

5. Mengikuti Interview

Mendekati fase akhir, Anda akan dihadapkan pada interview bersama user di PT KAI. Ini merupakan salah satu kunci penentu keberhasilan Anda dalam ujian penerimaan karyawan di PT KAI. Pada fase ini, hanya ada sedikit orang saja yang akan lolos.

Pihak perusahaan akan benar-benar menganalisa kemampuan dan background Anda. background yang akan di check dalam fase tersebut meliputi pendidikan ataupun yang lainya. 

Anda akan di tanyakan apakah Anda pernah menempuh pendidikan atau sekolah pramugari kereta api? untuk itu anda wajib siapkan semua jawaban sejak jauh jauh hari. Jangan sampai Anda salah menjawab karena akan ada banyak pertanyaan jebakan di dalamnya.

6. Mengikuti Training

Jika Anda lolos fase interview dan pendaftaran pramugari kereta api, tahapan tes pramugari kereta api lainnya adalah mengikuti training. Untuk fase training ini sendiri dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Tapi biasanya jenis training yang dilakukan akan disesuaikan dengan kebutuhan posisi atau jabatan masing-masing.

Untuk pramugari kereta api, jenis training yang dilakukan biasanya akan berkaitan dengan tata krama, cara pelayanan, cara penanganan, cara penggunaan tools di dalam kereta api dan hal lain yang tidak kalah penting untuk menunjang kenyamanan pelanggan.

7. Mulai Bekerja

Setelah semua fase di atas terlewati, maka Anda hanya tinggal bekerja di perusahaan. Fase bekerja ini akan langsung aktif setelah Anda melakukan penandatanganan kontrak bersama perusahaan. Lama kontrak sendiri akan sangat bergantung pada kebutuhan PT KAI.

Dalam proses terakhir ini juga anda akan mendapatkan seragam pramugari kereta api dengan ciri khas warna abu abunya. 

Agar peluang lolos Anda lebih tinggi, persiapan mengikuti tes pramugari kereta api harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan pelamar lainnya. Sebagai rekomendasi, ada banyak pelamar yang membagikan pengalaman tahapan tes pramugari kereta api mereka di dunia maya. 

Cek Apakah Ada Lowongan Kerja Pramugari Kereta Api di Pintarnya?

Jika Anda sedang mencari pekerjaan sebagai Pramugari kereta api, Langsung Cek Lowongan Kerja Yang Tersedia Di Pintarnya sekarang juga untuk memastikan ketersediaan lowongan pekerjaan tersebut. Segera lamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri Anda agar lamaran dapat segera di terima oleh tim recruitmen. Anda juga dapat menemukan berbagai lowongan kerja lainnya di Aplikasi Pintarnya yang dapat Anda download melalui Playstore. Download Aplikasi Pintarnya disini sekarang juga!

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melamar Pekerjaan melalui Pintarnya!

1. Pastikan Loker Sesuai Dengan Profilmu
2. Pastikan PT. XXX Memiliki tanda AMAN untuk lamar kerja yang terverifikasi
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Terlihat Profesional
4. Jika Sudah Melamar, pantau terus status lamaran kerja mu

Demikianlah cara melamar kerja di Pintarnya dengan Mudah dan tidak ribet, kan? Jika kamu hendak melamar di Pintarnya, pastikan kamu sudah memenuhi dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki kemampuan yang sudah sesuai dengan lowongan yang sedang ditawarkan. Selamat melamar!

Bagikan Artikel:

About The Author