contoh pembukaan presentasi yang baik

Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik dan Benar 2023

Sedang mencari contoh pembukaan presentasi yang baik dan benar? Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan penjelasannya untuk Anda. Seperti sudah diketahui bahwa kegiatan presentasi memang sering dilakukan termasuk di lingkup pekerjaan. 

Presentasi sendiri menjadi salah satu aktivitas dimana nantinya digunakan untuk menunjukkan ide, gagasan ataupun laporan kepada pihak audiens. Agar acara inilah dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan proses persiapan yang matang. 

Jadi adapun hal dimana perlu disiapkan dengan baik adalah persiapan materi untuk menjalankan acara tersebut. Dengan perencanaan matang itulah maka acara dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan harapan nantinya. 

Selain menyiapkan materi utama maka Anda juga harus mengetahui bagaimana kalimat pembukaannya. Memang sudah ada banyak contoh pembukaan presentasi yang baik di internet tetapi mungkin akan membuat sebagian besar dari Anda bingung. 

Pentingnya Pembukaan dalam Sebuah Presentasi 

Sebelum Anda mengetahui contoh pembukaan presentasi yang baik maka perlu memahami dahulu pentingnya pembukaan dalam acara tersebut. Hal itu bukan tanpa tanpa alasan sebab keberadaannya akan berpengaruh terhadap sukses tidaknya kegiatan nanti. 

Tidak sedikit dari masyarakat memang terlalu meremehkan keberadaan dari pembukaan dalam presentasi sehingga membuat acara mungkin kurang berjalan dengan optimal, bahkan tidak sesuai dengan harapan nantinya. 

Perlu diingat bahwa presentasi nantinya bukan hanya berbicara mengenai bagaimana menyampaikan gagasan utama kepada pihak audiens, tetapi juga terdapat sejumlah hal penting yakni membuka kegiatan agar dapat berjalan dengan baik. 

Sebab dalam melakukan kegiatan presentasi inilah, tentunya Anda juga harus mendapatkan cukup perhatian dari audiens sehingga apa yang disampaikan nantinya dapat diterima dengan baik oleh mereka. 

Sebab ketika pendengar sudah menaruh sikap antusias buat bersedia dalam mendengarkan penjelasan Anda, maka hal tersebut ternyata dapat menunjang keberhasilan didalam melakukan kegiatan presentasi tersebut. 

Sudah ada banyak contoh pembukaan presentasi yang baik dimana dapat dijadikan sebagai inspirasi buat Anda. Nah perlu diketahui bahwa apabila bagian dari pembukaannya saja kurang menarik maka para pendengar dijamin tidak akan antusias dalam mendengarkan penjelasan tersebut bukan?

Ada sejumlah manfaat dimana bisa didapatkan dengan keberadaan presentasi tersebut seperti bisa memberikan gambaran umum mengenai apa yang akan disampaikan, tujuan kegiatan bahkan bisa memberikan motivasi atau rasa ingin tahu dari para audiens nantinya. 

Pastinya sampai disini Anda sedang mencari contoh pembukaan presentasi yang baik bukan? Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan penjelasan pentingnya dibawah ini. 

Baca juga: Cara presentasi bahasa inggris

Contoh Pembukaan Presentasi yang Baik 2023 

Melakukan kegiatan presentase ternyata bukanlah perkara yang mudah terutama kalau belum pernah melakukannya sama sekali. Tetapi kegiatan ini akan sukses apabila Anda mengetahui contoh pembukaan presentasi yang baik. 

Sebab tingkat excited dari seorang audiens ternyata akan ditentukan oleh pembukaan dimana Anda buat didalamnya ini. Apabila Anda berhasil membuat audiens menaruh focus mereka kepada Anda secara sepenuhnya, maka dapat dipastikan bahwa acara dapat berjalan dengan lancar. 

  1. Contoh Menggunakan Quote 

Apakah Anda suka dengan menambahkan kutipan atau quote dari orang-orang yang popular atau inspiratif? Maka bisa menambahkan quote dibawah ini dimana isinya dapat memberikan motivasi kepada para audiens. 

Terutama motivasi mengenai kesuksesan yang akan terjadi di masa mendatang ternyata akan bergantung dengan kegiatan hari ini. 

  1. Memperkenalkan Diri 

Contoh pembukaan presentasi yang baik berikutnya adalah dengan melakukan perkenalan diri. Memang contoh satu ini sudah terlalu mainstream atau paling umum digunakan tetapi tetap bisa menjadi pilihan terbaik. 

Pembukaan inilah biasanya dapat diawali dengan memperkenalkan nama diri Anda, posisi kerja atau juruan apa dan berikan juga keterangan tambahan bahwa Anda akan menemani dalam beberapa waktu ke depan. 

Baca juga: Cara menjadi chef tanpa kuliah

  1. Diakhiri Dengan Pertanyaan Kepada Audiens 

Anda ingin audiens juga terlibat atau berbicara didalam pembukaan tersebut? cobalah untuk menerapkan pembukaan dengan menyertakan kalimat pernyataan di akhir seperti contoh dibawah. 

Jadi di awal, Anda dapat memperkenalkan diri terlebih dahulu, memberitahukan sekilas mengenai tujuan acara serta memberikan pertanyaan terkait dengan materi didalamnya. 

Terlihat sepele memang, tetapi keberadaan dari pembukaan atau opening inilah ternyata sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kesuksesan dari acara nantinya. Pastikan mempelajari contoh pembukaan presentasi yang baik sehingga dapat dijadikan inspirasi. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!