cara membuat grafik di excel

5 Cara Membuat Grafik di Excel Mudah, Anda Wajib Tahu

Dalam hal ini akan dibahas cara membuat grafik di excel yang tentunya mudah untuk dipraktikkan. Seperti yang Anda ketahui, bahwa Microsoft Excel mempunyai banyak sekali kegunaan. Salah satunya yaitu bisa untuk membuat berbagai macam grafik. 

Secara simpelnya, grafik merupakan suatu bentuk gambar berupa kerangka yang bisa membantu Anda untuk memvisualisasikan suatu data. Meski begitu masih banyak orang yang belum tahu cara membuatnya jika diminta untuk melakukannya.

Sebenarnya untuk membuat grafik di excel sangatlah mudah. Karena dalam excel sudah disediakan tool yang secara otomatis bisa menampilkan diagram sesuai dengan data Anda. Ikuti saja langkah-langkahnya supaya tidak kebingungan lagi.

Beberapa Grafik yang Ada di Microsoft Excel 2007 Hingga 2019

Perlu diketahui bahwasannya grafik tidak hanya memiliki satu bentuk saja. Akan ada banyak pilihan jenis tergantung pada bentuk data yang diinput. Untuk lebih jelasnya lagi berikut grafik yang ada di Microsoft excel 2007 hingga 2019.

  1. Column, yaitu grafik yang berbentuk diagram batang dan mengarah ke atas. Terdapat pembagian dari bentuknya yaitu sumbu horizontal untuk kategori data dan sumbu vertikal untuk nilai data. 
  2. Bar chart yaitu grafik dengan bentuk diagram batang dan mengarah ke samping serta digunakan untuk mengilustrasikan perbandingan antar item-item individual. Kemudian untuk pembagiannya sama seperti column.
  3. Pie chart adalah grafik dengan bentuk diagram lingkaran (kue) serta menginterpretasikan nilai data dalam bentuk bagian (persentase). 
  4. Line adalah bentuk garis serta menampilkan data secara continue dari waktu ke waktu di sumbu yang diskalakan dengan merata. Diagram ini biasanya dipakai untuk menunjukkan data-data seperti tahun, kuartal, atau bulan.
  5. Surface yaitu berbentuk 3D serta permukaanya berguna saat Anda ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data. Misalnya pada peta topografi, warna serta pola menunjukkan area yang berada dalam kisaran nilai sama.

Dengan berbagai macam jenis diagram seperti yang telah dijelaskan di atas. Maka, dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing individu. Tentunya cara dibawah ini sangat mudah dipraktikkan.

Baca juga: Rumus pengurangan excel

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Berikut akan disampaikan cara membuat grafik di excel atau diagram di Microsoft excel untuk dapat Anda praktikkan secara langsung ketika mendapatkan tugas untuk membuatnya. 

1. Siapkan Data untuk Diolah

Langkah pertama cara membuat grafik di excel yaitu menyiapkan data yang akan diolah menjadi suatu diagram. Pastikan data yang akan Anda olah sudah benar baik kategori namanya maupun nilai atau value dari data tersebut.

Jika sudah yakin datanya benar, selanjutnya bisa di blok data tersebut sesuai dengan keinginan. Misalnya jika ingin memakai semua data tinggal klik ctrl+a.

2. Pilih Insert di Menu Bar

Tahap kedua cara membuat grafik di excel yaitu pergi ke menu insert yang dapat ditemukan pada deretan menu bar tepatnya di sebelah kiri atas layar monitor. 

Kemudian akan ada ikon dari beberapa jenis grafik. Apabila ingin melihat jenisnya secara lebih jelas bisa pilih recommended charts. Anda akan ditawarkan berbagai macam bentuk diagram yang tentunya menarik.



3. Pilih Jenis Grafik Sesuai Keinginan

Selanjutnya untuk cara membuat grafik di excel adalah memilih jenis diagram sesuai dengan keinginan. Untuk melihat jenisnya secara lengkap Anda bisa pilih all charts, maka akan muncul semua jenis diagram pada Microsoft excel.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai macam bentuk dari masing-masing jenis diagram yang tersedia. Tentunya dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing pengguna dan kebutuhan pekerjaan.

Baca juga: Cara membuat tabel di excel

4. Atur Posisinya ke Dalam Worksheet

Setelah memilih yang cocok, nantinya akan muncul secara otomatis di worksheet. Namun, agar tabel datanya tidak terganggu, maka perlu disesuaikan dengan posisi dan juga ukurannya. 

Setelah disesuaikan, tahap terakhir membuat grafik di excel adalah jangan lupa untuk mengubah nama atau judul dari diagram tersebut dengan cara mengklik bagian tulisan, biasanya di bagian atas diagram.

Cara tersebut sangat penting pada bidang-bidang tertentu yang pekerjaanya berhubungan dengan pengolahan angka. Dengan mengetahui cara membuat grafik di excel menjadi suatu hal penting karena akan sangat berguna di kehidupan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!