cara public speaking yang baik

Cara Public Speaking yang Baik Agar Tidak Gugup

Ada beberapa cara public speaking yang baik bagi pemula agar tidak gugup berbicara di depan orang banyak. Bagi sebagian orang, public speaking bukanlah hal yang mudah.

Apalagi bagi orang-orang pemalu, introvert yang tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum. Bila Anda adalah salah satunya, tenang saja, tidak perlu khawatir. Sebab semua bisa diatasi dengan mudah.

Agar bisa jago public speaking di depan umum, Anda harus mengetahui skill dan caranya. Kali ini, kita akan membahas cara yang akan membantu Anda agar jago berbicara di depan umum.

Cara Public Speaking yang Baik Agar Tidak Gugup

Bagi Anda yang introvert dan pemalu namun ingin bisa jago public speaking, kini tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara agar bisa jago berbicara di depan umum, antara lain :

  1. Menonton Video milik Orang Lain 

Cara public speaking yang baik pertama, bisa dengan menonton video public speaking milik orang lain. Coba liat video mereka saat menyampaikan materi di depan orang banyak serta pelajarilah gerak-geriknya.

Serta intonasi dan juga cara menyampaikan materi. Setelah itu Anda dapat mengevaluasi apa yang sudah dilatih serta bisa juga menambahkan 1 atau 2 hal pada penampilan.

Anda bisa menonton video public speaker yang berkualitas di kanal YouTube, instagram atau media sosial lain. Banyak referensi public speaking yang dapat dipelajari dari beragam macam tipe pembicara.

Baca juga: Materi public speaking yang menarik untuk dibawakan

  1. Berbicaralah Menghadap Dinding

Rasa takut dalam menghadapi banyak orang merupakan salah satu hal yang wajar dirasakan seseorang saat melakukan public speaking. Agar bisa mengatasi ketakutan tersebut, Anda dapat berlatih berbicara menghadap dinding. 

Latihlah intonasi dan juga postur tubuh Anda terlebih dahulu, tanpa perlu merasa malu. Sebab yang Anda hadapi merupakan sebuah tembok kosong. Silahkan saja ekspresikan diri sebebasnya tanpa perlu takut ditertawakan. 

  1. Berbicara di Depan Cermin

Selain berbicara menghadap dinding, cara public speaking yang baik berikutnya bisa juga dengan berbicara di depan cermin. Lewat cara ini, Anda dapat membayangkan bagaimana sudut pandang para audiens nanti.

Berusahalah untuk dapat menyesuaikan ekspresi wajah Anda dengan intonasi ketika berbicara. Sebab hal ini akan diperhatikan oleh para audiens. Bisa juga dengan berlatih menatap mata sendiri saat berbicara.

Agar terbiasa saat berhadapan dengan audiens nantinya. Sebagai pembicara yang baik, usahakan agar Anda menatap mata lawan bicara. Hal tersebut akan menimbulkan kesan tegas serta percaya diri dari sisi pembaca.

  1. Merekam Diri Sendiri saat berbicara

Merekam diri sendiri ketika berbicara, bisa menjadi cara public speaking yang baik selanjutnya. Coba tonton kembali rekaman tersebut dan lakukan evaluasi diri sendiri. Lewat rekaman tersebut, Anda bisa melihat.

Bagaimana intonasi dan juga gerak-gerik Anda saat berbicara. Cara ini dapat dilakukan untuk melihat apakah Anda cenderung menyentuh rambut ketika berbicara. Atau justru menggumam di pertengahan kalimat. 

Di sini, Anda juga bisa menghitung seberapa sering Anda melakukan hal tersebut. Kemudian coba kurangi bila memang terlalu sering. Maka dari itu jangan lupa untuk merekam diri sendiri saat berbicara.

  1. Bicaralah secara perlahan

Mudah bagi siapa saja yang merasa gugup untuk berbicara dengan nada terlalu cepat. Sehingga justru hal itu malah membuat orang melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan.

Akhirnya, informasi yang disampaikan justru tidak jelas dan juga sulit untuk dipahami oleh audience. Coba latih diri Anda untuk berbicara perlahan dengan artikulasi jelas. Berhenti sejenak untuk menarik nafas.

Bila terlalu gugup, lalu bila sudah tidak gugup, lanjutkan public speaking Anda. Jadi bila nanti akan tampil dihadapan orang banyak, bicaralah secara perlahan, agar informasi bisa tersampaikan dengan jelas.

Baca juga: Cara customer service menanggapi komplain pelanggan

  1. Meminta Saran Pendapat dari Teman Dekat atau Keluarga

Bila Anda sudah merasa cukup belajar sendiri, cara public speaking yang baik selanjutnya, Anda dapat berlatih bersama teman atau keluarga. Bisa juga mempraktikannya dan mintalah saran dari mereka. 

Biasanya berbicara di depan orang lain yang familiar dengan kita, tidak akan gugup jadi akan lebih nyaman. Dengarkan masukan dari mereka untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Agar bisa lebih baik saat tampil nanti. Sering berlatih dapat mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum. Agar lebih lancar siapkanlah materi dengan matang, agar penyampaiannya bisa lebih menarik.

Jadi bagi yang ingin berbicara di depan orang banyak, kini tidak perlu khawatir lagi. Sebab sudah ada beberapa cara public speaking yang baik agar tidak gugup di depan orang banyak.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!