materi public speaking yang menarik

Materi Public Speaking yang Menarik, Cocok Bagi Pemula

Menentukan materi public speaking yang menarik memang bisa dibilang susah-susah gampang. Seperti kita ketahui, untuk bisa membuat presentasi atau publick spraking di depan umum sukses dan menarik.

Anda pastinya membutuhkan materi yang bagus dan juga menarik. Semua orang tentunya dapat berbicara, namun tidak semua orang dapat berbicara dengan mudah dan menarik di depan umum.

Dan untuk bisa menyajikan materi yang menarik juga pastinya tidak mudah. Namun Anda tenang saja, dalam artikel kita akan bahas materi yang menarik untuk disajikan di depan umum.

Materi Public Speaking yang Menarik

Seperti telah dibahas sebelumnya, membuat sebuah materi yang menarik itu tidaklah mudah. Di bawah ini beberapa materi menarik yang cocok dibawakan di depan umum, antara lain seperti :

  1. Berbagi Kekalahan Hidup yang Pernah Dialami

Bila Anda pernah membuat kesalahan, maka itu bisa dijadikan materi public speaking yang menarik untuk memantik pembicaraan di depan umum. Saat menceritakan kekalahan tersebut, jangan lupa sisipkan kata-kata humor.

Ide semacam ini mungkin menarik, namun Anda juga harus mempertimbangkan cara penyajiannya. Tunjukan sebagai lelucon, bukan bentuk depresi atau keputusasaan. Anda tau, tujuannya bukan untuk meningkatkan penonton, namun untuk menghibur.

Baca juga: Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik dan Benar 2023

  1. Menjelaskan Ketidaksempurnaan Diri

Setiap orang pasti mempunyai kekurangan. Misalnya seperti kebotakan, bentuk wajah serta lemak tubuh. Berdasarkan survei, sebenarnya pemirsa lebih suka topik yang tidak menunjukan ketidaksempurnaan seseorang atau merendahkan sesuatu.

Faktanya materi tersebut bagus, sebab dapat membuat penonton menjadi tertawa. Anda tidak perlu lagi takut dikritik. Di sisi lain, penonton mungkin akan lebih terkesan dengan sikap dan juga keagungan Anda.

  1. Berbicara Tentang Hal yang Membuat Galau 

Materi public speaking yang menarik berikutnya adalah tentang penyebab galau. Anda bisa mengatakan pengalaman saat sedang berada dalam situasi galau atau stress. Tentunya para penonton juga akan merasakan hal tersebut. 

  1. Pengalaman Pertama dari Sesuatu 

Ada banyak keuntungan public speaking di depan umum. Tetapi butuh proses untuk bisa menjadi pembicara yang baik. Anda dapat ungkapkan tentang pengalaman pertama Anda sebagai pembicara. 

Pada awalnya, Anda mungkin sering malu serta bingung harus berkata apa dan kesalahan kecil lain. Selain itu Anda juga bisa menyampaikan humor, sehingga Anda tidak berkecil hati dari pengalaman pertama. 

  1. Membicarakan Materi Tongkrongan

Berbicara dengan teman merupakan salah satu langkah yang paling efektif dalam memilih materi public speaking yang menarik. Yaitu dengan mengobrol dengan rekan-rekan sekitar. Anda mungkin bisa mendapatkan gagasan.

Serta ide yang berbeda-berbeda dalam obrolan di tongkrongan. Hal-hal unik yang dibicarakan bisa dijadikan materi yang menarik. Coba lihat isu yang terjadi di sekeliling, itu dapat dijadikan topik publik speaking.

  1. Pengalaman Hidup Sehari-Hari

Setiap hari merupakan pengalaman yang istimewa dan tidak akan pernah bisa terlupakan. Seperti dari pengalaman keluarga, pasangan dan juga teman kita sehari-hari. Di dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Contohnya saja saat Anda pergi ke sekolah atau berbelanja. Semuanya yang ada di sekitar Anda atau jalan-jalan di taman. Itu semua bisa diceritakan dan bisa dijadikan materi yang menarik.

  1. Surat Kabar Atau Majalah Bisa Dijadikan Sumber Informasi Terbaik

Surat kabar atau majalah dapat menjadi sumber informasi yang jelas, lengkap, akurat dan terpercaya. Sekaligus juga bisa dijadikan bahan materi public speaking yang menarik.  Ditambah dengan perbincangan sehari-hari yang kekinian.

Itu bisa dijadikan sumber inspirasi untuk mengidentifikasikan isu-isu. Baik isu yang terkait dengan wacana publik. Misalkan topik tentang ketertiban atau hukum. Maka dari itu, Anda dapat mencari materi di sana.

Baca juga: Cara Presentasi Bahasa Inggris, Dijamin Pede dan Sukses

  1. Pengetahuan Terkait Tentang Pendidikan

Apa yang terjadi merupakan subjek tertentu dari pengalaman Anda dan Anda bisa membicarakannya di depan umum. Misalnya saja, Anda membawa 1 atau lebih topik dengan cara mengekspresikan pengalaman pendidikan. 

Setiap orang tentunya mempunyai pengalaman pendidikannya masing-masing. Sehingga materi public speaking yang satu ini tentunya dapat relate dengan orang banyak. Maka dari itu, Anda bisa mengangkat materi tentang pendidikan.

Jadi bagi Anda yang ingin jago berbicara di depan umum, kini tidak perlu bingung mencari materi menarik. Sebab sudah ada beberapa materi public speaking yang menarik, silahkan pilih salah satu.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!