Apa saja KPI customer service

Apa Saja KPI Customer Service yang Wajib Anda Ketahui

Apa saja KPI customer service perlu diketahui agar perusahaan memiliki indikator untuk mempermudah dalam mengevaluasi kinerja tim. Dengan demikian, perusahaan bisa menilai kualitas pelayanan kepada pelanggan. 

Menentukan KPI (Key Performance Indicator) itu tidak mudah. Setiap departemen memiliki indikator berbeda sehingga metode pengukurannya juga tidak sama. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui KPI customer service. 

Salah satu tujuannya untuk mengetahui tingkat keberhasilan perusahaan. Hasil penilaian tersebut berpengaruh terhadap tindakan yang akan dilakukan kedepan. Perusahaan juga bisa memperbaiki sekaligus meningkatkan pelayanannya.

Indikator KPI mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan suatu perusahaan. Hal ini karena akan membuat pelanggan lama menjadi loyal dan memperluas jangkauan konsumen. Selain itu, meningkatkan jumlah keuntungan.

Pengertian dan Arti Penting Indikator KPI Customer Service 

Indikator KPI customer service merupakan ukuran kinerja yang dipakai untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas layanan kepada pelanggan. Indikator tersebut sangat penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan.

Selain itu, untuk memastikan customer service telah memberi pelayanan memuaskan bagi pelanggan. Jika pelanggan merasa puas, biasanya akan menggunakan kembali produk atau layanan tersebut. 

Biasanya juga akan merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakannya. Hal  ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan karena akan meningkatkan jumlah pelanggan sehingga banyak yang memanfaatkan produk atau jasanya. 

Perusahaan harus mengetahui apa saja KPI customer service untuk mempertahankan para pelanggannya dan terus meningkatkan reputasi baik. Salah satu caranya dengan memastikan semua karyawan ramah terhadap pelanggan. 

Karyawan tersebut harus membantu pelanggannya mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Selain itu, memberikan solusi terbaik untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dimiliki pelanggannya.

Diharapkan pelayanan yang bagus membuat pelanggan nyaman sehingga akan terus menggunakan produk maupun layanan perusahaan Anda. Setelah memahami apa saja KPI customer service, perusahaan akan mendapatkan banyak ulasan positif. 

Hal ini karena kepuasan pelanggan dapat meningkatkan reputasi baik perusahaan. Akibatnya, semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Oleh karena itu, pastikan semua tim customer service selalu memberikan pelayanan terbaik. Manfaat lainnya adalah membantu menentukan prioritas pelayanan sehingga semua masalah dapat diatasi dengan cepat. 

KPI juga mempermudah menentukan sasaran maupun target kerja customer service sehingga memahami tujuan yang akan dicapai. Perusahaan bisa memastikan bahwa kinerja karyawannya sudah sesuai dengan standar. 

Mengenal Apa Saja KPI Customer Service 

Ada beberapa indikator KPI customer service yang dapat dipakai untuk mengukur kinerja layanan. Anda harus membacanya sampai akhir agar tidak ketinggalan informasi pentingnya. 

  1. Kecepatan dalam Merespon Pelanggan

Indikator ini dapat dilihat dari kecepatan karyawan dalam merespon permasalahan maupun pertanyaan dari pelanggannya. Hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan. 

Cara meningkatkan kecepatan respon dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan. Lalu, manfaatkan media sosial, chat online maupun email agar mempermudah pelanggan mendapatkan respon dengan cepat. 

  1. Kepuasan Para Pelanggan 

Apa saja KPI customer service selanjutnya adalah kepuasan pelanggan. Anda bisa mengukurnya dengan melakukan evaluasi langsung dan mengamati perilaku pelanggan atau membuat survei.

Cara tersebut mampu meningkatkan reputasi perusahaan maupun loyalitas pelanggannya. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan serta keuntungan karena semakin banyak orang yang memakai produk atau layanan. 

Baca juga: Cara menanggapi pelanggan yang agresif untuk customer service

  1. Retensi

Retensi merupakan kemampuan untuk mempertahankan para customer yang sudah memanfaatkan layanan dan produk perusahaan. Retensi perlu dilakukan karena lebih efektif daripada harus mencari pelanggan baru. 

  1. Banyak Sedikitnya Komplain

Apa saja KPI customer service berikutnya adalah jumlah komplain. Anda bisa menggunakan data tersebut untuk menilai kualitas pelayanan. Pastikan customer service selalu merespon komplain dengan baik.

Lalu, memberikan solusi terbaik dan memperhatikan masukan dari pelanggannya. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan kritik, saran atau masukan demi menunjang kesuksesan dan mengurangi komplain.

Baca juga: Cara menanggapi pelanggan yang pasif untuk customer service

  1. NPS (Net Promoter Score)

NPS adalah metode yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pelanggan itu bersedia merekomendasikan layanan dan produk ke orang lain. Skala yang digunakan adalah 0-10. 

Anda wajib memahami apa itu KPI untuk customer service. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Harapannya dengan mengetahui apa saja KPI customer service bisa meningkatkan kualitas pelayanan. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!