Tujuan menyusun skala prioritas

Tujuan Menyusun Skala Prioritas, Tepat Penuhi Kebutuhan Anda!

Bagi beberapa orang mungkin tak paham dengan tujuan menyusun skala prioritas berdasarkan keperluannya. Padahal ini sangat penting dan membantu masyarakat untuk mengetahui hal mana yang harus didahulukan.

Skala prioritas berupa kumpulan dari beberapa kebutuhan saat sudah diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Kebutuhan tersebut terletak pada posisi teratas dan bersifat penting, tidak terlalu penting, atau kurang penting.

Hal ini juga bisa digunakan oleh para pelajar dalam menentukan pekerjaan mana yang ingin dikerjakannya terlebih dahulu. Karena memang tujuan menyusun skala prioritas menjadi cara paling tepat diterapkan.

Pengertian Skala Prioritas dalam Penuhi Kebutuhan

Skala prioritas adalah segala sesuatu yang memang penting dan harus didahulukan. Dengan tujuan menyusun skala prioritas, membuat manusia bisa mampu dalam mengetahui dan memenuhi kebutuhan terpenting agar segera diutamakan.

Sehingga, seseorang dapat menentukan dan memenuhi kebutuhannya itu dengan cara efektif dan efisien. Karena sesuatu yang diperlukan segera didahulukan, sangat efisien jika ingin mempersempit anggaran.

Tidak hanya untuk menentukan tingkat kebutuhan dan memilihnya saja, akan tetapi juga disusun dalam rangka terpenuhinya kebutuhan paling utama. Hal tersebut dikarenakan seseorang secara sadar dan paham akan kebutuhannya.    

Utamakan kebutuhan yang paling mendesak atau harus segera dilakukan. Susunlah skala prioritas secara berurutan serta tepat, kemudian tuliskan kebutuhan lain dan memang bersifat tidak mendesak dilakukan.

Ketahui Tujuan Menyusun Skala Prioritas Ini

Kenapa sih harus menggunakan skala prioritas? Pernahkah Anda berpikir demikian? Nah, ternyata hal ini berkaitan dengan manajemen waktu agar bisa menyelesaikan pekerjaan atau target tepat waktu. 

Manajemen waktu merupakan cara seseorang dalam mengatur waktu yang dimiliki dengan sangat baik. Tujuannya agar hasil yang diinginkan dapat maksimal sesuai keinginan dari pemilik, berikut ini tujuan menyusun skala prioritas.

  1. Agar mengetahui mana yang harus disusun terlebih dahulu, sehingga akan diperoleh keteraturan dalam menjalani berbagai hal.
  2. Menentukan tingkat kebutuhan paling penting sampai dengan kurang penting.
  3. Memilih kebutuhan yang harus segera dilakukan atau dipenuhi.
  4. Memenuhi kebutuhan utama seseorang dengan tepat waktu supaya lebih terkendali.
  5. Perencanaan dalam memenuhi kebutuhan dapat terkontrol dan terkoordinasi. 

Tujuan menyusun skala prioritas tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal. Mulai dari mengerjakan tugas, menyusun keuangan, memenuhi kebutuhan mendesak, bisa diatur dengan memprioritaskannya.

Baca juga: Skala prioritas kebutuhan disusun berdasarkan apa?

Metode Penyusunan Gunakan Matrix Eisenhower

Setelah Anda memahami apa itu tujuan menyusun skala prioritas dalam kebutuhan. Kami akan membuat Anda mengenal matrix eisenhower karena sangat berhubungan dengan metode ketika akan menyusunnya .

Matrix eisenhower merupakan metode menyusun skala prioritas serta akan mempermudah penggunanya dalam mengetahui hal paling penting untuk dikerjakan. Pada matrix tersebut, sudah terbagi ke dalam 4 kategori.

  1. Do, digunakan paling pertama untuk sesuatu yang harus dikerjakan segera. Biasanya memiliki resiko tinggi bila tidak diselesaikan dengan tepat waktu.
  2. Decide, untuk hal-hal yang memang penting, akan tetapi tidak harus sesegera itu melakukannya. Sehingga, bisa dikerjakan di kemudian hari setelah yang terburu-buru terlaksana.
  3. Delegate, dipakai pada hal yang genting namun masih dapat didelegasikan atau diserahkan kepada orang lain. Jadi, Anda tidak lagi mengerjakannya, biasanya ini berhubungan dengan urusan pekerjaan.
  4. Delete, sesuatu yang pada dasarnya tidak penting, oleh karenanya bisa dihapus dari pekerjaan agar segera terpenuhi.

Anda bisa menggunakan metode matrix eisenhower dalam membantu proses penyusunan skala prioritas. Pengelompokan ini terdiri atas empat kategori akan mempermudah pemilik untuk memenuhi paling mendesak dan mengingat kebutuhan lainnya.

Inilah Cara Menyusun yang Benar dan Tepat

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan penyusunan, kami akan memberikan cara menyusun yang tepat. Adapun demikian, tidak perlu membuat Anda merasa bingung ketika sedang menyusun prioritasnya.

  1. Cari tahu seluruh kebutuhan atau tugas yang harus diselesaikan.
  2. Urutkan dari bagian paling penting untuk hal yang bisa dikerjakan dengan longgar nantinya. 
  3. Selesaikan kebutuhan yang memang penting dan segera harus dituntaskan.
  4. Bersikap terbuka dengan hal-hal mendesak atau mendadak dilakukan.

Jika Anda sudah memahami caranya dan tujuan menyusun skala prioritas. Anda bisa melakukan evaluasi agar tahu apakah ini sedang dikerjakan dan disusun efektif atau belum.

Penuhi sesuatu yang harus diselesaikan terlebih dahulu agar mudah dalam mengontrolnya. Tujuan menyusun skala prioritas cocok untuk kebutuhan sehari-hari ataupun para pelajar saat ingin mengerjakan tugas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!